Saat mencari lampu baru untuk di rumah, lampu LED kini sering direkomendasikan karena lebih hemat energi ketimbang lampu incandescent. Namun, apakah hanya ini sajakah nilai lebih dari lampu ini?

Dibandingkan lampu zaman dahulu, lampu LED lebih hemat energi listrik. Dengan nilai watt yang rendah, Anda tetap bisa memiliki penerangan cahaya yang terang. Tingkat terang dari lampu tersebut dinilai dari angka lumens yang dimiliki. Untuk rumah modern, lampu dengan nilai lumens antara 1.500 - 1.700 lumens dengan temperatur warna di antara 3.000 - 3.500 K adalah pilihan populer karena memiliki temaram yang tidak terlalu terang benderang dan tetap menciptakan perasaan rileks bagi penghuni rumah. Tingkat terang ini dapat dimiliki hanya dengan menggunakan energi 9,14, atau 15 watt seperti yang terlihat pada pilihan bohlam LED dari in-Lite dengan seri nama INB007.





doublebhouse


Brand in-Lite termasuk merk lampu LED yang kian populer digunakan di Indonesia. Dengan harga yang kompetitif, pembeli produk brand ini dapat meraih lampu dengan kualitas baik beserta jaminan garansi dan after service yang memuaskan. Mengedepankan teknologi LED berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia), lampu ciptaan in-Lite mempunyai kelebihan, yaitu tahan lebih lama dan dilengkapi dengan overheat protection sehingga lampu tidak mudah panas.

Namun, apakah lampu LED itu hanya berupa bohlam saja? Tentu tidak. Dikenal dengan moto One Stop Lighting Solution, in-Lite bagaikan kamus lengkap bagi produk lampu LED untuk di rumah modern karena memiliki banyak tipe pilihan. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.


1. Strip light INFS001

Jika ingin menciptakan indirect lighting di interior rumah, sebaiknya menggunakan in-Lite Strip Light INFS001 yang memiliki dua macam temperatur warna, yaitu Cool Daylight & Warm White. Dengan bentuk yang fleksibel, Anda dapat berkreasi saat pemasangan lampu ini karena bisa ditekuk dalam berbagai sudut dan bentuk apa pun. Contoh penerapan indirect lighting kerap terlihat pada drop ceiling atau pun di bawah kabinet dapur.


Contoh inspirasi interior kontemporer / Insignio Studio



INFS001


Tips memasang ala CASA: Interior rumah berkonsep kontemporer, lebih cocok memakai lampu dengan temperatur lebih dingin atau berwarna Cool Daylight. Sedangkan untuk penggemar interior vintage atau memiliki sentuhan retro, gunakan lampu bertemperatur lebih hangat atau seperti Warm White.


2. Panel Light INPS628R

Bagi yang menginginkan kesan seamless pada permukaan ceiling interior rumahnya, in-Lite Panel Light INPS628R adalah pilihan yang tepat. Tersedia dalam pilihan warna Cool Daylight, Cool White, dan Warm White lampu ini ada yang memiliki daya 6 serta 12 watt. Lampu ini memiliki fitur cover yang membuat lampu dapat tersebar merata tanpa menciptakan efek glare saat melihat ke lampu.




Tips memasang ala CASA: Untuk di interior, jenis panel inbow adalah pilihan populer karena tertanam pada ceiling sehingga kesannya lampu menyatu dengan permukaan ceiling. Peletakan paling ideal untuk di kamar tidur adalah di sudut ruangan sehingga tidak mengarah secara langsung ke mata saat berbaring di tempat tidur. Selain itu, berkat cover pada lampu, temaram cahaya pun melembut sehingga mampu membuat suasana nyaman untuk beristirahat di kamar.


Panel Light


Baca juga, Tips Atur & Pilih Lampu Biar Rumah Jadi Lebih Nyaman


3. Spot Light INMR1603

Punya spot cantik di rumah dan rasanya sayang sekali jika tidak di highlight? Di sinilah peran lampu jenis spot light. Beam angle yang dihasilkan spot light berperan besar dalam mengarahkan perhatian mata ke bagian dekor yang ingin disorot. Contoh produk untuk mengaplikasikan ide ini adalah in-Lite Spot Light INMR1603 dengan Color Rendering Index (CRI) di atas 80.


Contoh penerapan spot light / dirumah.ps


Tips memasang ala CASA: Penentuan tingkat terang lampu dapat ditentukan berdasarkan finishing pada permukaan yang akan disorot. Finishing terbuat dari kayu dan berkesan matte lebih mudah menyerap cahaya, sedangkan finishing yang glossy dan polished lebih banyak memantulkan cahaya. Jika permukaan dinding atau material dekorasi Anda termasuk dalam tipe yang kedua, sebaiknya pilih lampu dengan tingkat lumens rendah agar tidak menyebabkan silau yang berlebihan. Anda bisa pula memilih menggunakan spot light yang dilengkapi dengan fitur dimmer seperti in-Lite Spot Light INMR1607D agar dengan leluasa mengatur tingkat terang lampu sorot.




Baca juga, Ga Nyangka! 5 Kesalahan Lighting Ini Sering Muncul di Rumah


4. Bohlam INB007

Penggunaan lampu bisa mempengaruhi produktivitas bekerja saat duduk di meja kerja. Pada umumnya, lampu meja hadir sebagai task lighting yang membantu Anda untuk lebih fokus saat bekerja. Lampu dalam range 2.700 - 4.500 lumens merupakan tingkat terang lampu yang ideal bagi ruang kerja karena menghasilkan cahaya yang terang serta nyaman di mata tanpa membuat mata mudah lelah setelah lama bekerja.


Hans Havilah Song / Insignio Studio


Tips memasang ala CASA: Untuk mencapai task lighting tersebut, Anda dapat menggunakan in-Lite INB007 dengan daya 3, 9, 11 watt. Dikarenakan produk ini memiliki pilihan temperatur warna yang tepat untuk ruang kerja, yaitu Warm White (3500 lm), Cool White (4000 lm), dan Cool Daylight (6500 lm).




 in-Lite INB007


5. Smart Bulb INSM044

Secara tak sadar, pemilihan warna lampu di rumah dapat mempengaruhi mood orang yang berada di ruangan tersebut. Contohnya saja, jika ingin mencari inner peace usai menghadapi aktivitas yang intens gunakan warna biru yang mampu menyuntikkan efek menenangkan. Selain biru, warna hijau pun memiliki efek serupa dan bahkan mampu mengundang rasa kantuk.





Tips memasang ala CASA: Daripada pusing dan memasang banyak bohlam dengan ragam warna berbeda, Anda bisa menggunakan in-Lite Smart Bulb INSM044 yang memiliki 16 juta warna dalam satu bohlam. Tanpa koneksi internet, lampu ini menggunakan koneksi bluetooth dan pengguna dengan mudah dapat mengganti warna lampu sesuai mood atau kebutuhan. Uniknya, ambiance warna yang tercipta bisa berubah mengikuti musik pula. Seru banget!


in-Lite INSM044


Inspirasi desainnya udah ada. Bahkan dilengkapi dengan rekomendasi produk yang bisa Anda coba gunakan. Lalu, produk-produk tersebut bisa ditemukan dimana, ya? Beragam produk lampu milik in-Lite dapat Anda raih dengan mudah karena tersedia di berbagai toko-toko listrik langganan, supermarket bahan bangunan, gerai Indomaret di seluruh Indonesia, hingga e-commerce.

Tunggu apa lagi? Yuk #diterangInLite !







Sumber foto: in-Lite
Foto teaser: Insignio Studio