Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak perubahan pada hidup kita dan yang paling berasa adalah berubahnya kebiasaan yang biasa kita lakukan di luar menjadi kegiatan yang dilakukan dari rumah. Mulai dari sekolah, kerja dan kegiatan berosialisasi. Karena tidak adanya perbedaan suasana dan juga interaksi, seringkali belajar dan kerja dari rumah membuat beberapa orang jenuh bahkan hingga stress. Maka dari itu cafe kerap kali menjadi tujuan untuk melakukan work from cafe agar mendapat suasana baru yang nyaman dan menenangkan. Berikut CASA rangkum 7 cafe yang dapat Anda jadikan tempat yang nyaman untuk work from home, intip yuk!


1. Common Grounds


Bagi Anda yang mencari cafe dengan nuansa yang clear, menenangkan namun tetap instagramable, common grounds jawabannya! Penggunaan elemen kayu dan juga vegetasi pada ruangan menjadi ciri khas dari cafe ini. Selain itu yang menjadi unggulan dari cafe ini adalah ukuran tinggi meja yang sangat ideal bagi Anda yang ingin bekerja. Setiap spot juga disediakan charger station dan wifi yang memadai, jadi bagi Anda yang ingin bekerja serta meeting online tak perlu lagi khawatir kehabisan batrai.


Untuk melengkapi kegiatan bekerja Anda, common grounds menyediakan beragam menu mulai dari pastry hingga makanan berat. Untuk minuman sendiri kafe ini menyediakan berbagai macam jenis kopi, teh, dan juga smoothies.


Lokasi: Citywalk Sudirman, NEO SOHO, ASHTA, PIM 1, Fx Sudirman, Menara Mandiri, dan Kapuk Business Park

Jam operasional: Menyesuaikan masing-masing tempat

Kisaran harga: Rp250.000 untuk 2 orang


2. 60 Common House

60 common house sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan Work From Cafe bersama teman-teman Anda. Spot ini salah satu spot yang menjadi ciri khas dari kafe ini. Menawarkan suasana yang rileks dan juga bersatu dengan alam, kafe ini kerap kali dijadikan tujuan bagi mereka yang ingin menikmati suasana alam di kota sambil bekerja. Oh iya, uniknya 60 common house ini sebenarnya terdiri dari beberapa resto di dalamnya, seperti mangkoku dan masih banyak lagi! Jadi sangat variatif menu yang ditawarkan oleh 60 common house.


Lokasi: 3, Jl. Tebet Barat Dalam Raya No.60, RT.5/RW.3

Jam operasional: 08.00 - 21.00


3. First Crack Coffee


Nah untuk kalian yang ingin bekerja sekaligus mencari tempat untuk healing, first crack coffe cocok banget nih! Kafe ini menerapkan open space pada bagian tengah yang diisi dengan pohon, sehingga menimbulkan nuansa alam pada ruangan. Selain itu, penggunaan elemen kayu dan furnitur rotan membuat kafe ini homey banget! Layout tempat duduk yang ditawarkan pada kafe ini juga beragam loh, mulai tempat duduk intimate hingga tempat duudk dengan layout sharing. Menu yang ditawarkan juga beragam mulai dari kopi, teh dan juga makanan seperti siomay hingga tongseng sapi. 


Lokasi: Jl. Bumi No.10, RT.2/RW.3, Gunung, Kec. Kby. Baru

Jam operasional: 09.00 - 21.00

Kisaran harga: Rp210.000 untuk 2 orang


4. Tanatap Coffee


Kalo kafe yang satu ini sih jangan ditanya lagi, suasana kafe ini memberikan kesan sejuk dan rileks karena adanya vegetasi pada setiap sudut ruangan. Yang menarik dari desain kafe ini adalah menyediakan banyak sekali layout tempat duduk mulai dari tempat duduk komunal, tempat duduk menyendiri hingga tempat duduk dengan nuansa outdoor. Anda dapat memilih sesuai dengan suasana hati Anda! 



Untuk menu yang ditawarkan oleh tanatap coffe adalah tentunya beragam jenis kopi dan juga makanan seperti pasta dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan juga tergolong affordable loh buat kalangan mahasiswa, jadi jangan takut ya!




Lokasi: Jl. Jalur 20 No.Blok 30/19, RT.8/RW.10, Meruya Utara

Jam operasional: 08.00 - 20.00

Kisaran harga: Ice Kopi Susu Gula Aren (30K), Ice Earl Grey Milk Tea (33K)


5. Authentic Coffee


Kafe ini memiliki desain industrial yang sangat digemari kalangan anak muda dan juga kalangan tua. Spot paling favorit dari authentic coffee adalah spot dengan tempat duduk sofa. Oh iya, kafe ini juga menyediakan wifi yang memadai sehingga snagat mensupport Anda untuk melakukan work from cafe. Menu yang ditawarkan pada kafe ini terdapat minuman kopi dan non kopi, selain itu juga terdapat menu makanan mulai dari snack hingga makanan berat seperti pasta.


Lokasi: Jl. Pluit Permai No.26, RT.1/RW.4, Pluit

Jam operasional: 08.00 - 22.00

Kisaran harga: Rp170.000 untuk 2 orang 


6. Nalar Live Cafe


Kalo kafe yang satu ini cocok banget untuk Anda yang ingin bekerja dengan suasana lebih dinamis. Nalar live juga memiliki berbagai macam jenis spot tempat duduk loh. Selain itu, kafe ini juga menawarkan banyak jenis kopi dan juga makanan mulai dari makanan lokal hingga makanan barat.


Lokasi: Jl. Cikajang No.14, RT.6/RW.6, Petogogan, Kec. Kby. Baru

Jam operasional: 08.00 - 21.00

Kisaran harga: Rp170.000 untuk 2 orang


7. 1/15 Coffee

1/15 coffee memiliki cukup banyak cabang, kafe ini identik dengan desain mid century dengan didominasi elemen kayu dan juga beton. Kafe ini menjadi tujuan sebagai tempat work from cafe dikarenakan nuansa yang ditawarkan sangat memberikan kesan rileks juga kafe ini memiliki ceilling yang tinggi sehingga sangat nyaman dalam segi pencahayaan maupun penghawaan.


Lokasi: Gandaria, Menteng, Kemang, Senopati

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Kisaran harga: Rp200.000 untuk 2 orang


Teks Oleh: Najwa Chika Salsabila
Foto Teaser: 60 Common House & Nalar Live