Membahas topik berkaitan dengan desain yang baik dan ramah bagi anak-anak tidaklah mudah, karena banyak hal yang harus diperhatikan lebih mendalam seperti faktor keamanan, kenyamanan, ergonomis, hingga pemilihan warna pada interior yang berdampak pada psikologi anak. Tempat-tempat fasilitas yang mendukung aktivitas anak dengan fungsi ruang berbeda-beda ini, hadir dalam desain solutif dan detail-detail yang eye-catching.




Tidak hanya menawarkan berbagai fasilitas dan program yang ramah anak, lima tempat ini juga dapat menjadi referensi tempat berkumpul bersama keluarga. Solusi-solusi desain yang dihadirkan kelima tempat ini telah melalui proses riset, berdasarkan tingkah laku dan ketertarikan anak sesuai usianya.




Dari segi visual, persamaan lima tempat ini terletak pada pemilihan warna dalam interior ruangan. Umumnya memilih gradasi warna pastel dan juga warna cerah. 


Simak 5 tempat ramah anak di Jakarta dengan desain yang unik:


Baca juga, Hotel Keluarga di Bandung yang Super Nyaman untuk Anak


1. Toko kue yang super menggemaskan

Menarik minat penggemar cake tidak hanya dari tampilan kue namun kini interior ruangan juga menjadi pertimbangan pengunjung. Cake A Boo dapat menjadi salah satu opsi tempat memperkenalkan kudapan manis berpenampilan menggemaskan kepada anak-anak.




Dessert café yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk ini hadir dengan desain berkonsep cake factory. Alvin Tjitrowirjo sebagai desainer interior, menghadirkan detail unik seperti plumbing layaknya di pabrik dengan warna-warna menarik mural imajinatif di dinding-dindingnya. Tak hanya itu, pada bagian tengah ruangan terdapat conveyor belt seperti di restoran sushi namun yang disediakan ialah kue berkonsep cake-go-round.


2. Belajar masak untuk para calon chef junior

Memperkenalkan anak pada dunia masak sedari kecil dapat menjadi salah satu alternatif hobi. Young Chef Academy di daerah Kemang, Jakarta Selatan, merupakan sekolah kuliner yang mengajarkan berbagai bentuk kegiatan kuliner mulai dari memasak, kitchen safety, presentasi makanan, dan table setting.




Dapur didesain dengan fungsi yang menyesuaikan ergonomi tubuh anak-anak. Furnitur- furnitur menarik seperti rak berbentuk es krim, lampu menyerupai topi koki, dan kursi duduk berbentuk jamur turut hadir mewarnai suasana.


Baca juga, Tips Merancang Kamar Tidur Anak Agar Tidur Nyenyak

3. Lebih dari sekadar daycare

Berada di kawasan perkantoran Kuningan, Happy Hippo Daycare & Learning Centre menjadi solusi para orang tua pekerja yang ingin menitipkan anaknya selagi kerja. Daycare ini terbagi dalam empat program ruang, yaitu babbypotamus, toddypotamus, dan kiddopotamus serta kamar mandi yang diberi julukan hippopottymus.




Seluruh julukan ini sesuai dengan tema besar daycare yang memiliki ikon kuda nil ini. Pendidikan usia dini juga diajarkan kepada anak-anak melalui kegiatan interaktif belajar sambil bermain di area playground dan reading area. Selain itu, terdapat ruang konsultasi dengan dokter anak yang menjadikan daycare ini sebagai one-stop service for kids.


4. Tidak lagi takut dengan dokter gigi

Kali ini anak-anak tidak akan khawatir memeriksakan gigi jika pergi kedokter gigi Kidz Dental Care & Orthodontic Clinic, di daerah Puri Indah, Jakarta Barat. Didesain dengan memerhatikan psikologi anak yang sering merasa takut ke dokter gigi. Ruang periksa dirancang dengan tema berbeda-beda seperti, sarang lebah, dunia bawah laut, film kartun Rio, dan taman bunga.




Ruang periksa dilengkapi sebuah layar televisi pada langit-langit, untuk memutar film kartun. Hal ini mengalihkan perhatian setiap anak ketika dokter harus memeriksanya. Ruang tunggu anak bertema kidz park dengan banyak koleksi buku dan mainan juga melengkapi kenyamanan ketika anak-anak sedang menunggu. 


Baca juga, Tempat Liburan Outdoor yang Anak Akan Suka


5. Tumbuh sehat dan kuat

Memiliki fasilitas dan program yang mendukung aktivitas anak di usia dini untuk aktif bergerak. Menjadi daya tarik Rockstar Gym, Kids & Teens, sebagai tempat bermain sekaligus belajar. Menempati lantai tiga hingga area outdoor Mall Kota Kasablanka, tempat ini menawarkan berbagai program mulai dari senam gerak, kelas menari, hingga parkour.




Pada fasilitas indoor gym terdapat rangkaian alat gymnastics yang dirancang menyesuaikan kebutuhan fisik anak-anak. Selain itu, fasilitas lain seperti waterpark, playground, dan berbagai lapangan olahraga juga menjadi program unggulan dari Rockstar Gym.


Baca juga, Pasti Seru! 16 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Asyik


Tips dari CASA Indonesia bagi para orang tua atau desainer yang ingin merancang ruang untuk anak: Pemakaian palet-palet warna tersebut membuat anak secara psikologis nyaman dan juga menarik minat mereka untuk melakukan aktivitas di dalam tempat tersebut. Selain itu, strategi desain dan program ruang juga menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh para desainer, seperti menjawab isu dan tren masa kini yang ada pada anak-anak lalu diterjemahkan dalam bentuk desain yang meruang. 




Detail-detail yang menarik perhatian anak juga dapat menjadi salah satu solusi desain, misal di klinik gigi yang umumnya anak-anak takut untuk pergi memeriksakan giginya, anak butuh sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian mereka. Atau sebaliknya, detail-detail pada ruangan justru dapat membuat anak fokus pada suatu aktivitas.


Sumber foto: CASA Indonesia