Warna adalah salah satu elemen paling dasar namun paling penting dari desain interior. Warna menciptakan berbagai pengalaman ruang dengan cara mempengaruhi perasaan dan suasana hati seseorang.


Nuansa warna yang berbeda pada setiap ruangan akan menjadikan ruangan lebih beragam dan menimbulkan kesan yang berbeda-beda yang harus Anda sesuaikan. Seperti misalnya kamar anak, Anda dapat memilih warna-warna yang menimbulkan kesan ceria dan menyenangkan bagi anak Anda. Sedangkan pada ruang kerja alangkah baiknya Anda menggunakan warna-warna yang dapat meningkatkan produktivitas dan memberi kesan rileks pada ruangan. Sehingga penting bagi Anda untuk menentukan jenis warna pada ruangan mulai dari sekarang. CASA sudah merangkum pengaruh warna pada suasa hati, intip yuk!





1. Warna Kuning

El Mueble

Warna kuning pada interior dapat memberikan nuansa ceria dan optimis dalam diri kita loh. Selain itu, warna kuning juga memberi kesan hangat pada ruangan dan juga meningkatkan kreativitas serta kepercayaan ketika Anda menempati ruangan dengan warna ini. Warna kuning pada ruangan lebih baik dikombinasikan dengan warna-warna lain seperti warna putih agar ruangan terlihat lebih seimbang dan juga menghindari kesam agresivitas pada ruangan.


2. Warna Merah

Lise Aime

Kerap kali beberapa orang takut menggunakan warna ini karena memiliki kesan yang begitu bold, padahal warna merah ini memberi kesan "on point" pada sebuah ruangan. Selain itu warna ini juga berpengaruh untuk meningkatkan semangat dalam diri kita loh! Bila Anda tidak terlalu suka dengan warna merah yang terlalu terang, Anda dapat menggunakan warna merah maroon ataupun teracotta. Kombinasikan warna merah dengan furniture-furniture seperti rotan atau bahkan furniture dengan elemen emas agar memberi kesan elegan pada ruangan.


3. Warna Hijau


Untuk Anda yang ingin ruang yang sejuk, warna hijau dapat menjadi pilihan. Warna ini memberikan kesan sejuk dan segar karena identik dengan warna alam. Warna hijau sangat cocok digunakan pada ruang istirahat ataupun ruang kerja karena menimbulkan perasaan rileks dan damai. Warna  ini dapat dikombinasikan dengan warna-warna netral seperti putih dan juga dikombinasikan dengan elemen kayu agar lebih memberikan kesan rileks mendalam. Jika Anda tidak terlalu suka menggunakan warna hijau yang terang, Anda dapat menggunakan warna hijau lime, frostgreen ataupun hijau armhy yang memberi kesan elegan pada ruangan.


4. Warna Biru


Warna yang satu ini dapat memberikan kesan luas pada ruangan Anda. Selain itu karena warna ini identik dengan wana laut dan juga warna langit sehingga memberikan efek damai dan menenangkan pada ruangan. Warna ini cocok sekali dikombinasikan dengan warna-warna netral ataupun jika ingin lebih playful dapat mengombinasikannhya dengan warna seperti kuning dan juga merah muda.

Hindari pemakaian warna biru berlebih pada ruangan karena dapat menimbulkan efek perasaan sedih pada pengguna.




5. Warna Cokelat


Warna cokelat identik dengan warna-warna elemen alam sehingga menimbulkam kesan homy, nyaman dan juga menimbulkan suasana yang hangat pada ruangan. Warna cokelat memiliki berbagai varian warna, sehingga warna ini dapat menimbulkan kesan yang mewah jika penggunaanya mengambil tone gelap dan menimbulkan kesan menenangkan jika menggunakan tone muda layaknya pasir pantai.


6. Warna Putih


Wah warna yang satu ini pastinya paling sering digunakan karena sangat aman. Tapi apakah kalin tahu bahwa warna putih ini dapat memberikan kesan rileks pada diri Anda saat menempati ruangan dengan warna ini. Selain itu karena sifatnya yang clear, ruangan ini juga dapat memberikan efek rapi dan luas pada ruangan. Warna putih sangat mudah dikombinasikan dengan warna-warna lain karena sifatnya sebagai penyeimbang warna.


Warna ini sangat cocok Anda gunakan pada ruangan-ruangan seperti ruang keluarga, ruang kerja maupun ruang tamu.


7. Warna Hitam


Warna hitam dapat menimbulkan kesan futuristik pada ruangan Anda. Namun, warna ini lebih baik tidak menjadi warna yang dominan pada ruangan. Umumnya warna ini hanya digunakan sebagai elemen-elemen penambah yang dapat menciptakan efek dramatis pada ruang dan juga efek elega.


8. Warna Abu-Abu

Panaria Ceramic

Warna yang terakhir adalah abu-abu. Warna ini adalah campuran dari warna hitam dan putih. Pada interior, warna abu-abu dapat menimbulkan perasaan tenang dan juga memberi kesan modern pada ruangan.


Teks oleh: Najwa Chika Salsabila
Foto Teaser: Fireclay Tile