Sudah 4 tahun Badan Ekonomi Kreatif Indonesia atau dikenal dengan nama Bekraf hadir sebagai fasilitator antara pemerintah, penggiat kreatif Nusantara, serta publik.


Melalui acara Bincang Bersama Bekraf yang berlangsung pada 27 September 2019, institusi ini berbagi beragam pencapaian yang telah diraih selama beberapa tahun belakangan ini. Begitu pula rencana di masa mendatang yang patut disimak oleh masyarakat Indonesia.




Paviliun Indonesia di Venice Art Biennale 2019 / Bekraf

Paviliun Indonesia di Venice Art Biennale 2019 / Bekraf


Tersinyalir pada akhir tahun 2018 ekonomi kreatif menyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar 1.105 triliun rupiah. Hal ini berangkat dari serangkaian kegiatan dan program yang mengayomi berbagai industri kreatif di Indonesia. Dimulai dari arsitektur, desain interior, aplikasi, game developer, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, hingga televisi serta radio.


Bersama Bekraf, insan kreatif Indonesia turut memupuk reputasi di kancah internasional melalui ajang seperti Salone del Mobile Milano, Maison et Objet Paris, Archipelageek, Venice Biennale, dan masih banyak lagi.


Baca juga, Indonesia Ikut Pameran Salone del Mobile 2018 di Milan


Salah satunya adalah dalam industri kriya serta furnitur, program IKKON telah banyak membantu menjembatani pengrajin lokal dan konsumer. Tak luput pula program IDentities yang turut hadir pula di Pameran Casa Indonesia 2019 membawa dua puluh brand lokal yang terpilih melalui open call.






Baca juga, Perayaan 1 Dekade, Pameran Casa Indonesia 2019 Dibuka!


Bapak Triawan Munaf selaku ketua Bekraf dalam kesempatan ini berbagi akan partisipasi Indonesia dalam menyemarakkan ekonomi kreatif di kancah internasional. Salah satunya adalah keikutsertaan dalam World Conference on Creative Economy (WCCE) 2020 di Dubai mendatang. Forum ini dahulunya diprakarsai oleh Bekraf pada tahun 2018 dan diselenggarakan di Bali, Indonesia.


Tak luput pula, kehadiran Bekraf Festival 2019 di Benteng Vastenburg, Solo dalam tema Kita, Kaya, Karya sejak tanggal 4 hingga 6 Oktober 2019. Sejumlah karya kreatif ciptaan kolaborasi para pengrajin lokal dihadirkan bersama dengan serangkaian kegiatan interaktif seperti talkshow, workshop, dan seminar).






Foto Teaser: Bekraf Festival 2019 di Solo / Bekraf