Terletak di Pattaya, Thailand sebuah sekolah khusus anak-anak penyandang tunanetra. Pattaya Redemptorist School di desain berbeda dari taman kanak-kanak pada dasarnya, sekolah ini telah dilengkapi oleh fasilitas multi-sensor yang canggih.







Baca juga, Lolipop Manis di Gedung Taman Kanak-Kanak. Mau Coba?




Bekerja sama dengan Pre-Braille Curricula sekolah ini mengedepankan bentuk-bentuk multi sensor yang sederhana dengan berbagai macam ukuran, material, berat hingga bentuk yang kompleks seperti binatang. Bentuk-bentuk ini diletakkan di sebuah lapisan yang terdapat dalam ruangan.




Selain itu terdapat kapsul beraroma yang dirancang untuk mengajari siswa tentang potensi bau asa, dari kebakaran api, kebocoran gas dan lain-lain. Spesialis suara membuat rekaman binaural dari berbagi lingkungan untuk merangsang persepsi siswa tentang dunia.



Pencahayaan dirancang untuk berolahraga dan merangsang visibilitas pada anak-anak low vision. Terdapat lantai yang bertuliskan huruf braille, Thailand, Inggris dan angka untuk pengenalan braille dasar.


Baca juga, Desain Taman Kanak-Kanak yang Buat Senang di Vietnam





Proyek ini dimaksudkan untuk menjadi prototype untuk fasilitas multi-indera dengan biaya yang hemat dan ditujukan khusus untuk setiap individu dapat tumbuh dan berkembang. 


Sumber foto + teaser: Dok. Archdaily