Bintaro Design District 2018 / BDD 2018

Berpusat di kawasan Bintaro, Anda akan menemukan beragam kejutan akan konten-konten yang ditampilkan para arsitek dan desainer lokal dalam Bintaro Design District (BDD) 2018 yang mengusung tema Permeable Society.


Bintaro Design District 2018 / Bintaro Design District 2018

Bintaro Design District 2018 / Bintaro Design District 2018


Kawasan Jakarta Selatan terutama Bintaro kini menjadi rumah bagi beragam firma desain yang berkontribusi dalam perkembangan industri kreatif lokal. Berangkat dari fakta ini, menggugah Andra Matin, Budi Pradono, Danny Wicaksono, dan Hermawan Tanzil untuk menyelenggarakan sebuah perhelatan yang mengayomi para penggiat kreatif dalam mengajak publik untuk mengenal lebih dekat akan dunia kreatif milik Indonesia. 



Sejumlah kategori desain seperti Arsitektur, Desain Interior, Desain Grafis, Desain Produk, dan bidang kreatif lainnya akan dihadirkan. Para insan kreatif lokal ini akan menampilkan rancangan miliknya melalui beragam media dan acara, seperti pameran, instalasi desain, talkshow, studio visit, dan masih banyak lagi dimulai dari 11 Oktober hingga 20 Oktober 2018.



Optimalkan pertualangan Anda saat mengunjungi BDD 2018 dengan menyimak 8 info menarik di bawah ini.


1. Dapatkan BDD Pass terlebih dahulu sebagai tiket masuk BDD 2018.



BDD Pass / Bintaro Design District 2018


BDD Pass merupakan sebuah handbook yang dapat Anda temukan di tiap venue acara. Namun, untuk saat ini hanya dapat ditemukan di Kopi Manyar, Bintaro dan Dia.Lo.Gue Artspace, Kemang. 


(Kiri) Kopi Manyar dan (Kanan) Dia.Lo.Gue Artspace / Manual Jakarta

(Kiri) Kopi Manyar dan (Kanan) Dia.Lo.Gue Artspace / Manual Jakarta


Seharga Rp 50.000, BDD Pass ini berlaku untuk satu orang pengunjung serta sebagai tiket masuk untuk seluruh venue dalam BDD 2018.


2. Beberapa acara akan memerlukan registrasi terpisah.

Khusus untuk acara Open Architecture, para pemilik BDD Pass dapat mendaftarkan kehadiran Anda di Kopi Manyar sehari sebelum event berlangsung. Lokasi yang menjadi bagian dari program Open Architecture di antaranya adalah Studio Air Putih, AM dan IL House oleh Andra Matin, serta A House dan Rumah Miring oleh Budipradono Architects.

IL House oleh Andra Matin / CASA Indonesia

IL House oleh Andra Matin / CASA Indonesia

Studio Air Putih / Mario Wibowo / Archdaily

Studio Air Putih / Mario Wibowo / Archdaily
Rumah Miring oleh Budi Pradono Architect / CASA Indonesia
Rumah Miring oleh Budi Pradono Architect / CASA Indonesia


3. Kopi Manyar merupakan main venue untuk BDD 2018.


Kafe yang digawangi oleh arsitek Andra Matin ini merupakan salah satu pusat informasi dan registrasi bagi pengunjung BDD 2018. 

BDD Pass / Bintaro Design District 2018

Pameran Rumah oleh Andra Matin di Kopi Manyar / Manual


4. Temukan beberapa tipe pameran karya para desainer dan arsitek.


Terdapat beberapa tipe pameran dalam BDD 2018 ini. Salah satunya adalah 1x1 Exhibition yang berlangsung di Kopi Manyar yang menampilkan karya seperti instalasi interior, furnitur, produk, serta grafis. 

3500 mm House oleh AGo Architects / AGo Architects

3500 mm House oleh AGo Architects / AGo Architects

Singkawang Cultural Center oleh PHL Architects akan ditampilkan dalam 1x1 Exhibition / PHL Architects
Singkawang Cultural Center oleh PHL Architects akan ditampilkan dalam 1x1 Exhibition / PHL Architects

Selain itu, sejumlah arsitek turut mengadakan private exhibition, seperti Mamostudio x RMA (Rafael Miranti Architecture) on Process dan Andramatin 33.



5. Nikmati instalasi unik yang tersebar di galeri, taman, dan ruang publik di kawasan Bintaro.


Medium untuk menyalurkan kreativitas begitu beragam. Hal inilah yang mengundang beberapa desainer dan arsitek untuk menampilkan instalasi desain di ruang publik. Salah satunya adalah karya Ruang Antara oleh J+A Design dan NUMO Studio serta Plasticology oleh Arcadia Architect



6. Ikuti kunjungan seru ke beberapa biro arsitek kawakan. 


Bagi yang ingin mengetahui kisah di balik layar seorang arsitek, Anda dapat mengunjungi biro arsitek dalam program Open Studio. Salah satunya adalah Studio Tonton yang digawangi oleh Antony Liu dan Ferry Ridwan yang berlokasi di Gading Serpong.

Studio Tonton / Studio Tonton

Studio Tonton / Studio Tonton


7. Talkshow dan workshop dengan topik seputar desain dalam BDD 2018


Tak luput juga perbincangan dengan pembahasan yang akan menggelitik para penggiat dunia kreatif . Di antaranya adalah sesi bersama Studio Denny Setiawan x Dform, Mamostudio x Rafael Miranti Architecture, workshop Bintaro Design Diversity oleh ArMS, dan masih banyak lagi.




8. Kumpulkan stempelnya dan raih hadiahnya


Ikuti keseruan dalam mengoleksi stempel unik yang dimiliki tiap lokasi dari BDD 2018 dalam handbook BDD Pass dan nantikan hadiah eksklusif yang dapat diraih sesuai dengan terms and conditions yang diberikan BDD 2018.

Stempel unik BDD 2018 / Bintaro Design District 2018

Stempel unik BDD 2018 / Bintaro Design District 2018

Jadi, apakah Anda sudah siap berpetualang dalam Bintaro Design District 2018?

Simak terus info lainnya di lini masa BDD 2018 serta nantikan informasi seputar desain dan travelling lainnya di website dan instagram CASA Indonesia.


Lokasi:

Kopi Manyar: Jl. Bintaro Tengah Raya Blok O2 No.14, RT.4/RW.8, Bintaro, Pesanggrahan, RT.4/RW.8, Bintaro, Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Dia.lo.gue Artspace: Jl. Kemang Sel. No.99A, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730


Dok. CASA Indonesia, Bintaro Desgin District, Manual Jakarta, Studio Tonton, PHL Architect, AGo Architect, Mario Wibowo, Archdaily