Seperti rumah dan taman bermain anak-anak, Avenue Green Sheshan School yang berada di Shanghai terbentuk dari lingkungan sosial interaktif. Warna natural yang dipadupadankan dengan warna biru sering ditemukan di sini, tujuannya untuk mendorong anak-anak ini melakukan hal kreatif dan juga membantu meningkatkan kecerdasan emosional.







Dibuat berdasarkan bayangan terhadap bagaimana anak-anak dan guru akan menggunakan tempat ini pada nantinya. Eksplorasi interaksi terhadap anak-anak, guru, dan orang tua pun dilakukan untuk melihat interaksi apa yang akan dilakukan di area ini. Terdapat area terbuka untuk orang tua menunggu dan beristirahat saat anak-anak sedang bermain.


Baca juga, Gemas dan Edukatif, Ini Desain TK Tunanetra di Thailand




Kombinasi ringan dari kayu dan warna pucat yang menghiasi tempat ini pun berhasil untuk memberikan rasa hangat seperti rumah. Elto Consultancy sebagai desainer interior memang sengaja membuat kesuluruhan ruangan ini menjadi tempat bermain yang besar namun tetap nyaman. Dengan adanya perosotan melengkung di tengah ruangan juga menggambarkan rasa penasaran anak-anak terhadap sesuatu hal dan menggali eksplorasi mereka tanpa batas yang dimulai dari diri sendiri.




Pertimbangan persepsi dan perasaan anak-anak saat berurusan dengan detail desain dan konsep keseluruhan dari taman kanak-kanak juga diperhatikan di sini. Pemanfaatan sinar matahari yang digunakan, bukan hanya menerangi ruangan disaat siang hari tetapi menciptakan rasa damai dan senang yang alami. 






Desain sekolah yang mendorong anak-anak bereksplorasi dan berinteraksi dengan berbagai elemen ini telah menciptakan beberapa zona yang berbeda dengan kegiatan yang berbeda.


Baca juga, Lolipop Manis di Gedung Taman Kanak-Kanak. Mau Coba?




Seperti anak-anak dapat bermain petak umpet di sebuah gubuk kecil yang berada di dalam ruang besar. Atau mezanin yang terdapat jaring-jaring untuk membuat anak-anak memanjat sehingga melatih fisik mereka. Ditambah dengan furnitur yang telah dipilih sesuai dengan tinggi anak, karena setiap elemen yang terdapat di dalamnya dapat membawa nilai emosional serta memberi anak-anak persepsi yang berbeda akan konsep rumah.


Sumber foto + teaser: archdaily, designboom.