Dalam keadaan pandemi ini, menciptakan lingkungan sehat di dalam rumah adalah hal yang sangat penting untuk diprioritaskan karena mayoritas kegiatan masyarakat yang terikat ke dalam rumah. Demi menjaga kesehatan fisik dan mental, sebaiknya rumah dilengkapi aspek alam yang menyegarkan. Memelihara tumbuhan di rumah dapat membangkitkan semangat melalui pemandangan dan udara yang menyegarkan. 


Selain tampilan yang indah, Anda dapat memilih tanaman hias berdasarkan manfaat kesehatannya. Tanaman obat keluarga, atau biasa disebut tanaman toga, adalah jenis-jenis tanaman yang mudah ditanam di halaman rumah dan dapat memenuhi kebutuhan obat-obatan suatu keluarga. Konsep tanaman toga menciptakan kemandirian bagi keluarga karena dapat menanam, merawat, dan memenuhi kebutuhan kesehatan sendiri. 




Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 1

Satori Design for Living


Walaupun begitu, tidak semua jenis tanaman toga dapat dikonsumsi. Untuk dijadikan pengobatan tetap, penggunaan tanaman toga membutuhkan konsultasi dengan dokter. Masyarakat tetap harus cerdas memilih dan mempelajari cara penggunaan, kadar konsumsi, serta efek samping berbagai tanaman toga kepada tubuh. Yuk, simak jenis-jenis tanaman toga yang aman ditanam dan berkhasiat bagi kesehatan!


Jenis-Jenis Tanaman Toga Berkhasiat :


1. Jintan Hitam


Jintan Hitam adalah tanaman yang terkenal memiliki banyak khasiat kesehatan. Jenis tanaman ini sudah umum digunakan sebagai obat herbal sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi. Sudah banyak ahli dalam bidang pengobatan yang meneliti kandungan serta manfaat Jintan Hitam bagi kesehatan. Sekarang, Anda sudah bisa menemukan banyak variasi produk kesehatan Jintan Hitam, mulai dari serbuk, madu, maupun bentuk lainnya. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 2

Ask a Prepper


Beberapa manfaat utama Jintan Hitam yang banyak diincar orang, terutama dalam masa pandemi ini, adalah kemampuannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menyembuhkan berbagai penyakit pernapasan. Selain itu, Jintan Hitam juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak, mengatasi gangguan tidur dan stress, serta mengobati anialergi dan antihistamin. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 3

wake up world


2. Ginkgo Biloba


Ginkgo Biloba adalah spesies tua yang dulu masih tergolong langka di Indonesia. Sekarang, tanaman ini sudah mulai banyak ditemukan di pasaran Indonesia dengan bibitnya yang dijual mulai dari harga Rp10 ribu. Tanaman ini tergolong besar dengan tinggi mencapai 20-35 meter.


Ginkgo Biloba merupakan bahan utama dalam ramuan pengobatan Cina. Daunnya dapat digunakan untuk membuat kapsul, tablet, ekstrak, dan bahkan dapat dikonsumsi sebagai teh setelah dikeringkan. Khasiat kesehatan Ginkgo Biloba yang membuatnya tenar adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan otak.


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 4

Cliff


Banyak ahli yang mengatakan bahwa Ginkgo Biloba dapat mengobati penderita demensia ringan hingga sedang serta memperlambat penurunan kognisi pada penderita demensia dan Alzheimer. Bahkan, sekarang banyak ahli sedang meneliti dan mencari kegunaan Ginkgo Biloba dalam mengobati diabetes.


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 5

SFGate


3. Lidah Buaya


Tanaman Lidah Buaya adalah spesies yang sudah tenar dalam dunia perawatan kulit dan rambut karena kandungannya yang dapat mencegah penuaan dini. Gelnya yang dingin juga sering digunakan sebagai pereda iritasi kulit dan bahkan dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 6

Plantagen


Selain itu, Lidah Buaya juga mengandung beragam zat bermanfaat yang dapat berguna untuk menyembuhkan sembelit, meredakan batuk, menurunkan tekanan darah tinggi, mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes, serta meredakan asam lambung.


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 7

stylecraze


4. Kunyit


Jenis tanaman yang satu ini terkenal dalam dunia kuliner karena merupakan rempah yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pewarna alami dalam makanan. Tanaman Kunyit banyak tumbuh di India dan wilayah Asia Tenggara lainnya. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 8

Balcony Garden Web


Dengan warnanya yang mencolok, kunyit diyakini memiliki sifat anti kanker. Kunyit juga dapat digunakan sebagai pereda rasa nyeri pada penderita artritis atau radang sendi karena memiliki sifat antiinflamasi. Dalam proses penelitian terbaru, banyak ahli berharap akan menemukan peran dan fungsi kunyit sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit kulit. 




Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 9

CASAeJARDIM


5. Anggur


Walaupun lebih terkenal sebagai buah manis yang cocok dijadikan camilan, sebenarnya anggur menyimpan banyak khasiat hebat di dalam bijinya. Sudah bertahun-tahun tersebar ekstrak biji anggur di pasaran karena kandungan nutrisinya yang kaya antioksidan, flavonoid, dan polifenol. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 10

Balcony Garden Web


Biji anggur memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan LDL (Low-density lipoprotein) atau biasa dikenal sebagai kolestrol buruk dan meredakan sirkulasi yang tidak lancar pada pembuluh darah kaki. Bahkan, sebuah penelitian oleh ahli terpecaya telah memastikan bahwa mengonsumsi ekstrak biji anggur secara teratur memiliki efek anti kanker. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 11

eatthis


6. Nanas Kerang


Jenis tanaman ini biasanya tumbuh subur di tanah yang lembap. Nanas Kerang memiliki bentuk tajam dengan warna hijau dan ungu yang cantik, tanaman ini juga memiliki bunga berwarna putih yang menyerupai bunga kerang. Tampilannya yang indah telah membuatnya umum ditanam sebagai tanaman hias.


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 12

Logee's


Nanas Kering dapat digunakan untuk mengobati ambeien, mimisan, bronchitis, disentri, TBC kelenjar, dan meredakan batuk. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 13

hunker


7. Lavender


Tanaman yang satu ini sudah sangat terkenal dalam dunia aromaterapi. Banyak digemari orang karena harum dan tampilannya yang indah, Lavender yang sering digunakan sebagai tanaman hias ini memiliki khasiat kesehatan yang sangat baik hanya dari aromanya saja. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 14


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 15

LONNY


Aroma Lavender sudah terbukti dapat menenangkan pikiran dan mengurangi cemas sehingga sering digunakan dalam spa dan aromaterapi untuk relaksasi dan membantu orang yang mengalami kesulitan tidur. Selain itu, Lavender juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk yang nyaman karena harum dan mengandung minyak atsiri yang tidak disukai nyamuk pada kuncup bunganya. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 16

hello glow


8. Teratai


Teratai merupakan spesies tanaman air yang berasal dari daratan Asia. Tanaman ini banyak tumbuh liar di rawa-rawa dan juga dibudidayakan sebagai tanaman hias di perairan dan kolam.


Bunga tanaman teratai dapat memiliki beberapa warna berbeda seperti putih, ungu, hingga merah muda. Tanaman ini sudah umum dipelihara sebagai tanaman hias karena variasi warna bunganya yang cantik dan bentuk daunnya yang unik. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 17

Karen Roe


Tanaman teratai memiliki beragam manfaat. Daunnya yang lebar dapat digunakan sebagai bahan pembungkus. Teratai juga memiliki beberapa khasiat kesehatan seperti mengobati diare, insomnia, keputihan, demam, kanker nasopharynx, sakit jantung, ejakulasi, beri-beri, anemia, dan sakit kepala. Tanaman ini juga dapat mengobati mimisan, muntah darah, serta buang air dan batuk berdarah. 


Khasiat Hebat Macam-Macam Tanaman Toga CASA Indonesia 18

La Diva Divague


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : GLAMINATI