Mendekorasi ulang tampilan dinding di rumah Anda bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan selama masih di rumah saja. Jika Anda bosan dengan tampilan dinding yang polos atau biasa saja, ternyata Anda bisa membuat hiasan dinding yang unik dan menarik dari barang-barang di rumah lho! Selain hemat, membuat hiasan dinding dari barang-barang di rumah juga akan membuat dekorasi ruangan semakin spektakuler. Berikut ini beberapa ide hiasan dinding unik dan menarik dari barang rumah yang bisa jadi inspirasi Anda mendekor ulang dinding rumah!


1. Hiasan Dinding Menggunakan Botol Kaca

Ide hiasan dinding

                                                                        (Ide hiasan dinding. Foto: Dok. EtsyUK)




Dekorasi rustik belakangan mulai banyak disukai orang karena memiliki desain yang sederhana namun tetap estetik. Nah, jika kamu salah satu orang yang menyukai sentuhan rustik di rumah, Anda bisa membuat dekorasi dinding dari hiasan botol kaca. Tak hanya membuat dekorasi lebih estetik, hiasan unik ini juga ramah lingkungan karena memanfaatkan barang-barang bekas. Tambahkan bunga atau dedaunan untuk sentuhan lebih fresh! Boleh bunga atau daun artifisial, boleh juga bunga atau daun asli. 


2. Hiasan Dinding Menggunakan Piring Keramik

Ide hiasan dinding

                                                            (Ide hiasan dinding. Foto: Dok. Mora Taara)


Anda punya koleksi piring antik dengan berbagai motif cantik? Jika iya, Anda bisa memanfaatkannya koleksi piring antik menjadi hiasan dinding yang unik dan menarik. Dengan begitu dinding ruangan menjadi lebih eye catching dengan gaya klasik. 


3. Hiasan Dinding Menggunakan Sendok

Ide hiasan dinding

                                (Ide hiasan dinding. Foto: Dok. Malissa dan Machelle (A Joyful Riot) / Pinterest)


Siapa bilang sendok hanya bisa digunakan untuk makan saja? Ternyata, sendok juga bisa dijadikan sebagai hiasan dinding yang unik. Anda hanya perlu mengecat bagian-bagian tertentu pada sendok, tunggu hingga kering, lalu susun dan tempelkan sendok pada dinding.


4. Hiasan Dinding Menggunakan Buku

Ide hiasan dinding

                                            (Ide hiasan dinding. Foto: Dok. Erin (Cotton Stem) / Pinterest)


Ingin mempunyai hiasan dinding yang unik dan antimainstream? Anda bisa menggunakan buku-buku bekas yang Anda punya. Caranya, Anda hanya perlu menyusun dan menempelkan buku-buku bekas atau lembaran buku pada dinding. 




5. Hiasan Dinding Menggunakan Mug

Ide hiasan dinding

                                                                (Ide hiasan dinding. Foto: Dok. Nickichicki / Pinterest)


Tidak hanya piring keramik dan sendok saja yang dapat dijadikan sebagai hiasan dinding, tetapi juga koleksi mug Anda. Buat gantungan gelas atau rak floating pada dinding dapur, lalu gantung atau letakkan koleksi mug Anda. Dinding dapur jadi terlihat lebih menarik dan multifungsi!


6. Hiasan Dinding Menggunakan Album Musik

Ide hiasan dinding unik

                                                                    (Ide hiasan dinding unik. Foto: Dok. Etsy/Pinterest)


Anda mempunyai koleksi album musik? Jika iya, Anda bisa memanfaatkan cover album musik untuk dijadikan sebagai hiasan dinding sehingga tampak semakin estetik. Selain cover album musik, Anda juga bisa menggunakan koleksi rekaman vinyl. Cocok buat dekorasi kamar tidur, nih


7. Hiasan Dinding Menggunakan Kain Motif

Ide hiasan dinding

                                                                        (Ide hiasan dinding. Foto: Dok. Amazon)


Hiasan dinding unik berikutnya yaitu dengan menggunakan kain motif. Daripada hanya disimpan di dalam lemari saja, kamu bisa memajangnya kain motif pada dinding, lho! Cukup sediakan tali atau apa pun untuk menggantungnya pada salah satu sisi dinding, sehingga menjadi statement point pada ruangan. 


(Teaser: Arsitek: Osamu Nishida (@osamunishida) Desain: Makai Design Company (@makai.co) Foto: Celvin Leowardi (@leowardistudio) )