Siapa sih yang tidak kenal dengan drama yang satu ini. Tersisa dua episode lagi, hometown chachacha membuat penonton semakin penasaran. Sebab bukan hanya kepo terhadap hubungan dr. Yoon dengan Hong Du Shik melainkan misteri hilangnya Du Shik atau yang akrab disapa Hong Banjang selama lima tahun.


Tapi disamping itu, CASA sering salfok loh dengan rumah Hong Banjang yang diklaim semua furniturnya dibuat sendiri oleh dia dan juga material kayu yang super dominan di rumahnhya. Kali ini CASA ingin kasih tips untuk para penonton setia yang salfok dengan desain rumah Hong Banjang. Yuk simak tips tiru desain rumah Hong Banjang dibawah ini!





1. Gunakan Material Kayu

Rumah Hong Banjang memiliki gaya rumah tradisional dengan didominasi oleh kayu, mulai dari lantai hingga hampir seluruh furnitur yang ada pada sudut ruangan rumah Hong Banjang menggunakan material kayu.Tidak hanya pada lantai dan dinding, rumah Hong Banjang pun memiliki struktur atap kayu yang terekspos, sehingga saat masuk rumah ini pertama yang akan dilihat oleh mata kita adalah material kayu.



tvn

Material kayu pada rumah memberikan nuansa hangat, segar dan juga harmonis. Selain itu juga, material kayu memiliki kelebihan dalam meningkatkan produktivitas dalam diri kita dan dapat mengurangi stress berlebih. 


Happy design House

2.  Kombinasi Cat Polos

Karena rumah didominasi oleh material kayu, Anda bisa mengombinasikannya dengan cat polos. Warna cat polos yang dapat Anda gunakan adalah warna-warna seperti warna putih dan juga warna cream. Warna-warna ini nantinya akan berperan untuk menetralisir serta menjadi penyeimbang warna coklat pada kayu yang dapat terbilang dominan pada ruangan.



nuwa house


Warna cerah seperti putih dan cream tadi dapat menimbulkan nuansa terang, bersih dan juga kesan luas pada ruangan. Selain itu, warna ini juga dapat memberikan ketenangan sehingga ruangan akan terasa lebih nyaman jika ditempati.



nuws house



3. Gunakaan Bukaan yang Lebar

Nah ini salah satu tips utama loh dalam mendesain rumah ala Hong Banjang! Yap, bukaan yang lebar! Yang menarik dari rumah Hong Banjang adalah bukaan berupa pintu geser dengan material kaca pada bagian living room yang terhubung dengan taman. Sehingga sumber pencahayaan alami rumah Hong Banjang didapat dari situ. Selain sebagai sumber pencahayaan alami, pintu bermaterial kaca tadi berguna sebagai jalur masuk dan keluarnya udara dan juga sebagai sarana untuk melihat view luar.


Air weave


Selain bukaan berupa pintu, rumah Hong Banjang juga memiliki banyak bukaan berupa jendela contohnya pada kamar yang tergolong besar. Banyaknya bukaan pada rumah dapat membuat rumah Anda lebih sehat dan juga meminimalisir penggunaan lampu pada siang hari dan juga penggunaan AC.





tvn


4. Pemilihan Furnitur yang Tepat

Tips yang satu ini juga ga kalah penting lo, yaitu pemilihan furnitur. Desain korea cenderung lebih mementingkan fungsionalitas dibanding dengan estetika. Sehingga furnitur yang ada pada rumah cenderung furnitur-furnitur yang hanya akan digunakan oleh pengguna. Tips menarik yang dapat diambil dari pemilihan furnitur rumah Hong Banjang adalah mencari furnitur dengan material yang serasi dengan desain rumah. Furnitur-furnitur pada rumah Hong Banjang didominasi dengan furnitur bermaterial kayu yang memiliki desain compact karena menyesuaikan dengan rumahnya yang tergolong tidak luas. 



tvn


Selain itu, pada sofa Hong Banjang memadukannya dengan furnitur yang lebih modern dengan warna abu-abu agar memberi kesan dinamis dan tidak monoton pada ruangan. Namun material rangka utama sofa tetap menggunakan unsur kayu. Yang sangat amat mencerminkan furnitur yang mengedepankan "fungsionalitas" pada rumah Hong Banjang adalah rak yang sekaligus menjadi pembatas antara living room dengan kitchen. Untuk Anda yang memiliki ruang sempit namun ingin tetap menciptakan privasi. Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan pembatas berupa rak.


tvn


Oh iya, gak kalah menarik. Pada bagian kamar, Hong Banjang menggunakan material bekas berupa pallet kayu yang dimanfaatkan menjadi rangka ranjang loh! Menarik banget ya.



5. Unsur Vegetasi pada Rumah

Tidak ketinggalan adalah unsur vegetasi pada rumah. Baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan penting sekali menambahkan unsur vegetasi. Selain menimbulkan kesan sejuk, tanaman pada ruangan juga dapat memberikan healing pada diri kita loh. 


Maison Korea


6. Gunakan Cahaya Warm Light pada Ruangan

Tips yang terakhir adalah menggunakan warm light untuk pencahayaan buatan. Jenis warna ini akan memberi kesan hangat pada ruangan, untuk living room dan kamar idealnya menggunakan warna lampu warm white (2700K) agar mata Anda lebih sehat.

tvn


Nuwa House



Teks Oleh: Najwa Chika Salsabila
Foto Teaser: tvn