Berpredikat sebagai festival kreatif terbesar di Indonesia, Ideafest kembali hadir di tahun ini dan digelar selama empat hari. Terselenggara di Jakarta Convention Center pada tanggal 3 hingga 6 Oktober 2019, event besutan Samara Live ini mengusung tema “Age of Pride” sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat untuk selalu bangga dan terus mendukung perkembangan serta inovasi industri ekonomi kreatif di Indonesia. 


Ideafest 2019, Ajak Generasi Muda Banggakan Indonesia




Ben Soebiakto selaku Co-Chairman Ideafest menerangkan bahwa dari tahun ke tahun, gelaran ini selalu disambut hangat oleh berbagai pihak, terutama para generasi muda kreatif baik dari dalam maupun luar negeri. Ia pun menambahkan, selaim terselenggara selama empat hari, Ideafest tahun ini juga menghadirkan 7 program inspiratif.

Program-program tersebut meliputi pertunjukan seni, musik, dan comedy show, serta conference dan talk show yang diisi lebih dari 360 speakers sebagai peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 




Baca juga: Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019

Kembali bekerja sama dengan Astra, Ideafest 2019 tetap menghadirkan SATU Indonesia Awards. Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi kepada anak bangsa yang memiliki ide-ide cemerlang dan semangat dalam mengembangkan potensi kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan ekonomi kreatif di Indonesia yang juga divisualkan dalam booth SATU Indonesia di area IdeaXperience. 

Selain Astra, Ideafest 2019: Age of Pride juga didukung penuh oleh Indofood, Grab Indonesia, AXA Financial Indonesia, Samsung Indonesia, dan Blibli.com. Serta CASA Indonesia merupakan salah satu media partner untuk festival kreatif terbesar di Indonesia tersebut.




Ideafest 2019, Ajak Generasi Muda Banggakan Indonesia


Baca juga: Interni Asia Divine Touch, 25 Years of Weaving Luxury


Selain itu, Ideafest juga menghadirkan instalasi-instalasi instagrammable, seperti booth Indofood yang berisikan 11 varian rasa mie dari 7 negara seperti Nigeria, Saudi Arabia, Australia, Korea, Tiongkok dan negara lainnya. Lalu ada booth DCODE Progressive Lab yang berada di IdeaXperience yang lengkap dengan art installations, experimental artworks, serta live performances dari RAN dan Maliq & D'essentials.


Ideafest 2019, Ajak Generasi Muda Banggakan Indonesia


Blibli.com juga menampilkan O2O Market yang menaungi brand-brand lokal berkualitas dalam naungan Big Start Indonesia.



Teks: Ichsan Ramadhan & Desy Rufaida

Foto: dok. CASA Indonesia