Dalam merancang desain sebuah kamar, elemen pencahayaan merupakan salah satu aspek yang dapat Anda gunakan sebagai focal point. Memilih jenis dan model lampu yang tepat untuk kamar tidur Anda akan berguna untuk menghadirkan keselarasan gaya dari keseluruhan isi rumah dengan sentuhan personal yang intim. 





Mulai dari chandelier yang megah hingga pilihan table lamp yang simpel namun berkarakter bisa anda aplikasikan untuk membuat kamar tidur Anda lebih nyaman secara pandangan dan nuansa yang dibangun. Berikut adalah pilihan jenis elemen pencahayaan untuk menambah keindahan kamar tidur.


1. Flush Mount Lamp


Buat Kamar Tidur Lebih Menarik Dengan 7 Lampu Ini

Homelava


Flush mount merupakan jenis pencahayaan yang sering digunakan dalam rancangan interior kamar tidur. Terletak di bagian ceiling, instalasi jenis lampu ini biasanya menggunakan bohlam yang ditutup dengan cover bermaterial plastik atau kaca dengan motif sulur daun. Flush mount lamp akan dapat terlihat cantik jika dipasang di kamar tidur yang memiliki langit-langit yang rendah, sehingga cahaya yang terpantul bisa lebih maskimal.


2. Pendant Lamp


Buat Kamar Tidur Lebih Menarik Dengan 7 Lampu Ini

Homes to Love


Dalam menghadirkan gaya kontemporer pada kamar tidur, tentu diperlukan elemen-elemen yang mendukung. Salah satunya adalah pendant lamp. Kehadrian lampu yang menggantung ini sangat membantu dalam meningkatkan kesan dramatis pada kamar tidur. Selain itu, Anda pun bisa menempatkan lampu ini di berbagai tempat, seperti di bagian tengah ceiling atau menjuntai hingga hampir menyentuh bedside table.

 

3. Chandelier


Buat Kamar Tidur Lebih Menarik Dengan 7 Lampu Ini

Scout & Nimble


Keberadaan chandelier pada ruangan di rumah Anda, tentu akan secara otomatis menghadirkan kesan elegan, mewah, serta dramatis. Tersedia dalam beragam ukuran dan model, menyematkan jenis lampu ini ke dalam kamar tidur merupakan alternatif yang sangat cocok untuk menghidupkan nuansa klasik. Pastikan ceiling memiliki tinggi yang cukup sebelum Anda memasang chandelier di dalam kamar tidur agar tidak terlihat sesak.


4. Ceiling Fan




Buat Kamar Tidur Lebih Menarik Dengan 7 Lampu Ini

Lamp and Light


Mungkin saat ini menyematkan lampu pada ceiling fan bukanlah alternatif yang cukup digemari. Namun, Jika Anda ingin memulai untuk mengurangi penggunaan AC yang punya dampak buruk pada lingkungan, elemen pencahayaan jenis ini merupakan pilihan terbaik untuk berada di dalam hunian. Instalasi ceiling fan akan terasa sangat selaras dengan desain kamar yang memiliki jendela dengan bukaan luas.

Namun, Anda pun dapat mengaplikasikannya dengan gaya lain, seperti country house atau modern farmhouse.


5. Floor Lamp


Buat Kamar Tidur Lebih Menarik Dengan 7 Lampu Ini

Sim Dream Homes


Menghadirkan floor lamp pada kamar tidur Anda merupakan pilihan cerdik dan aman agar tetap terang dan juga stylish. Dengan tinggi berkisar di antara 100 hingga 150 sentimeter, tentu keberadaan lampu ini tidak akan memakan tempat. Floor lamp juga bisa Anda gunakan sebagai sumber penerangan untuk membaca dengan meletakannya di bagian nightstand.


6. Table Lamp


Buat Kamar Tidur Lebih Menarik Dengan 7 Lampu Ini
Rumarusa


Jika Anda telah membeli nightstand untuk dekorasi ruang kamar tidur, jangan lupa lengkapi meja tersebut dengan table lamp. Mulai dari yang berukuran kecil, sedang, hingga agak besar, Anda bisa menata dan menerangi ruang sesuai dengan luasnya kamar tidur yang dimiliki. Agar lebih memikat, pilih table lamp yang memiliki bentuk atau motif yang unik. 


7. Wall Scones



Alternatif lainnya dalam menghadirkan elemen pencahayaan yang menarik pada kamar tidur adalah dengan menggunakan wall scones. Lampu dinding ini sering ditemui berada di sisi ranjang. Hadir dalam beragam model, lampu wall scones sangat cocok untuk memaksimalkan gaya kontemporer yang diusung pada kamar tidur Anda.


Foto teaser: dok. Ivory and Deene