Bagi Anda pelaku bisnis, cocok banget untuk membaca tips ini. Yap, kita sama-sama tahu bahwa kost sekarang menjadi kebutuhan banyak kalangan terutama mahasiswa. Dalam proses pemilihan kamar kost, mahasiswa identik mencari kost yang membuat mereka nyaman dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun tetap membuat mereka betah di kamar seharian, juga memiliki unsur estetis. Penting sekali bagi pelaku usaha kost untuk menjual layout kamar yang menarik dan juga tampak luas agar menjadi daya tarik bagi target pasar. Karena seringkali kamar kost yang besar malah tidak ramai dikunjungi, karena ketakutan untuk tinggal sendiri. Berikut CASA rangkum tips mendesain kamar kos agar tampak luas, simak yuk!


1. Pasang Cermin

Tips yang pertama adalah memasang cermin. Pemasangan cermin pada salah satu sudut ruangan akan memberikan kesan luas loh pada ruangan Anda! Nah untuk kamar kost sendiri, cermin yang digunakan dapat berupa standing mirror agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Berikut inspirasi standing mirror yang dapat Anda gunakan.







Selain itu, pemasangan cermin juga dapat dilakukan dengan menyatukan cermin pada pintu lemari. Hal ini jauh lebih efisien karena tidak lagi membutuhkan tempat untuk berdirinya cermin. Berikut inspirasi pemasangan cermin pada pintu lemari.


( Armoire )


2. Gunakan Warna Cerah

Tips kedua adalah menggunakan warna cerah pada ruangan. Tips ini merupakan tips jitu agar ruangan terlihat luas, jadi jangan sampai kelewatan ya! Untuk macam-macam warna yang dapat digunakan diantaranya adalah warna putih, warna coklat muda, hijau cerah, biru cerah dan warna-warna lainnya. Warna-warna tersebut juga dapat dikombinasikan loh! Berikut inspirasi penggunaan warna cerah pada ruang kamar.



Penggunaan cat berwarna putih pada ruangan ini memiliki peran yang besar agar ruangan terlihat luas. Selain itu, agar lebih terliha seimbang pada lantai menggunakan tekstur kayu dengan warna coklat tua.


(Grazia.com)

Kombinasi warna cream dan putih seperti ini juga dapat memberikan kesan clear sehingga ruangan Anda tampak luas loh!


3. Memaksimalkan Pemasangan Jendela

Nah tips yang ketiga ini penting sekali, yaitu memaksimalkan pemasangan jendela pada kamar. Selain membuat ruangan tampak lebih luas, pemasangan jendela pada ruangan kecil juga sangat dibutuhkan karena memberi dampak positif bagi kesehatan. Karena pertukaran udara seharusnya ada pada setiap ruangan. Berikut contoh penerapan jendela pada kamar dengan ukuran kecil.




(crescendoaospoucos.com)

Pada inspirasi kamar ini, jendela dapat diletakan di atas kepala kasur. Jenis jendela yang digunakan pun berupa jendela geser, agar lebih mudah dan juga efisien dalam segi space.


(Andy Rahman Architect)

Sedangkan inspirasi kamar ini adalah peletakan jendela pada bagian meja belajar. Hal ini sangat direkomendasikan agar penghuni kost dapat meningkatkan produktivitas selama berada di kost. Jenis kaca yang digunakan pada kamar ini ada dua yaitu kaca nako yang dapat bermanfaat sebagai masuknya cahaya matahari sekaligus ventilasi dan juga kaca tetap.


4. Menggunakan Furnitur Multifungsi

Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang satu furnitur sudah banyak sekali yang memiliki berbagai macam fungsi. Hal ini dapat Anda lakukan untuk membuat ruangan Anda tampak luas. Contohnya saja, kasur yang dibawahnya terdapat lemari penyimpanan pakaian. Berikut inspirasi-inspirasi lain furnitur multifungsi yang dapat Anda terapkan



Meja rias yang satu ini didesain memanjang ke atas dengan fungsi tambahan rak dan gantungan sehingga dapat memberikan ruang penyimpanan yang lebih namun tidak memakan ruang. Hal ini cocok sekali diterapkan mengingat pengguna kost (mahasiswa) yang memiliki kebutuhan merias diri sebelum berangkat kuliah!


(gotrangtri.vn)

Furnitur multifungsi yang satu ini sudah beken pastinya! yap ranjang yang memiliki fungsi sebagai lemari. Hal ini dapat sangat efektif loh untuk mengurangi space, karena ukuran lemari tergolong besar.



(room & board)

Nah standing mirror ini memiliki fungsi lain sebagai tempat untuk menaruh sepatu dan juga menggantung baju. Dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menghemat space pada kamar Anda.

5. Menggunakan Plafon dengan Ukuran yang Tepat

Tips terakhir adalah menggunakan plafon dengan ukuran yang tepat. Plafon di dalam kamar tidak boleh terlalu pendek, karena hal tersebut akan memberikan kesan sempit dan juga padat pada ruangan. Maka, semakin tinggi plafon ruangan anda semakin tampak luas dan lega. Selain itu, suhu pada ruangan pun akan semakin sejuk loh!

(Micasa Revista)


Teks oleh: Najwa Chika Salsabila
Foto Tease: Andy Rahman Architect, Grazia.com