Siapa yang senang mengunggah momen favoritnya saat berkunjung ke pameran seni rupa?

Hingga awal tahun 2020, pameran seni di galeri serta museum merupakan salah satu kegiatan seru dan menarik untuk didatangi saat waktu luang. Karena ini lah momen terbaik untuk melihat lebih dekat karya-karya tiada dua hasil kreativitas seniman lokal maupun internasional.




Baca juga, Keren banget! 30 Tempat Instagrammable di Indonesia


Namun, sejak pandemi terjadi, hobi seru ini terpaksa harus beralih wujud menjadi virtual. Berangkat dari kian tingginya penggunaan layanan internet oleh publik selama pandemi, membuat Art Jakarta menciptakan dobrakan terbaru dalam penyelenggaraannya. Sukses menggugah pengunjung dengan kehadirannya di dunia seni selama 12 tahun belakangan ini, Oppo Art Jakarta Virtual 2020 hadir kembali dengan format pameran virtual.




“Sebagai penyelenggara international art fair, Art Jakarta memiliki jaringan kerjasama yang memungkinkan karya-karya seniman kita tampil ke hadapan publik yang luas. Dengan bantuan teknologi komunikasi digital berbasis internet, Art Jakarta dapat tetap menjalankan peran ini. Inilah alasan terselenggaranya OPPO Art Jakarta Virtual 2020” - Maulana Indraguna Sutowo (CEO MRA Group)


Serasa Di Pameran Asli! Oppo Art Jakarta Virtual 2020 / Oppo Art Jakarta Virtual 2020 1

Konferensi pers secara virtual


Keterbatasan yang tengah terjadi akibat pandemi bukan berarti menutup jalan untuk beradaptasi dan terus menghidupkan ekosistem seni rupa Indonesia. Didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Art Jakarta turut menggandeng Oppo Indonesia yang menjunjung semangat Uncover The Ultimate melalui Oppo Find X2 Series dalam merealisasikan pameran seni dengan platform virtual ini.


Baca juga, Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019


Enin Supriyanto sebagai Direktur Artistik Art Jakarta turut berbagi bahwa 38 galeri yang terdiri dari 27 galeri asal Indonesia serta 11 galeri internasional hadir di Art Jakarta sejak 19 Oktober hingga 15 Desember 2020 yang dapat publik akses melalui halaman www.artjakarta.com. Di antaranya adalah Artemis Art, Gajah Gallery, Can’s Gallery, Ruci Art Space, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, 16 komunitas atau organisasi seniman seperti, Jakarta Biennale dan Jatiwangi Art Factory turut mengisi Art Jakarta Scene.


Serasa Di Pameran Asli! Oppo Art Jakarta Virtual 2020 / Oppo Art Jakarta Virtual 2020 2

Karya Eddie Hara - Freaky Thursday di Ruci Art Space / Oppo Art Jakarta Virtual 2020


Hanya dengan mengakses halaman Art Jakarta, kini Anda bisa menyaksikan kurang lebih 800 karya seni yang akan hadir secara berkala sesuai informasi yang dapat Anda raih dengan berkunjung ke sosial media Art Jakarta.





Serasa Di Pameran Asli! Oppo Art Jakarta Virtual 2020 / Oppo Art Jakarta Virtual 2020 2

Serasa Di Pameran Asli! Oppo Art Jakarta Virtual 2020 / Oppo Art Jakarta Virtual 2020 4

Serasa Di Pameran Asli! Oppo Art Jakarta Virtual 2020 / Oppo Art Jakarta Virtual 2020 5


Tidak berhenti di sekadar pameran virtual, perhelatan yang didukung oleh Ninja Xpress ini turut mengadakan lelang karya orisinil yang akan didonasikan ke komunitas seniman. Tom Tandi selaku Fair Director Art Jakarta berbagi bahwa Oppo Indonesia bekerja sama dengan sepuluh seniman ternama Indonesia seperti Heri Dono, Naufal Abshar, dan masih banyak lagi melalu Oppo Find Art. Karya yang dilelang akan diberikan dalam bentuk satu set karya orisinil bersama ukiran spesial di perangkat Oppo Find X2.


Serasa Di Pameran Asli! Oppo Art Jakarta Virtual 2020 / Oppo Art Jakarta Virtual 2020 6


Baca juga, Ingin Ruang Tamu Keren Kayak Artist Ini? Ini Detailnya


Siapa yang tak sabar untuk ikut serta dalam semangat seni yang penuh membara yang dibawa oleh Art Jakarta? Mari kunjungi Oppo Art Jakarta Virtual 2020 dan bergerak bersama dalam mempertahankan dunia seni Indonesia.



Sumber Foto: Oppo Art Jakarta Virtual 2020