Dengan terjadinya pandemi dan hadirnya kewajiban untuk social distancing, banyak orang tiba-tiba memiliki waktu luang yang berlipat ganda dibandingkan dengan kehidupan sebelum pandemi. Dalam keseharian yang hampir sepenuhnya dihabiskan di rumah, banyak hobi dan tren baru bermunculan di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah hobi memelihara tanaman hias di rumah.


Sudah banyak tanaman hias yang akhir-akhir ini menjadi viral. Jenis tanaman terbaru yang menjadi tren heboh bagi para penyuka alam dan dekorasi interior adalah tanaman Keladi. Tanaman dengan nama ilmiah Caladium ini adalah jenis tumbuhan yang berasal dari Brazil dan memiliki tampilan indah yang memikat banyak orang. 




Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 1

Florian


Umumnya, daun tanaman Keladi memiliki bentuk yang menyerupai simbol hati. Tanaman dengan daun yang licin dan berlapis lilin ini terkenal memiliki ukuran yang cukup besar. Walaupun begitu, ukuran Keladi tidak pernah lebih dari 1 meter. Karena minat konsumen yang sudah melonjak tinggi, tanaman Keladi kini dijual dengan harga yang mahal, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.


Dulu, tanaman Keladi umum ditemukan di antara tumbuhan-tumbuhan liar. Namun, karena kini telah menjadi viral, banyak orang bahkan rela berburu tanaman Keladi liar hingga ke area-area tumbuhan yang sulit dijangkau. Hal ini dikarenakan harganya yang sudah melonjak tinggi sehingga tidak semua orang mampu atau rela mengeluarkan biaya untuk membelinya. Karena banyak diburu, sekarang tanaman Keladi tergolong sulit didapatkan.


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 2

Casa Vogue


Tertarik untuk memelihara tanaman Keladi di rumah Anda? Sebelumnya, pelajari dulu beberapa pilihan jenis Keladi yang tersedia untuk Anda pilih!


10 Jenis Tanaman Keladi yang Paling Cantik :


1. Caladium Gingerland

Tanaman Keladi ini memiliki daun berbentuk hati dan berukuran kecil hingga sedang. Warna daunnya adalah putih lembut dengan pinggiran hijau tua dan totol-totol merah atau merah muda. 


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 3

Balcony Garden Web


2. Caladium Carolyn Whorton

Daun berbentuk hati pada jenis Keladi ini memiliki warna dasar hijau dengan bercak-bercak merah muda yang dipercantik lagi oleh tulang daunnya yang berwarna merah.


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 4

Florian


3. Caladium Moonlight

Warna daun pada jenis Keladi ini hampir sepenuhnya putih bersih, lantas namanya yang mengacu pada warna cahaya rembulan. Pada warna putih daun, terdapat urat-urat halus berwarna hijau serta pinggiran tipis daun yang juga berwarna hijau. 


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 5

Melissa Campbell


4. Caladium White Christmas

Jenis Keladi ini juga memiliki daun yang didominasi warna putih. Tetapi berbeda dengan Moonlight, jenis Keladi ini memiliki tulang daun yang berwarna hijau pekat sehingga tampil kontras dan kuat dibandingkan dengan warna putih daun. 


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 6

Florian


5. Caladium Miss Muffett

Daun pada jenis Keladi ini umumnya relatif kecil dengan warna dasar hijau muda atau lime. Daunnya juga memiliki bintik-bintik berwarna merah pekat serta tulang daun yang umumnya juga berwarna merah.


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 7

Balcony Garden Web


6. Caladium Freida Hemple

Jenis Keladi yang satu ini memiliki daun yang memancarkan warna pada bagian tengahnya. Warna di bagian tengah daun berupa merah terang hingga pekat yang semakin menyebar dan melebur ke warna hijau pada pinggiran daun. Warna tulang daun sangat serasi dengan warna merah di bagian tengah daun sehingga tulangnya hampir tidak terlihat.


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 8

Florian


7. Caladium White Queen

Daun pada jenis Keladi ini memiliki warna dasar putih dengan pinggiran tipis berwarna hijau. Warna putih daun juga dihiasi urat-urat halus berwarna hijau sementara tulang daun berperan sebagai aksen warna merah pekat yang kontras dengan daunnya.


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 9



Florian


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 10

Balcony Garden Web


8. Caladium Thai Beauty

Jenis Keladi ini sering dijuluki Keladi Batik. Daunnya yang memanjang memiliki warna yang didominasi merah muda. Sedikit warna hijau dapat terlihat pada pinggiran daun dan pada sekitar tulang daun.


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 11

Florian


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 12

Chen Kuntsan


9. Caladium Radiance

Daun pada jenis Keladi ini dikenal mengkilap dengan pinggiran berwarna hijau. Daun Keladi ini umumnya dipenuhi bercak berwarna merah muda dan tulang daun merah pekat. Semakin tua jenis Keladi ini, akan semakin menyebar pula rona merah dari area tengah daun.


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 13

Balcony Garden Web


10. Caladium Spring Fling

Jenis Keladi yang satu ini memiliki warna daun yang didominasi merah muda dengan sedikit hijau pada sekitar tulang dan pinggiran daun. Beberapa contoh jenis Keladi ini memiliki warna hijau yang cukup terlihat sementara contoh lain dapat terlihat seolah daunnya berwarna merah muda polos.


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 14


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 15

Florian


Setiap jenis tanaman Keladi memang memiliki tampilan masing-masing yang unik dan indah. Tetapi, jika Anda tertarik untuk memelihara tanaman Keladi di rumah, ada beberapa informasi yang patut dipelajari terlebih dahulu. Selain memilih rupa Keladi yang Anda sukai, Anda juga sebaiknya mengetahui segala bahaya hama, bahaya penyakit, serta cara merawat tanaman ini dengan baik. 


Hama Tanaman Keladi

Perawatan tanaman Keladi memang tidak sulit, namun bukan berarti tanaman ini bebas hama. Mengenali bahaya hama sejak dini adalah cara penting untuk menyelamatkan tanaman agar dapat kembali tumbuh subur. Cara mengenali kehadiran hama pada tanaman Keladi adalah dari garis tepi daun yang compang-camping. Ini bisa jadi sebuah pertanda bahwa ada hama yang menggerogoti daun.


Hama yang biasanya menyerang tanaman Keladi adalah kutu dan ulat. Untuk mengendalikan hama, Anda dapat mencuci daun hingga bersih menggunakan selang. Jika merasa perlu dibersihkan lebih lanjut, Anda juga dapat mencuci daun menggunakan sabun hortikultura untuk membersihkan kutu daun. 


Sungguh Indah Jenis-Jenis Tanaman Keladi Paling Cantik CASA Indonesia 16

Florian


Penyakit Tanaman Keladi

Penyakit yang menyerang tanaman Keladi akan menyerang umbi karena Keladi merupakan jenis tanaman yang tumbuh dari umbi. Umumnya, penyakit tanaman Keladi timbul akibat jamur patogen seperti spesies Rhizoctonia dan Phytium.


Terdapat sebuah cara untuk mencegah penyakit pada tanaman Keladi, yaitu merendam umbi di dalam air panas. Setelah direndam, diamkan umbi selama 30 menit untuk membunuh jamur yang berbahaya. Saat sudah kering, barulah tanam kembali Keladi Anda dan rawat hingga subur.


Cara Merawat Tanaman Keladi

Tanaman Keladi sebenarnya tidak mudah terkena hama atau penyakit, terutama jika dirawat dengan baik dan teratur.


Berikut beberapa langkah perawatan tanaman Keladi agar dapat tumbuh subur dan optimal :

1. Siram secara teratur sesuai kebutuhan berdasarkan kondisi iklim. 

2. Jaga kebersihan media dan wadah tanaman.

3. Berikan sinar matahari yang cukup sesuai dengan kebutuhan jenisnya.

4. Beri pupuk secara teratur untuk menjaga nutrisinya.

5. Terus perhatikan dan pastikan tanaman bebas hama.


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : Florian