Derap kreativitas Tanah Air yang digarap oleh generasi millennials saat ini terus menunjukkan pergerakan progresif. Salah satu momen kebangkitan kreativitas anak bangsa ini kembali tertuang dalam IDEAFEST 2018 yang diselenggarakan pada 26 - 27 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center.

Mengusung tajuk "THENEXTDEV", IDEAFST 2018 menyatukan generasi muda kreatif dalam beberapa kegiatan seperti Conference, Ideatalks, Texpo yang merupakan ajang pamer para penggagas startup berbasis teknologi, hingga O2O Bazaar dengan suguhan produk-produk lifestyle terkini.

Jumat, 26 Oktober 2018, Presiden Joko Widodo secara resmi membuka IDEAFEST 2018. Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan pesan bagi generasi kreatif Indonesia, "smart ideas need smart execution". Di hari pertama penyelenggaraan IDEAFEST 2018 tersebut, ada beberapa highlight acara yang patut disimak. Presentasi dari Erick Thohir sebagai Ketua INASGOC menjadi salah satu daya tarik yang paling dinanti para peserta Ideatalks. Kesuksesan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu menjadi key points yang menginspirasi banyak orang.




Presiden Joko Widodo membuka IDEAFEST 2018 "THENEXTDEV"/ dok. Ideafest


Presentasi Erick Thohir mengenai kesuksesan Asian Games 2018/ @ideafestid

Dari dunia desain, desainer Hadistian Emirul (dari biro Whatever Workshop), seniman grafis Sandy Karman, Kendra Paramita, dan Harumi Haryoto menyampaikan materi bagaimana desain menjadi bahasa ide yang efektif untuk menarik perhatian masyarakat baik untuk kepentingan marketing maupun sosial.

Selain membahas mengenai pentingnya kualitas produk dan sikap entrepreneur, dari topik yang disajikan oleh Iwet Ramadhan, Bagus Rochadiat, dan Maria Hermina peserta talkshow bisa mendapat inspirasi geliat ekonomi melalui industri kreatif memang menjanjikan.

Masih dari sesi Ideatalks, Hadi Ismanto (Manual Jakarta), Trivet Sembel (Proud Project), Kenneth William (Folkative), Adystra Bimo (Runhood), dan David Irianto (Greatmind.id) mengemukakan tentang bagaimana konten mampu menciptakan hubungan dua arah antara kreator dengan audience sebagai kunci terwujudnya engagement yang kuat bagi sebuah brand, persona, atau media.

Anda mungkin penasaran dengan orang-orang di balik Kopi Tuku, Eatlah yang terkenal dengan salted egg chicken-nya, atau Holycow? Di Ideatalks, Riesky Vernandes, Charina Prinandita, Michael Chrisyanto (Eatlah), Andanu Prasetyo (Kopi Tuku), dan Lucy Wiryono (Holycow! Steakhouse by Chef Afit Group) berbagi inovasinya mengembangkan makanan siap saji fenomenal.





Dari sesi Conference, Ferdy Nandes selaku Head of Emerging Markets & SMB-Indonesian & Philippines of Facebook menyampaikan materi yang sangat inspiratif seputar konten dan bagaimana konten tersebut menjadi konsumsi yang memiliki daya viral kuat di masyarakat. Inspiring!


Presentasi yang disampaikan oleh Ferdy Nandes selaku Head of Emerging Markets & SMB-Indonesian & Philippines of Facebook mengenai tren konten untuk mobile/ @ideafestid

Sebagai puncak acara, Satu Indonesia Awards menjadi penutup IDEAFEST 2018. Para penggagas inovasi di Indonesia dari berbagai bidang menerima penghargaan sebagai apresiasi inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat.