Sofa merupakan salah satu furniture yang terbilang wajib ada di ruang tamu. Ini berfungsi untuk menyambut dan menjamu tamu yang tengah berkunjung ke rumah, sekaligus bisa digunakan untuk duduk santai sambil bercengkerama bersama keluarga. 


Memilih sofa untuk ruang tamu kecil bisa sedikit menyulitkan, selain harus nyaman digunakan, ukuran sofa juga harus sesuai agar ruang tamu tidak terkesan semakin sempit. Berikut ini CASA Indonesia telah merangkum beberapa pilihan sofa minimalis untuk ruang tamu kecil rumah Anda. 





1. Sofa minimalis bentuk L

sofa minimalis

(Photo: Ernest Theofilus (@ernesttheofilus) / Desainer Interior: Studio Talk Design (@studiotalkdesign))


Ketika Anda memiliki ruang tamu yang kecil, memilih dan menggunakan sofa minimalis bentuk L dapat memberi kesan terbuka pada ruang tamu Anda, sehingga menciptakan ilusi ruang tamu yang lebih luas dan lebih lenggang. Selain itu, sofa bentuk L ini juga dapat menyediakan space yang cukup saat Anda membutuhkan lebih banyak tempat duduk untuk tamu yang datang -- dapat menampung 4 hingga 5 orang. 


Anda dapat menempatkan sofa minimalis bentuk L di tengah atau sudut ruang tamu. Anda juga bisa menempatkan sofa minimalis bentuk L sebagai pembatas ruangan apabila ruang tamu Anda terhubung langsung dengan ruang lainnya. 


2. Sofa modular minimalis

sofa minimalis

(made.com)


Sofa modular minimalis bisa menjadi pilihan sempurna untuk ruang tamu kecil. Sofa modular merupakan jenis sofa yang dapat dipisah dan digabung sesuai dengan keinginan Anda. Dengan kata lain, sofa modular adalah sofa fleksibel dimana Anda dapat menggabung atau memisahkan tempat duduk yang sesuai dengan kebutuhan, tempat, dan luas ruang tamu Anda. 


3. Sofa minimalis modern dengan sentuhan natural

sofa minimalis

(Photo: In The Headroom @intheheadroom / Arsitek: Nina Mair @ninamair.at)


Jika Anda menyukai adanya sentuhan natural pada ruang tamu, Anda mungkin bisa mempertimbangkan sofa minimalis modern yang terbuat dari material kayu. Desainnya yang simpel namun tetap elegan dapat menghidupkan ruang dan memberi kesan hangat -- dari warna kayu -- tanpa membuat ruangan terasa sempit. 


4. Sofa minimalis dengan ruang penyimpanan

sofa minimalis

(homary.com)


Memiliki ruang tamu kecil membuat Anda harus pintar-pintar menata perabotan dan barang-barang, sehingga tidak memenuhi ruangan dan memberi kesan ruangan yang semakin sempit. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan sofa minimalis dengan ruang penyimpanan di bawahnya. 


Ruangan penyimpanan ini dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai barang, seperti selimut, sarung bantal sofa, buku, atau barang lainnya. Supaya barang-barang di dalam ruang penyimpanan sofa tetap tertata rapi dan memudahkan Anda saat mencari barang, gunakan kotak organizer untuk mengelompokkan barang-barang sesuai dengan jenis dan fungsinya. 




5. Gunakan sofa minimalis dengan dua dudukan

sofa minimalis

(Photo: Villa Jungalow (@villa.jungalow))


Sofa minimalis dengan dua dudukan menjadi pilihan yang tepat ketika Anda memiliki ruang tamu yang kecil, terlebih jika Anda tinggal sendiri dan cukup jarang menerima tamu dalam jumlah banyak. Ukuran sofa dua dudukan biasanya tidak terlalu besar sehingga cocok untuk ruang tamu kecil. 


Dari segi penempatan, Anda dapat menempatkan sofa dua dudukan dimana saja, bisa di tengah atau sudut ruangan. Untuk ruang tamu kecil, Anda disarankan untuk memilih warna sofa yang lembut dan netral seperti putih, krem, atau light grey. Ini dapat memberikan kesan ruang yang clean, lebih luas, dan menciptakan suasana lebih tenang. Eits...Anda juga bisa memilih warna sofa yang cerah, seperti kuning, untuk menyamarkan ukuran ruang tamu mungil.


Hindari pemilihan sofa dengan warna yang cenderung gelap dan bermotif ramai, karena akan membuat ruangan terkesan sempit, sesak dan pengap. 


6. Sofa minimalis sekaligus tempat tidur

sofa minimalis

(Ikea.com)


Untuk Anda yang tinggal di apartemen studio, atau kos-kosan, dimana ruang tamu dan kamar tidur menjadi satu, sofa minimalis yang sekaligus berfungsi sebagai tempat tidur adalah pilihan yang terbaik. Dengan furnitur multifungsi ini, Anda dapat memiliki tempat tidur dan tempat duduk santai sekaligus. Plus, Anda bisa menghemat anggaran karena tidak perlu membeli dua furnitur. Pastikan Anda memilih sofa tempat tidur yang nyaman material ringan untuk memudahkan Anda saat akan membersihkan atau menata ulang perabot. 


7. Sofa minimalis dengan rangka besi

sofa minimalis

(design-milk.com)


Menggunakan sofa minimalis dengan rangka besi dapat menghilangkan kesan penuh pada ruang tamu mungil Anda. Ini karena, rangka besi pada sofa memungkinkan Anda menghadirkan kesan ramping dan terasa tidak penuh pada ruang tamu Anda. Rangka besi pada sofa minimalis juga membuatnya lebih kuat, kokok, dan tahan lama. 


Itulah 7 pilihan sofa minimalis untuk ruang tamu kecil sebagai upaya menyiasati ruangan dengan luas terbatas. Pastikan Anda memilih sofa minimalis yang nyaman dan kuat agar lebih tahan lama. Selain itu, hindari penggunaan sofa dengan warna yang cenderung gelap, memiliki terlalu banyak detail, dan bermotif ramai karena akan menciptakan kesan ruang yang semakin penuh dan pengap. 




(Teaser: Photo: Ernest Theofilus (@ernesttheofilus) / Desainer Interior: Studio Talk Design (@studiotalkdesign))