Pada 14 Oktober 2019 Garuda Indonesia resmi meluncurkan seragam tematik awak kabin yang akan digunakan pada penerbangan spesial bertajuk “Tenun Flight”. Pada kesempatan ini, Ari Ashkara selaku direktur utama Garuda Indonesia menyampaikan bahwa Tenun Flight adalah salah satu upaya Garuda Indonesia dalam memperkenalkan pesona keragaman budaya Indonesia, khususnya keindahan kain tenun asli Indonesia ke tingkat dunia.


Tenun Flight, Penerbangan Tematik dari Garuda Indonesia

Ari Ashkara menjelaskan maksud dari Tenun Flight / CASA Indonesia




"Tenun Flight ini kami harapkan dapat menjadi sebuah pengalaman baru yang berkesan bagi pengguna jasa dalam menikmati layanan penerbangan dengan sentuhan nuansa etnik nusantara melalui hadirnya seragam tematik khas tenun Indonesia yang kami representasikan melalui konsistensi standar layanan bintang 5 khas Garuda Indonesia," ujar Ari Ashkara.


Baca juga: Kemewahan BMW 7 Series Hadir di Kabin Pesawat


Puspa Nusantara

Dalam merealisasikannya, Garuda Indonesia berkolaborasi dengan Ikat Indonesia dan pengrajin tenun dari berbagai daerah guna menghasilkan seragam bertajuk “Puspa Nusantara”.


Tenun Flight, Penerbangan Tematik dari Garuda Indonesia

Ari Ashkara, Didiet Maulana, dan Jodie O’tania selaku Director of Communications BMW Group Indonesia berfoto bersama awak kabin Garuda Indonesia


Didiet Maulanafounder dan designer Ikat Indonesia menjelaskan bahwa seragam awak kabin wanita memiliki motif tenun bercorak floral yang menggambarkan jalinan cinta, sementara bentuk seragam terinspirasi dari kebaya Kartini yang digabungkan dengan budaya peranakan dan budaya Bali. Seragam ini juga dipadukan dengan senteng di bagian pinggang, serta model lengan melebar menyerupai sayap burung Garuda.


Sedangkan seragam awak kabin pria terinspirasi dari beskap yang dipadukan dengan scarves pada leher serta kain lurik berbagai warna pada kantung dada. Hal ini dilakukan guna memadukan gaya busana tradisional dengan style internasional.




Tenun Flight, Penerbangan Tematik dari Garuda Indonesia

Awak kabin Garuda Indonesia mengenakan seragam Puspa Nusantara


Adapun rute spesial “Tenun Flight” diantaranya Jakarta - Denpasar, Denpasar - Jakarta, Makassar - Jakarta, Jakarta - Yogyakarta, dan Jakarta - Singapura pada nomor penerbangan tertentu.


Baca juga: 10 Pantai Terindah di Bali yang Cocok untuk Liburan


Produk Terbaru BMW

Pada kesempatan kali ini BMW Indonesia selaku mitra strategis Garuda Indonesia turut memeriahkan rangkaian acara dengan merilis sedan sporty terbarunya, yakni All-new BMW 320i Sport yang dapat Anda pesan melalui dealer resmi BMW Indonesia.


Tenun Flight, Penerbangan Tematik dari Garuda Indonesia

Ari Ashkara bersama jajaran direktur BMW Indonesia dalam peluncuran varian terbaru BMW


Teks oleh Hanif Aditya
Foto dan Teaser dok. Garuda Indonesia