Keberadaan mini bar di rumah bisa menjadi salah satu cara membuat rumah lebih menarik dan nyaman, sekaligus membuat penghuni rumah menjadi lebih betah berada di rumah. Anda juga bisa mengajak tamu bersantai dan bercengkrama sambil menikmati segelas minuman layaknya berada di sebuah bar/cafe.


Namun, Anda tidak perlu menyediakan area khusus untuk mewujudkan hal ini, karena Anda bisa menggabungkan fungsi meja bar dengan meja makan untuk mengoptimalkan lahan terbatas, sehingga cocok diletakkan di ruang kecil. 


Berikut ini beberapa model meja bar yang bisa menjadi inspirasi dan terapkan di rumah. 


Model meja bar bergaya Skandinavia


(clemaroundthecorner.com)


Sebagaimana diketahui, salah satu ciri khas dari gaya Skandinavia adalah dominasi penggunaan warna putih dan natural. Model meja bar sekaligus meja makan ini dibuat menggunakan papan kayu yang masih dipertahankan teksturnya. Pasangkan bersama model kursi bar nerd counter berwarna putih pada dudukannya dan kayu pada bagian kaki kursi. 


Model meja bar bergaya Industrial


(modishstore.com)


Penggunaan material metal dan kayu pada meja bar akan membuat mini bar di rumah Anda terlihat semakin keren. Gabungan material ini juga akan menghadirkan kesan industrial yang kuat ke dalam mini bar Anda. Letakkan tanaman hijau sebagai dekorasi meja untuk menciptakan kesan hidup dan segar. 


Model meja bar bentuk bundar


(Garden Trend Store)


Jika umumnya model meja bar berbentuk persegi panjang, namun model meja bar yang satu ini sedikit berbeda karena memiliki bentuk bundar. Selain karena bentuknya yang simpel, meja bar bentuk bundar juga hemat ruang sehingga cocok diletakkan di ruang kecil. 


Jika Anda tinggal seorang diri atau berdua, model meja bar ini rasanya sudah cukup dan bisa menjadi pilihan terbaik. Luas meja bar ini hanya cukup untuk meletakkan 2 piring, 2 gelas wine, dan 1 dekorasi meja berukuran mungil. 


Model meja bar bentuk wave



(Design by: The Mill (@_the.mill) in collaboration with Folk Studio (@folk.studio___))


Jika Anda bosan dengan model meja bar yang berbentuk persegi panjang atau bulat, Anda bisa menjadikan model meja bar berbentuk wave sebagai inspirasi. Model meja bar sekaligus meja makan ini terbuat dari material kayu yang memiliki karakteristik kuat dan unik, yang bisa menciptakan kesan hangat dan natural pada area mini bar Anda. Bentuknya yang unik juga membuat meja bar ini bisa dijadikan sebagai aksen menarik di dalam ruangan. Gunakan kursi bar model backless dan rak penyimpanan botol minuman dari material yang sama, kayu, yang akan membuat mini bar Anda tampak semakin unik dan hangat. 




Model meja bar menghadap jendela



(Photo by: Maca Whittle (@mawhi.studio) / Folk Studio (@folk.studio___))


Untuk mendapatkan pengalaman bersantai yang lebih menenangkan dan menyenangkan sambil menikmati segelas minuman dan sepotong kue favorit, model meja bar yang menghadap jendela seperti ini bisa menjadi inspirasi. Dengan posisi ini, Anda bisa menikmati makanan dan minuman sambil memandangi keindahan taman di luar rumah. Sangat menyenangkan dan menenangkan, bukan?


Model meja bar dari batu marmer


(Design by: Gilberto L. Rodriguez / www.design-milk.com)


Ingin area mini bar terlihat lebih mewah dan elegan? Anda bisa menggunakan model meja bar yang terbuat dari batu marmer, seperti hasil desain perancang Gilberto L. Rodriguez, dari GLR Arquitectos. Penggunaan batu marmer pada permukaan meja bar akan membuat mini bar Anda terlihat semakin mewah dan elegan. Padukan dengan kursi bar model eames style berwarna senada yang akan membuat mini bar Anda terlihat semakin bergaya. 


Model meja bar menyatu dengan kitchen island


(Photo: @behrandeo, @caitlinmillsphotography Arsitek: Valcucine @valcucine_kitchens)


Meja bar sekaligus meja makan dapat Anda sambungkan dengan kitchen island yang berada di tengah dapur. Dengan begitu, Anda tetap dapat memisahkan area persiapan makanan dengan meja makan dan area mini bar. 


Model meja bar bergaya monokrom


(design-milk.com)


Gaya monokrom tidak akan lekang oleh waktu. Itulah mengapa, menerapkan meja bar bergaya monokrom adalah pilihan yang cerdas. Perpaduan warna hitam dan putih akan memberikan kesan minimalis, simpel, clean, dan chic. Tanpa banyak detail, area mini bar Anda akan tampak bergaya dan menarik perhatian.




(Teaser: Design by: The Mill (@_the.mill) in collaboration with Folk Studio (@folk.studio___))