Beberapa attraction di Forum des Halles, Paris memang tidak perlu diragukan. Kali ini Adidas membuat arena basket di dalam pusat perbelanjaan dengan visual yang menakjubkan.





Meski menggunakan layout yang sama seperti lapangan basket pada umumnya, namun instalasi ini memiliki nilai estetika yang jauh lebih bermakna, khususnya bagi para penikmat seni dan desain. Berkat lintasan besi setengah lingkaran, arches and hooks, dan visual yang sensual menjadikannya lebih spesial dibandingkan arena basket lainnya.


Intip Lapangan Basket Yang Penuh Sensualitas

Potret lintasan besi setengah lingkaran pada court glow-up


Doppel Studio selaku firma desain yang merancang instalasi ini menjelaskan bahwa instalasi ini bertujuan untuk mengasah kemampuan atlet muda dalam menghadapi berbagai situasi saat pertandingan basket.


Intip Lapangan Basket Yang Penuh Sensualitas

Lintasan besi dan bola basket pada instalasi court glow-up


Intip Lapangan Basket Yang Penuh Sensualitas

Potret instalasi court glow-up




“Kemampuan aim, speed, dan instinct pada pemain basket sangatlah diperlukan. Ini yang menjadi motivasi kami untuk menghadirkan fasilitas latihan dengan fitur totemic forms dan kinetic facility yang terinspirasi dari labyrinth of balls” ungkap Jonathan Omar selaku co-founder Doppel Studio.



Doppel Studio juga menambahkan bahwa court glow-up merupakan salah satu dampak dari LeBron effect. Meski court glow-up sudah tidak dibuka untuk publik, namun instalasi ini telah berhasil memprovokasi gerakan serupa melalui publikasi yang baik, khususnya melalui engagement di media sosial.


Intip Lapangan Basket Yang Penuh Sensualitas

Sisi lain instalasi court glow-up


Pada sisi lain, instalasi ini telah menjadi bukti konkret bahwa seniman juga dapat berkontribusi dalam menghadirkan inovasi pada dunia olahraga. Adidas berharap kesuksesan instalasi ini juga dapat mendongkrak popularitas sportswear sebagaimana yang terjadi pada perkembangan tren streetwear di dunia.


Intip Lapangan Basket Yang Penuh Sensualitas

Detail instalasi court glow-up


Baca juga: Wow! Lapangan Basket ini dilukis, Ini Hasilnya!


Teks oleh Hanif Aditya
Foto dan Teaser oleh Doppel Studio