Pemasangan railing tangga atau pegangan tangga menjadi elemen penting yang tidak boleh dilupakan. Ini karena, railing tangga berfungsi untuk mencegah Anda atau anggota keluarga lainnya terjatuh, terutama anak-anak, dan bisa dijadikan pegangan saat menaiki atau menuruni tangga. Selain dapat membuat tangga lebih aman, railing tangga juga dapat digunakan untuk menambah nilai estetika pada sebuah ruang. Ini akan mempengaruhi tampilan keseluruhan desain interior rumah Anda. 


Ada banyak desain railing tangga yang bisa Anda terapkan pada rumah, salah satunya adalah railing tangga kaca. 





Jika Anda tertarik untuk menerapkan railing tangga kaca, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Apa saja? Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan, serta inspirasi desain railing tangga kaca untuk Anda. 


Kelebihan railing tangga kaca


Terbuat dari kaca, membuat railing tangga kaca memiliki tampilan transparan yang bisa memberikan kesan modern, minimalis, dan clean. Inilah yang membuat railing tangga kaca sangat cocok diterapkan pada rumah bergaya modern minimalis. Kelebihan lain railing tangga kaca yaitu dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih luas karena terbuat dari kaca transparan. 


Kelemahan railing tangga kaca


Di sisi lain, railing tangga kaca juga memiliki kelemahan. Kelemahan utamanya yaitu mudah pecah, karena materialnya yang terbuat dari kaca. Jika hal ini terjadi, tentu bisa sangat berbahaya untuk anggota keluarga di rumah. Namun, Anda dapat meminimalisirnya dengan memilih material kaca yang tepat.


Kaca tempered dan kaca laminasi merupakan dua material kaca yang cocok untuk railing tangga kaca. Kaca tempered dinilai lebih kuat karena dalam pembuatannya, material kaca ini melalui proses pemanasan dan pendinginan secara cepat yang membuatnya lebih kuat menahan beban dari kaca biasa dan tahan terhadap benturan. 


Apabila pecah pun, pecahan kaca tempered juga cukup aman sebab akan hancur dalam bentuk pecahan kecil bulat dan tumpul. Selain itu, kaca tempered juga dapat memberikan kesan elegan dan modern pada sebuah ruang, yang bisa menambah nilai estetika. 


Sementara itu, kaca laminasi adalah material kaca yang menggabungkan dua kaca atau lebih yang dilapisi oleh interlayer film PVB (Polyvinyl Butyral). Lapisan interlayer film ini akan menjaga agar kaca tetap terikat bahkan saat pecah. Inilah yang membuat kaca laminasi menjadi salah satu material kaca andalan untuk railing tangga kaca. 




Permukaan kaca yang mudah tergores sehingga bisa merusak tampilan dan pemasangannya yang salah, bisa menjadi kelemahan railing tangga kaca lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya serahkan pemasangan railing tangga kaca kepada profesional untuk mencegah kaca pecah, yang bisa membahayakan Anda dan anggota keluarga. 


Inspirasi desain railing tangga kaca minimalis


Railing tangga kaca dengan kombinasi material kayu


(Max Vakhtbovych on Pexels)


Railing tangga kaca dengan kombinasi material kayu pada bagian handrail dan pijakan tangga, membuat desain tangga ini terlihat sangat modern minimalis, menciptakan kesan warm dan natural. 


Railing tangga kaca tanpa bingkai


(Architect: Brooks & Falotico Associates Inc / Builder: Redwood Construction / keuka-studios.com)


Jika Anda ingin desain railing tangga kaca yang jauh lebih minimalis dan menciptakan konsep rumah futuristik, Anda bisa membuat railing tangga kaca tanpa bingkai atau handrail. Selain terlihat lebih minimalis, desain railing tangga kaca seperti ini juga bisa menciptakan ilusi lebih luas dan clean. 


Railing tangga kaca dengan kombinasi material stainless steel hitam


(stairhaus.com)


Selain cocok dipadukan dengan material kayu, railing tangga kaca juga cocok dipadukan dengan material stainless steel. Material stainless steel yang digunakan akan menciptakan kesan yang modern dan elegan. Untuk menghadirkan sedikit sentuhan industrial pada rumah Anda, padukan railing tangga kaca dengan material stainless steel berwarna hitam. 




(Teaser: Max Vakhtbovych on Pexels)