Hidup di tengah kota seperti di Jakarta, membuat orang kerap menekankan faktor keamanan saat membangun rumah. Begitu pula privasi dari pemilik rumah sehingga tidak mudah terlihat oleh orang umum.

Lalu, seperti apakah rumah modern yang super aman dan bisa dimiliki jika tinggal di tengah Jakarta?




Hunian dengan luas bangunan 1010 meter persegi yang dirancang oleh Wahana Architects ini menghadirkan solusi menarik terkait isu keamanan dan privasi. Proyek residensial yang diberi nama Weave House ini berada di atas lahan seluas 435 meter persegi yang dikelilingi dengan bangunan relatif tinggi mencapai tiga lantai.


Baca juga, 6 Inspirasi Teralis Jendela untuk Rumah Aman dan Nyaman



Menghadapi konteks lokasi tersebut, arsitek menerapkan fasad bangunan unik yang mengombinasikan estetika sekaligus mengedepankan privasi sehingga mampu menjaga keamanan penghuni rumah. Fasad dirancang berbentuk menyerupai anyaman seakan melembutkan dirinya di antara massa bangunan kaku yang mengapit lokasi rumah modern ini.




Jalinan anyaman yang menutupi bagian lantai dua dan tiga rumah menciptakan kesan tertutup dari luar namun tetap mencurahkan cahaya masuk ke dalam rumah melalui kisi-kisinya. Mendampingi tampak depan tersebut adalah pagar terbuat dari lembaran metal yang di laser cut bermotif menyerupai anyaman.


Tampilan interior di balik anyaman pada fasad


Tampak luar kian memancarkan kesan yang jauh dari kaku yang kerap disandingkan dengan bayangan akan sebuah rumah modern. Hal ini turut berlanjut pada bagian interior rumah yang terbagi atas tiga lantai dan justru memproyeksikan kesan homey bagi penghuni. Lalu, seperti apa sajakah penerapan desain yang dilakukan oleh arsitek untuk menghangatkan suasana di dalam rumah modern super aman ini?


Konsep rumah introvert

Arsitek menggunakan istilah kepribadian ini untuk menggambarkan konsep bangunan rumah yang menciptakan sebuah pusat atau core di tengah rumah sebagai poros menghubungkan ruang di dalam rumah. Pusat tersebut adalah area kolam yang dikelilingi massa bangunan berisi ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, dan masih banyak lagi. Tips ini seolah membuat rumah berkoneksi dengan alam atau lingkungan luar yang bertolak belakang dengan kesan tertutup dari depan rumah.




Selain itu, konsep ini juga membangun konektivitas yang optimal pada antar ruang sehingga meskipun tiap anggota keluarga memiliki kesibukan masing-masing, tetap bisa berkumpul dan saling bertemu saat di dalam rumah.


Baca juga, 10 Taman Mungil dan Minimalis Sesuai Karakter Anda




Ruang terbuka

Melanjutkan penjelasan konsep ruang sebelumnya, arsitek menciptakan ruang terbuka melalui ruang makan yang dirancang seolah menyatu dengan area patio. Ini bisa tercipta berkat penggunakan partisi kaca yang dengan mudah bisa digeser oleh user saat ingin ke area outdoor. Penghuni rumah tak perlu khawatir akan tampias dari air hujan saat bercengkerama di area ini berkat adanya skylight serta balkon di bagian atas patio.




Baca juga, 10 Desain Taman Kering Minimalis yang Mudah Dirawat


Get good wood on it

Lantai di area patio tampak menggunakan kayu ulin yang cocok untuk dipergunakan pada area outdoor. Membawa kesan hangat dan nyaman, kayu ini sengaja tidak diberi finishing karena lambat laun ia akan semakin gelap dan justru semakin terlihat indah bagi hunian. Lantai dengan permukaan menyerupai kayu turut terlihat di bagian dalam interior rumah.




Baca juga,  Kayu Terkuat di Dunia. Ada yang Bisa Merusak Kapak!


Hidden space!

Dari area kolam, Anda bisa melihat kotak kantilever yang menjorok keluar dari kamar tidur. Ekstensi ruang yang diselubungi oleh anyaman sintetis seperti fasad rumah ini merupakan area balkon dari kamar tidur utama. Uniknya kamar tidur ini, ia memiliki tangga kecil menuju area mezzanine yang berfungsi sebagai ruang kerja pemilik rumah. Dari ruang kerja ini, penghuni bisa mengakses rooftop yang diisi dengan tanaman hijau. What a surprise!




Baca juga, Tips Ubah Sudut Rumah Minimalis Jadi Lebih Fungsional


Tanaman Hijau

Area depan serta kolam tampak diisi dengan tanaman hijau yang memberikan visual segar pada rumah modern ini. Salah satunya adalah pohon pulai setinggi 3 meter di bagian depan rumah yang menyambut penghuni saat masuk ke rumah.

Semoga hunian ini bisa menginspirasi Anda ?:)




Fotografer: Cendana Putra
Desainer Interior: Indesign Interior
Arsitek: Wahana Architects