Bagi para penyuka alam dan tanaman segar, memiliki tanaman hias di rumah bisa menjadi sebuah hobi yang menyenangkan. Banyak orang memelihara tanaman hias karena keindahannya serta aksen segar yang dibawanya ke dalam rumah. Tetapi, selain sebagai hiasan, ada beberapa tanaman hias yang memiliki banyak fungsi dan khasiat kesehatan. 


Contoh tanaman hias yang dapat dipelihara untuk berbagai manfaat kesehatan adalah tanaman Cocor Bebek, atau dikenal dengan nama ilmiahnya yaitu Kalanche pinnata atau Bryophyllum pinnatum. Daun tanaman ini tebal karena mengandung air dan dianggap memiliki tampilan unik dan indah. Cocor Bebek juga dapat berbunga majemuk kecil berwarna merah muda, maka itulah banyak orang memeliharanya sebagai hiasan cantik di rumah. 




Tanaman Hias Cocor Bebek Bisa Sembuhkan 11 Penyakit CASA Indonesia 1

Aisha nadin


Cocor Bebek berasal dari Madagaskar. Namun, tanaman ini sekarang juga sering ditemukan di Asia, Australia, Selandia Baru, Hawaii, serta tempat lainnya yang memiliki iklim panas dan lembap yang mendukung pertumbuhannya. Daun Cocor Bebek yang mengandung banyak khasiat kesehatan tersebut memiliki fungsi ganda yaitu tempat fotosintesis dan tempat tumbuhnya tunas untuk berkembang biak.


Tanaman Hias Cocor Bebek Bisa Sembuhkan 11 Penyakit CASA Indonesia 2

Santiago Mailhos

Tanaman Hias Cocor Bebek Bisa Sembuhkan 11 Penyakit CASA Indonesia 3

Gardener's Path


Tetapi, apakah Anda tahu bahwa selain nilai keindahannya, Cocor Bebek juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang dapat dipergunakan? Yuk, simak artikel berikut!


Manfaat Kesehatan Tanaman Cocor Bebek :


1. Memiliki Kandungan untuk Menyembuhkan Luka

Daun Cocor Bebek memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri di dalamnya. Kandungan ini memiliki fungsi yang serupa dengan antiseptik sehingga sangat tepat digunakan untuk menyembuhkan luka. Hal ini dapat dilakukan dengan menumbuk daun Cocor Bebek hingga halus lalu mencampurkannya dengan sedikit air. Ketika sudah tercampur hingga adonan menyerupai salep, aplikasikan kepada luka selama beberapa jam.


2. Dapat Menghilangkan Jerawat dan Bisul

Selain untuk luka, kandungan antiinflamasi dan antibakteri dalam tanaman Cocor Bebek juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dan bisul. Untuk mengobati jerawat, daun Cocor Bebek dapat ditumbuk dan dicampur air hangat hingga menyerupai salep lalu diaplikasikan kepada jerawat. Jika menginginkan alternatif yang lebih harum, tumbukan daun juga dapat dicampurkan dengan air mawar. 


Untuk menyembuhkan bisul, tumbuklah daun Cocor Bebek dan campurkan dengan madu serta air hangat. Adonan tersebut dapat diminum sebagai antiseptik dan disisakan untuk ditempel pada bisul yang ada. Dengan cara ini, bisul dapat segera pecah dan mengering. 


Tanaman Hias Cocor Bebek Bisa Sembuhkan 11 Penyakit CASA Indonesia 4

Jamaicans.com


3. Efektif untuk Mengobati Gigitan Nyamuk

Tumbuhan Cocor Bebek juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan nyamuk. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa helai daun Cocor Bebek dan diperas hingga keluar air. Lalu, air tersebut dapat digunakan sebagai obat oles untuk mengatasi gigitan nyamuk.


4. Dapat Mengurangi dan Mengatasi Sakit Gigi

Tanaman ini juga memiliki solusi cepat untuk mengatasi sakit gigi. Tumbuk beberapa dari daunnya hingga halus dan tempelkan hasil tumbukan tersebut ke permukaan pipi dari gigi yang sakit. Dengan sering-sering mengulangi langkah-langkah ini, rasa sakit pada gigi akan berkurang dan hilang secara perlahan. 


5. Ampuh Sebagai Kompres untuk Meredakan Demam

Tumbukan daun Cocor Bebek juga dapat digunakan sebagai kompres ampuh untuk penderita demam. Tempelkan beberapa daunnya yang sudah ditumbuk halus kepada dahi sebagai kompres. Air dari daunnya juga dapat dilumuri ke bagian tubuh lain untuk kompres badan.


Tanaman Hias Cocor Bebek Bisa Sembuhkan 11 Penyakit CASA Indonesia 5

Epps Urban Homestead Farm


6. Bentuk Jus Daunnya dapat Meredakan Batuk Pilek

Sebagai alternatif alami dari obat-obatan kimia, daun Cocor Bebek dapat digunakan dalam resep alami untuk meredakan batuk pilek. Caranya adalah dengan mengambil beberapa helai daun Cocor Bebek yang kemudian dicuci bersih dan dijadikan jus. Walaupun rasanya kurang enak, jus ini sangat manjur mengobati batuk pilek karena Cocor Bebek yang bersifat antibakteri, antivirus, antimikroba, antijamur, antihistamin, dan anafilaksis. 




7. Berlaku Sebagai Obat untuk Meredakan Sakit Kepala

Selain dijadikan jus, daun tanaman ini juga dapat langsung dimakan saja untuk meredakan sakit kepala. Namun, mungkin tidak semua orang dapat langsung menelannya karena tidak memiliki rasa yang terlalu enak. Untuk memudahkan hal ini, Anda dapat merebus daunnya terlebih dahulu. Kemudian, air rebusan daun dapat diminum dan daun juga dapat dimakan sebagai lalapan.


8. Dapat Meredakan Nyeri Amandel

Air perasan dari daun Cocor Bebek berkhasiat mengatasi rasa sakit pada amandel yang bengkak. Caranya adalah dengan berkumur dengan air perasan daun sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Anda tidak perlu khawatir jika sebagian airnya tertelan karena daun dan air kandungan Cocor Bebek memang aman untuk dikonsumsi. Bahkan, menelan air dari daun tanaman ini lebih aman daripada menelan obat kumur kimiawi lain.


Tanaman Hias Cocor Bebek Bisa Sembuhkan 11 Penyakit CASA Indonesia 6

Things Guyana


9. Dapat Meredakan Gejala Ambeien

Daun tanaman Cocor Bebek dapat diramu menjadi obat minum untuk penyakit ambeien. Untuk dijadikan obat, tumbuk beberapa helai daun Cocor Bebek hingga halus dan keringkan hingga seperti bubuk teh. Ketika sudah kering, masukkan satu sendok teh tumbukan daun tersebut dan satu sendok teh madu ke dalam gelas untuk diseduh dengan air panas. Minumlah campuran tersebut hingga gejala mereda. 


10. Mendukung dan Melegakan Pernapasan

Air seduhan daun Cocor Bebek juga dapat berguna untuk melegakan pernapasan, cocok untuk mendukung pengobatan penderita asma. Serupa seperti sebelumnya, potong daun Cocor Bebek hingga kecil-kecil dan keringkan. Kemudian, seduh daun dengan air hangat dan tambahkan madu sebagai pemanis agar lebih mudah meminumnya. 


11. Menjaga Kesehatan

Selain mengobati dan meredakan berbagai macam masalah kesehatan, tanaman Cocor Bebek juga dapat menjaga kesehatan secara umum. Caranya adalah dengan dikonsumsi dalam bentuk apapun. Untuk variasi yang lebih lezat, Anda dapat memasukkan daun Cocor Bebek ke dalam makanan atau minuman lain baik sebagai sayur lalapan, smoothie, maupun teh.  


Tanaman Hias Cocor Bebek Bisa Sembuhkan 11 Penyakit CASA Indonesia 7

Kyle Scholz


Dengan tampilannya yang indah dan bermacam-macam manfaat kesehatannya, Cocor Bebek merupakan pilihan yang sangat baik untuk dijadikan tanaman hias di rumah Anda! Tetapi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara menanam dan merawatnya. Ingin tahu cara membudidayakan Cocor Bebek di rumah? Simak langkah-langkah berikut!


Langkah-Langkah Membudidayakan Tanaman Cocor Bebek : 


1. Gunakan pisau atau gunting tanaman untuk mengambil dua atau tiga helai daun tua Cocor Bebek yang masih bersih tanpa goresan agar dapat dijadikan induk tunas.

2. Siapkan wadah tempat menanam Cocor Bebek ini, baik berupa pot maupun jenis wadah lain.

3. Cuci daun dengan air mengalir lalu letakkan di dalam pot tanaman dengan posisi daun induk menghadap ke cahaya matahari.

4. Tutupi daun yang sudah diposisikan di dalam wadah tersebut dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk.

5. Siram Cocor Bebek yang baru ditanam tersebut dengan cara disemprot menggunakan spray bottle agar dapat melembapkan tanaman tanpa terlalu basah.

6. Dalam waktu beberapa hari, tunas Cocor Bebek akan mulai bermunculan pada sisi-sisi daun induk yang sudah ditanam.


Tanaman Hias Cocor Bebek Bisa Sembuhkan 11 Penyakit CASA Indonesia 8

wearefound


Yuk, percantik rumah Anda dengan tanaman hias indah yang berkhasiat ini!


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : The Indian Med