Perkembangan dunia arsitektur semakin pesat melaju setiap harinya di berbagai belahan dunia. Tidak hanya para arsitek, banyak pihak seperti pemilik bangunan bahkan masyarakat menginginkan kehadiran objek arsitektur yang menarik untuk dipandang, unik, dan dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 


Saat ini, sudah banyak tersebar bangunan-bangunan dengan konsep dan desain yang memukau, terutama pada bagian fasad. Di ranah mancanegara, rancangan arsitektur tersebut merupakan sebuah tren yang akan selalu berkembang. Hal ini terbukti dengan kehadiran 10 bangunan dengan fasad unik yang menggunakan pola repetitif.




1. The Illusion – Seoul


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

The Illusion


Firma arsitektur asal Korea, OBBA merancang bangunan perkantoran ini dengan cladding cermin yang bentuknya menyerupai bongakahan-bongkahan berlian. Profil tersebut berperan sebagai metode refleksi untuk para salaryman yang berpenampilan monoton dengan pantulan gambar yang terpisah-pisah, sehingga rutinitas yang dijalani dapat terasa lebih menyenangkan.


2. 10 Jay Street Offices – New York


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

10 Jay Street Offices


Menghadap ke arah kanal dekat Manhattan Bridge, gedung di 10 Jay Street kini telah menjadi landmark baru kota New York. Firma arsitektur ODA merancang bangunan ini dengan semangat masyarakat kota yang terkenal gigih. Selain itu, desain gedung yang berada di 10 Jay Street Offices ini juga melambangkan lingkungannya yang dinamis dan terbuka.


3. 210 Pacific St by NAVA – Brooklyn


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

210 Pacific St by NAVA


Berperan sebagai bangunan residensial, Nava merancang sebuah apartemen di kawasan 210 Pacific Street, Brooklyn dengan fasad penuh jendela dalam berbagai bentuk. Dengan konsep sustainable living, jendela-jendela yang teraplikasi tidak hanya menghadirkan kesan bangunan yang kontemporer. Jendela tersebut dipilih guna mengefisiensi konsumsi energi listrik para penghuni.


Baca juga: Snøhetta Rancang Jantung Baru di Philadelphia


4. Torre Forma ITAIM – Sao Paolo


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

Torre Forma ITAIM


Sebagai apartemen di kawasan padat penduduk Sao Paolo, bangunan ini membutuhkan sebuah sentuhan desain yang membuatnya stand out di antara residential tower lainnya. Memiliki 123 unit apartemen, B270 Arquitectos mengelompokkan setiap tipe di lanta berbedai dengan warna-warna variatif. Warna-warna tersebut hadir dalam pola vertikal yang juga seakan membuat bangunan terlihat lebihtinggi.


5. Powerhouse Brattorkaia – Trondheim


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

Powerhouse Brattorkaia


Salah satu inovasi yang terus berkembang dalam perancangan bangunan adalah konsep sustainable living. Snohetta mencoba untuk memaksimalkan sumber daya alam untuk menghasilkan energi pada bangunan Powerhouse Brattorkaia di kota Trondheim. Fasad yang didominasi dengan glazed window ini memberi keselarasan pada keberadaan panel surya sebagai pembangkit energi utama.




6. Sant Pau Hospital Research Institute – Barcelona


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

Sant Pau Hospital Research Institute


Institusi riset di Sant Pau Hospital Barcelona digadang-gadang sebagai paramater dalam bidang global sustainability. Hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran fasad bangunannya yang simple dan efisien. Menggunakan panel yang terbuat dari lapisan keramik, fasad bangunan ini dapat mereduksi hawa panas berlebih tanpa mengurangi intensitas cahaya yang dibutuhkan untuk ruang riset para ilmuwan.


7. Palacio de Santa Catarina – Lisbon


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

Palacio de Santa Catarina


Istana kerajaan yang kini menjadi sebuah hotel dan landmark kota Lisbon ini telah selesai direnovasi. Trip Arquitectura menghadirkan paduan garis desain kontemporer pada fasad bagian timur dengan rancangan sebelumnya yang kental dengan nuansa kolonial. Sang arsitek menggunakan material batu lioz yang disusun secara vertikal dan rapat mengikuti kontur landai atap bangunannya. 


Baca juga: Parkir Sepeda Bawah Tanah Hadir di Belanda


8. Aranya Art Center – Qinhuangdao


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

Aranya Art Center


Karang yang berdiri tegak adalah inspirasi untuk Aranya Art Center di Gold Coast Qinhuangdao, TIongkok. Galeri seni karya Neri&Hu ini memiliki fasad bermaterialkan beton yang disusun dengan bentuk persegi dan beberapa dibuat terbuka agar cahaya matahari dapat menyinari interiornya.


9. URBO Business Center – Porto


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

URBO Business Center


Berada di kawasan metropolitan di kota Porto, bangunan perkantoran ini merefleksikan dinamisnya lingkungan sekitar melalui tampilan fasadnya. Garis-garis eksentrik berwarna putih bermaterialkan baja menyelimuti fasad kaca bangunan pusat bisnis tersebut yang menghadirkan ritme dinamika dari para penghuninya.


10. Liverpool Department Store – Merida


10 Bangunan Dengan Fasad Berpola Repetitif di Dunia

Liverpool Department Store


Pusat perbelanjaan paling populer di Merida, Mexico ini tenar berkat desainnya yang bergaya kontemporer. Miguel de la Torre Arquitectos menggunakan 3 modul plat besi berbentuk segitiga sebagai material utama fasadnya. Modul tersebut disusun secara berulang kali sehingga membuat sebuah tekstur yang berundak-undak


Foto teaser: dok. Powerhouse Brattorkaia