Jika membayangkan dunia metropolitan yang kini kembali sibuk, rasanya ingin memiliki hunian yang mampu meredakan rasa khawatir dan memberikan energi positif setiap saatnya. Tak hanya kehangatan keluarga yang penting, namun desain interior sebuah hunian kerap memberikan peran yang harus diprioritaskan.




Terutama bagi  yang tinggal di apartemen, ruang kotak dan dingin saat belum diisi memerlukan sentuhan estetika. Dengan kondisi layout yang mengikuti “apa adanya” dari gedung, personalisasi ruang menjadi tantangan yang menarik. Di sinilah peran sebuah biro desain interior untuk mengemas kebutuhan sang penghuni secara lengkap. 




Terletak di kawasan Jakarta Selatan, terdapat sebuah unit apartemen yang menarik perhatian. Bentuk yang dinamis, organik, serta tone warna yang hangat memberikan makna rumah yang  sebenarnya, yaitu kenyamanan. Apartemen seluas 180 meter persegi ini ditempati oleh sepasang suami istri dan satu anak.




Dirancang oleh biro desain Milieu Studio yang berbasis di Jakarta, nuansa dingin dihempas berkat custom furniture dan desain yang unik. “Setiap ruang dibuat menjadi luas namun diberi sentuhan desain kontemporer modern untuk generasi berikutnya.”




Milieu Studio banyak menggunakan bentuk geometri kurva. Bagi principal dari Milieu Studio, apartemen ini diperuntukan bagi kehidupan modern, sehingga mereka memakai tren 'busur modern' untuk menciptakan kehidupan yang dinamis dan berkualitas bagi keluarga yang tinggal di sini. Tak hanya enak dipandang, namun bentuk kurva dipercaya dapat memberikan dimensi ruang yang menarik dan tidak membosankan. 






Secara selaras, Milieu Studio menggunakan bentuk tersebut pada partisi, wall treatment di hallways, cermin rias, serta elemen interior lainnya. Energi dan kesan yang hangat juga ditampilkan melalui pemilihan material natural, seperti oakwood, teakwood, beige marble. Untuk menambahkan kesan elegan, Milieu Studio memberikan sentuhan brass dan tekstil pilihan di beberapa sudut.




Sesuai dengan tren desain 2022 yang AlaCASA riset, penggunaan material natural dan sentuhan warna cokelat banyak ditemukan di desain interior hunian. Warna dan material alam dianggap bisa memberikan efek psikologis yang menenangkan di masa-masa pandemi.



Bersandingan dengan jendela apartemen yang luas, area living room dan dining room menjadi area favorit. Dengan pemilihan  yang efisien, Milieu Studio hanya menempatkan beberapa furnitur agar ruang gerak lebih lega. Desain meja makan yang dilapisi oleh kayu Walnut Teakwood ini menjadi centerpiece yang hangat.




Di bawah chandelier yang elegan dan diapit oleh keempat dining chair berbalut blue bludru, suasana makan bersama  keluarga terasa semakin intimate. Pemandangan kota di malam hari pun menambah kesempurnaan keluarga yang harmonis. Tak lupa juga, multifunction coffee table sebagai tempat tidur anjing peliharaan turut melebur dari desain interior yang cantik.



Sumber foto: Ivana Wijaya / Milieu Studio