Pameran industri hospitality dan desain satu-satunya di Indonesia, Hospitality Indonesia resmi dibuka Rabu (23/03) kemarin di Hall A Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta.


Baca juga: Manjakan Seluruh Indera Dalam Pameran The Art of Bloom







Pameran yang digelar di atas area seluas 8000 meter persegi ini mengumpulkan lebih dari 100 peserta pameran yang terdiri dari tiga sektor; Furniture & Craft Indonesia, Mozaik Indonesia, dan Hotel Sourcing Indonesia.


“Dengan mengusung konsep Business To Business (B2B),” ujar Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional, Bambang Setiawan, “Hospitality Indonesia akan menjadi pendorong meningkatnya transaksi bisnis antara pelaku industri hospitality dengan para buyers, baik lokal maupun internasional.”


Daya tarik Hospitality Indonesia 2019 salah satunya dihadirkan oleh Bramble Furniture. Berkolaborasi dengan desainer Eugenio Hendro, dua instalasi berbentuk lobi hotel dengan tajuk The Lobby diluncurkan.




Instalasi pertama yakni “Sea” menampilkan interior dominan biru dengan koleksi furnitur Bramble seperti wing chair, cabinet, dan dekorasi cermin sirkular mengekpresikan tampilan bahari modern yang hidup.




Instalasi kedua yakni “Land” menampilkan interior dominan hijau yang lebih menampilkan sisi tradisional dari desain Eugenio. Penggunaan sofa dengan aksen anyam pada tiap sisinya dan chandelier kayu adalah point of interest dari instalasi tersebut.






Studio Akar, konsultan desain lanskap juga menampilkan karya instalasi berupa thematic garden seukuran 3x3 untuk hunian-hunian urban dengan halaman terbatas. Proyek instalasi tersebut didesain oleh Mulya Hareza. 


Baca juga: Menjelajahi Kota Budaya Bersama Art&Design Trip #2


Sebagai background, Mulya menempatkan vertical garden berisi ragam tanaman, seperti monstera, philodendron, likuala grandis, dan kuping gajah.




Mulya mengingatkan karena instalasi ini merupakan thematic garden, pemilihan tanaman bisa disesuaikan tergantung tema warna yang diinginkan.


Studio Akar juga berkolaborasi dengan merk furnitur Pineapple untuk menampilkan dua kursi outdoor yang berbentuk seperti jamur berkat rangkaian anyaman tali berpalet cerah yang terkembang. Penggunaan kaki-kaki aluminium warna hitam yang menyatu dengan warna latar memunculkan ilusi kursi yang mengambang.


Penggunaan batu split dikombinasikan dengan beton berpola memunculkan kesan natural pada instalasi. Tidak hanya itu, batu split juga dapat memberikan pengalaman berdiri di tempat yang “selalu bergerak”.


Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan pada pameran Hospitality Indonesia 2019 adalah produk-produk furnitur eksentrik dari booth Parjo Garage. Parjo yang dulu fokus kepada sparepart otomotif dan custom builder kini mulai merambah ke produk-produk furnitur. Untuk pameran kali ini Parjo Garage berkolaborasi dengan Hendra Hakim Harahap, owner dan desainer dari HTHREE Custom Garage untuk membawa karyanya, classic car sofa.




Sofa yang tampilannya mereproduksi bodi belakang mobil klasik ini dapat menegaskan kesan industrial untuk hunian Anda. Berbeda dengan kebanyaka kriyawan classic car sofa yang menggunakan fiber sebagai material utama, Hendra menggunakan plat menyesuaikan dengan material asli mobil itu sendiri.


Foto & teaser dok. MFA, Hospitality Indonesia, Bramble Furniture