Bagi kamu yang menempati kamar kos, pasti ingin kamarmu selalu menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan. Apalagi di masa pandemi seperti ini, aktivitas Work From Home masih harus terus dilakukan demi menjaga kesehatan bersama. Otomatis, sebagian besar waktu pasti dihabiskan di kamar dan isi kepala terus dipacu untuk selalu berpikir kreatif. Kamar yang nyaman bisa jadi faktor penentu produktivitas kita saat bekerja, karena sebagai tempat beristirahat, kondisi kamar yang bersih, segar, adem, dan terang harus menjadi prioritas utama.

Kini mungkin kamu sedang merasa bosan dengan kamar kos yang tampil apa adanya. Tapi jangan salah, kamu bisa membuat tampilan yang berbeda untuk kamar kos dengan budget yang membuat kantung nyaman. Kali ini CASA Indonesia akan memberi beberapa tips supaya kamar kos kamu hadir dengan suasana yang berbeda dan semangat terus untuk bekerja selama WFH!





Wallpaper Unik

Kamu yang menempati kos-kosan tak jarang terbentur dengan aturan-aturan pemilik kos untuk mendekor kamar sendiri. Kalaupun diperbolehkan, rasanya tetap aman bila kita merubah desain kamar kos seorang diri. Untuk membuat sentuhan berbeda pada kamar kos, yang pertama dapat kamu lakukan adalah memperbarui dinding. Ya, dinding yang berbeda pasti akan memberi suasana kontras saat kamu mengubahnya.

Daripada mengecat lebih memakan tenaga dan menimbulkan bau yang harus menguap dan menunggu cat sampai kering, kamu bisa mengubah dinding kamar kosan dengan memakai wallpaper unik. Wallpaper unik kini hadir dalam berbagai macam warna dan tekstur. Yang sedang menjadi tren saat ini adalah wallpaper dengan perekat dengan tekstur seperti batu bata putih. Selain harganya terjangkau, tekstur pada wallpaper unik itu memberi efek timbul yang membuat kamarmu layaknya vila di Bali.

Wallpaper unik model embos dan seperti bata ini sedang menjadi tran untuk dekorasi kamar lho! Pemasangannya pun sangat mudah dan murah! (Foto: Shopee)


Strip Light atau Lampu Strip

Setelah kamu memasang wallpaper unik tadi, pasti kamar kosan mu sangat berbeda kan? Nah, supaya tampilannya semakin keren, coba beri sentuhan lain pada pencahayaan. Kamu dapat memasang lampu strip atau strip light yang kini banyak dijual secara online. Harganya pun terbilang murah lho! Lampu strip light ini biasanya dijual mulai dari ukuran 1 meter sampai puluhan meter jika kamu ingin memasangnya di plafon kamar.

Tips jika kamu mau memberi suasana layaknya hotel, kamu bisa memasang strip light tersebut di kolong ranjang, di belakang meja televisi, atau di atas plafon. Strip light ini juga hadir dalam beberapa merek seperti Bardie atau Philips dan bisa difungsikan menggunakan aplikasi untuk menyalakan sampai pengaturan warna sesuai mood kamu. Untuk listrik? Jangan khawatir! Strip light ini sudah berbasis LED sehingga hemat listrik dengan daya lampu sampai tahunan!



Strip light atau lampu strip seperti ini juga bisa membawa mood yang sangat menyenangkan di dalam kamar kos! (Foto: Tokopedia)


Tanaman Hias

Warna hijau dari benda hidup di kamar kos bisa menambah daya semangat dan kreativitas lho! Kamu bisa memilih tanaman hias yang sesuai untuk kamar kos, mudah dipelihara, dan tidak memakan tempat terlalu besar saat besar nanti. Jenis sukulen, anthurium, hoya, kaktus, atau calathea adalah beberapa jenis tanaman yang cocok untuk di kamar kosan. Hindari membeli tanaman yang bisa berubah menjadi raksasa seperti monstera atau jenis philodendron lain yang memiliki daun besar.

Tips saat kamu mulai memelihara tanaman hias di kamar kos, usahakan untuk memahami teknik menanam yang tepat untuk tanaman indoor ya! Perlu diingat karena sering menggunakan AC, kelembapan di dalam kamar sering menjadi kering, oleh karena itu usahakan untuk rutin mengatur kadar air dan menjemurnya selama 1 – 2 jam setiap hari agar tanaman tetap sehat dan subur.

Percaya deh, tanaman hias di dalam kamar membuat kamarmu menjadi lebih segar lho! (Foto: tribunnews)


Pewangi Ruangan

Aroma kamar yang wangi juga menjadi faktor penentu mood seseorang untuk berlama-lama di dalam kamar. Saat ini banyak sekali dijual pewangi ruangan kekinian yang dijual secara online. Jenis wewangian reed diffuser adalah wewangian yang paling cocok untuk kamu letakkan di dalam kamar. Ada beberapa merek wewangian ruangan yang terkenal akan aromanya yaitu dari Zara Home atau Camani. Bahkan, Minisoo pun kini menjual diffuser dengan harga dan aroma yang manis lho!

Reed diffuser adalah jenis pewangi ruangan yang hadir dengan aroma lembut dan bisa jadi pajangan cantik (Foto: Tokopedia)

Kamu juga bisa menggunakan jenis diffuser lain yang menggunakan uap dan bisa ditetesi beragam aromatherapy supaya konsentrasi saat bekerja dan tidur bisa semakin lelap. Bagaimana, sudah siap untuk mengubah kamar kos kamu seperti hotel? Tapi sebelum itu, konsultasikan dulu pada pemilik kos batasan apa saja yang bisa dilakukan saat kamu ingin mendekor kamar kos sendiri ya! Selamat mencoba!