Kembali lagi dengan PSBB yang ke sekian yang membuat kita masih harus di rumah saja. Kebanyakan orang sudah mulai merenovasi rumahnya, seperti membuat space khusus untuk working space atau menghadirkan ruang hijau di rumah (teras atau taman basah atau taman kering).


Karena begitu tingginya antusias masyarakat terhadap tanaman selama pandemi ini, maka punya taman yang instagrammable bisa membuat betah di rumah. Jika Anda sedang mencari inspirasi desain taman dan teras untuk renovasi rumah, CASA Indonesia akan berikan 8 rekomendasi yang bisa Anda tiru. Kira-kira akan renovasi sendiri (nambah skill baru) atau panggil ahlinya?





1. Rumah akan terasa homey dengan teras ini

Jika Anda punya teras yang berhimpitan dengan living room, disarankan menggunakan sliding / folding door kaca. Dengan adanya bukaan antara kedua area ini dapat memaksimalkan sirkulasi cahaya. Ditambah lagi, dapat menyegarkan mata dengan melihat si hijau-hijau setiap saat. Ini berlaku untuk taman ukuran besar dan kecil, mari maksimalkan ruang!



Asa Living


2. Masak dengan pemandangan hijau

Kali ini untuk desain teras halaman belakang rumah. Rumah ini memiliki luas 286 m² dengan halaman belakang yang cozy banget cocok untuk duduk-duduk sambil #WFH.


Hous3 / Ivo Tavares Studio

Halaman belakang ini langsung menyatu dengan dapur dan ruang makan dengan konsep layout ruang yang serba menyatu. Yang membuat rumah ini terasa lapang sudah pasti desain bukaan lebar yang membuat cahaya dan sirkulasi udara masuk secara leluasa sehingga rumah tetap terasa sejuk dan segar. Ssstt... udah pasti irit listrik lho




3. Hunian 75 meter persegi yang simpel

Walaupun luasan hunian hanya 75m², hunian ini punya layout yang sangat berintegrasi. Menciptakan susunan ruang yang kompak dan tepat memang menjadi kunci kenyamanan sebuah rumah. Salah satu triknya adalah dengan membuat banyak bukaan luas di sekitar rumah seperti pada hunian ini yang masih memiliki area outdoor untuk bersantai.



85 Design


4. Teras serba guna sekaligus instagrammable

Ciptakan teras dengan lantai permukaan kayu yang cukup luas untuk akomodasi beragam kegiatan outdoor di rumah. Dengan permukaan datar seperti ini, Anda bisa bebas membaca buku di kursi kesayangan, melakukan yoga, bahkan bermain camping bersama si buah hati. Macam-macam, deh!





5. Teras indoor yang sangat teduh

Siapa yang daritadi lagi cari inspirasi buat desain rumah? Kali ini kita lihat inspirasi untuk ruang tamu atau ruang keluarga dengan gaya semi outdoor yuk  Desain kayak gini cocok banget buat yang mengoleksi tanaman hias di rumah nih! 



 IZ Architects / Nguyen Cuong


Sediakan sedikit lahan kecil di dalam rumah untuk taman sederhana dan buatlah ruang tamu atau ruang keluarga dengan tempat duduk dari kayu atau beton ekspos sehingga tahan untuk segala cuaca. Asik banget lho buat ngobrol sambil menikmati kopi sore atau zoom meeting lagi hujan 


6. Sudut melamun yang paling cantik

Punya rumah dengan bay window yang menghadap taman rumah yang asri, terlihat seperti area healing di rumah impian terutama bagi Anda yang menjalani seluruh aktivitas di rumah saja. Jika memiliki jendela dengan tempat untuk duduk santai seperti ini, hal apa yang paling ingin Anda lakukan di area ini? 



Traanspace / Tejas Shah Photography


7. Makan di teras? Sudah biasa. Bagaimana jika masak besar di teras?

Punya area teras belakang namun bingung mau dimanfaatkan jadi area apa? Ruang makan dan dapur bersih bisa jadi solusinya!


Gomezloza Arquitectos / Apertura Arquitectonica


Memanfaatkan area terbuka di belakang rumah Anda dapat dijadikan area berkumpul santai dengan keluarga ataupun tamu. Tapi, tetap gunakan sliding / folding door jika takut nyamuk mengganggu saat sore atau terkena hujan.


8. Ide desain planter box untuk di taman rumah

Selain pot satuan yang sering banyak digunakan, Anda bisa menciptakan planter box dari concrete yang menyatu dengan dinding taman. Kehadiran tanaman hijau di area ini, membuat taman terasa lebih hidup dan tidak kaku walaupin dikelilingi dengan dinding solid terbuat dari concrete. 



 Inverse Project / Richard Hammond


Foto teaser: