Memanfaatkan ruang yang kecil atau area yang memanjang menjadi kamar anak memang membutuhkan solusi desain tertentu. Penempatan dinding geser dan tempat tidur yang bisa diubah menjadi sebuah meja adalah salah satu contohnya. 


Bagi Anda yang memiliki lebih dari 1 anak dengan umur berdekatan pun sering kali bingung bagaimana cara memberikan tempat tidur masing-masing, sedangkan jumlah kamar tidur di rumah terbatas. 


Simak 4 tips memanfaatkan ruang kecil untuk kamar anak versi CASA Indonesia:


1. Cara memasukkan tempat tidur dan lemari pada sebuah ruangan terbatas

Metode overlap yang mengakomodasi kedua fungsi tersebut menjadi solusinya: lemari pakaian di bagian bawah dan tempat tidur di bagian atas. Seperti foto, pada sisi kiri terdapat lemari yang secara visual terlihat ringan, dan menggunakan pintu transparan backlit serta mengubahnya menjadi sebuah elemen lain.


Tips Memanfaatkan Ruang Kecil untuk Kamar Anak

Desain tempat tidur bertingkat menyatu dengan lemari baju / Alessandra Laudeati & Adriani Brussaferri / Bravacasa RCS


Dalam gambar desain di sebelah kanan, terdapat dua komposisi lainnya dengan tempat tidur tingkat oleh Tumidei. Pada bagian atas pada furnitur multifungsi ini adalah tempat tidur dan meja tulis di atas lemari; dua tempat tidur staggered dengan laci meja pada bagian bawahnya.


2. Anak laki-laki dan perempuan berbagi ruangan yang sama. Bagaimana menciptakan dua zona untuk tidur dan belajar yang terpisah dengan baik?

Privasi dan kenyamanan untuk dua anak dapat diwujudkan dalam sebuah solusi seperti pada sisi kiri, pada sepasang panel yang terbuat dari material plastik Starlight dari Bencore. Piringan setebal 3,4 cm digunakan meredam kebisingan akustik hingga 30 dB.


Tips Memanfaatkan Ruang Kecil untuk Kamar Anak

Kamar tidur untuk anal perempuan dan laki-laki / Alessandra Laudeati & Adriani Brussaferri / Bravacasa RCS


Sebuah pilihan alternatif yang valid dan didasari oleh sebuah campuran panel yang terbuat dari kaca statis maupun bergerak, disediakan oleh berbagai produsen di antaranya Rimadesio dan Movi. Pada bagian atas, seri Pavilion iD dari Tre Più, yang merealisasikan dekor yang dipersonalisasi, hingga membiarkan cahaya masuk pada nuansa berbeda. 


3. Cara memanfaatkan meja tulis dan tempat tidur dalam ruangan memanjang yang sempit agar maksimal

Jawabannya adalah: “dinding yang terintegrasi”. Tempat tidurnya dinamis: sementara tempat tidurnya rendah, meja tulisnya lebih tinggi, tanpa harus memindahkan buku-buku dan objek-objek pelengkap.




Tips Memanfaatkan Ruang Kecil untuk Kamar Anak

Desain tempat tidur dan meja belajar / Alessandra Laudeati & Adriani Brussaferri / Bravacasa RCS


Ide dari Clei yang memperkecil dimensi dan merupakan bagian dari sebuah sistem modular termasuk lemarinya – juga yang menghubungkan – container tinggi dan rendah serta rak-rak.


Tips Memanfaatkan Ruang Kecil untuk Kamar Anak

Tempat tidur tersembunyi - Altea Book / Clei / Archiproducts


Furnitur yang bisa dilipat atau disembunyikan merupakan solusi terbaik untuk ruang kecil.


4. Cara merancang kamar anak untuk kakak beradik

Desain tempat tidur bagi kakak beradik bisa disiasati dengan sistem bertingkat atau loft. Pastikan rancang railing yang kuat, agar anak tidak terjatuh. Desain tempat tidur tingkat atau loft juga bisa digunakan untuk Anda atau pendamping anak, agar tetap bisa menemani anak hingga tidur terlelap.


Tips Memanfaatkan Ruang Kecil untuk Kamar Anak

Tempat tidur bertingkat untuk kakak beradik - Tiramolla Configuration 311 / Tumidei / Archiproducts


Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, sisi bawah pada tempat tidur bertingkat bisa dimanfaatkan sebagai meja belajar atau lemari baju. Tangga untuk akses ke atas bisa dirancang beragam, mulai dari tangga dengan railing biasa atau multifungsi menjadi rak.


Tips Memanfaatkan Ruang Kecil untuk Kamar Anak

Tempat tidur bertingkat untuk kakak beradik / Zalf / Archiproducts


Foto opening: Nuovo Mondo N16 / Scandola Mobili / Archiproducts
Teks oleh Barbara Gerosa dan Raisa Benaya Ranti
Styling oleh Alessandra Laudeati
Sumber foto: Adriani Brussaferri / Bravacasa RCS , Archiproducts