London Design Festival kembali hadir untuk ke 17 kalinya tahun ini, sebuah festival tahunan yang diselenggarakan dari tanggal 14 sampai 22 September 2019 lalu menampilkan lebih dari 400 instalasi, pameran dan beragam acara seperti talkshow dan workshop yang turut memeriahkan acara. 







Selebrasi desain ini juga meliputi instalasi-instalasi menarik, seperti koleksi furnitur bertema ruang angkasa yang dibuat oleh Lara Bohinc yang dipamerkan di abad ke-18 townhouse,dan masih banyak instalasi lainnya. Namun, terdapat karya hasil kolaborasi transportasi London bersama Kirkby Design.


Baca juga, London Penuh Warna Berkat Kehadiran The Standard




Kirkby Design sendiri merupakan bagian dari sebuah bisnis keluarga yang dijalanankan dari tahun 1902, The Romo Group. Terkenal dengan keragaman kain, pelapis dinding, hingga hiasan dan aksesori, Romo Group pun turut melahirkan Kirkby Design pada tahun 2009. Sebagai perpustakaan sumber daya kain modern, Kirkby tetap menanamkan nuansa kontemporer tajam yang diwarnai oleh palet canggih. 






Kali ini, Kirkby Design berkolaborasi dengan Transport for London (Tfl), untuk menyulap kereta bawah tanah London 1967 yang dipamerkan di London Design Fetival 2019. Mengecat ulang bagian luar dengan cat berwarna mint dan merah muda yang lembut, palet warna ini juga digunakan untuk bagian dalam kereta.


Baca juga, Foster + Partners Rancang 4 Stasiun Haramain di Arab


Stylish Hannah Bort juga turut membantu mengerjakan detail, seperti mengubah pegangan dari plastik menjadi pegangan berwarna emas. Semua gambar yang berada di dalam kereta ini juga didesain ulang dengan pemasangan yang sangat hati-hati, tujuannya untuk tetap melindungi poster dan pesta asli yang berada di bawahnya, ujar Jordan Mold direktur Kirkby Design. 




Transformasi kereta tua bawah tanah, Underground Vol.II ini menampilkan kurasi tujuh desain berbeda yang berasal dari masing-masing jalur transportasi London. Setiap desain dalam tujuh pelapis jok ini juga turut menghadirkan sentuhan modern pada cetakan arsip asli dari London Transport Museum.


Sumber foto + teaser: Dezeen