Ternyata, tak hanya dapat ditempatkan di luar rumah, taman pun juga dapat ditempatkan di dalam rumah. Selain menambah estetika, keberadaan taman di dalam rumah bisa mengurangi jumlah polutan di udara dan menghasilkan udara yang lebih bersih ke dalam rumah, serta bisa meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur. 


Nah, berikut ini beberapa ide taman di dalam rumah, hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat taman di dalam rumah, dan beberapa pilihan tanaman yang cocok ditanam di dalam rumah. Simak ulasan lengkapnya di bawah inI!





Ide taman di dalam rumah


1. Vertical garden di dalam rumah

(rowenhomes.co.uk)


Jika Anda memiliki hunian kecil, vertical garden bisa menjadi solusi menghadirkan sudut hijau di dalam rumah. Anda tetap bisa memiliki taman di dalam rumah tanpa harus mengorbankan banyak ruang. Pastikan Anda menambahkan pelapis pada dinding sebelum memasang frame untuk taman vertikal, berguna untuk melindungi dinding rumah dari rembesnya air dan masuknya akar tanaman, yang bisa merusak dinding utama. 


2. Taman di bawah tangga

Ide taman dalam rumah

(Photo: Maira Acayaba (@mairaacayaba) / Arsitek: Flavia Torres Arquitetura (@flaviatorresarquitetura) & Marina Portolano (@marinaportolano)


Anda bisa memanfaatkan space kosong di bawah tangga untuk taman di dalam rumah. Keberadaan taman di bawah tangga akan menjadikan area bawah tangga lebih menarik, tampak lebih asri, sekaligus menjadi sistem sirkulasi udara alami bagi hunian. 


3. Memanfaatkan area void rumah sebagai taman


(Photo: Photographix India (@phxindia) / Arsitek: Studio Lagom (@studio_lagom))


Area void di dalam rumah juga bisa Anda manfaatkan sebagai taman indoor. Ini karena, area void -- ruang kosong antara lantai atas dan bawah -- biasanya memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang baik sehingga cocok dimanfaatkan untuk taman di dalam rumah. Anda bisa membuat taman kering di area void atau taman dengan kolam ikan yang bisa menambah kesejukan di dalam rumah. 


4. Menghidupkan ruangan dengan tanaman hijau


(Photo & Desainer Interior: Sensibly Curated (@sensiblycurated))


Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan sebagai taman di dalam rumah. Ini akan membuat ruangan terasa lebih hidup, asri, menarik, dan lebih sejuk. Anda bisa menjajarkan satu atau lebih tanaman hias di lantai atau menggantungnya -- bisa keduanya. 


5. Taman kecil di dalam kamar mandi


(Visualisasi: Gavinscott3d ( @gavinscott3d) / Arsitek: Chamberlain Architects ( @chamberlainarchitects))


Selain beberapa area di dalam rumah yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa menghadirkan taman kecil di dalam kamar mandi. Tanaman hijau di dalam kamar mandi dapat memberikan suasana rileks, menambah kesan segar untuk kegiatan mandi yang menyenangkan, dan meningkatkan energi positif yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. 


Pastikan Anda memberikan akses pencahayaan yang baik agar tanaman tidak layu dan mati. Agar privasi Anda tetap terjaga, Anda bisa menambahkan pintu kaca sebagai pembatas antara area mandi dan taman. 


6. Taman dalam rumah di sudut ruang makan


(Arsitektur: Metamoorfose Studio (@metamoorfose_studio))


Menghadirkan taman di sudut ruang makan bisa meningkatkan selera makan, karena bisa meningkatkan mood dan menyejukan mata. Selain itu, menambahkan area hijau di sudut ruang makan juga bisa membuat ruang makan Anda terlihat lebih menarik.


7. Taman dalam rumah di kamar tidur 


(Taryn Elliott on Pexels)


Siapa bilang Anda tidak bisa menghadirkan taman mini di kamar tidur. Taman mini di kamar tidur bisa menjadikan udara di dalam ruangan semakin segar dan bersih serta bisa meningkatkan suasana hati, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. 


Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat taman di dalam rumah


1. Pilih area rumah yang ingin dibuat taman indoor


Sebelum membuat taman di dalam rumah, pilih dan analisa terlebih dahulu area rumah yang ingin dibuat taman. Hal ini dilakukan agar keberadaan taman tidak mengganggu aktivitas harian Anda, bisa berfungsi secara maksimal, dan bisa menambah nilai estetika rumah Anda. 




2. Perhatikan akses pencahayaan


Ini langkah penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat taman di dalam rumah. Pencahayaan yang baik diperlukan tanaman agar bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Pastikan area rumah yang akan dijadikan taman indoor memiliki pencahayaan yang baik.


3. Perhatikan kelembapan


Tak hanya pencahayaan yang baik, kelembapan juga dibutuhkan tanaman agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Kelembaban yang dibutuhkan bisa berbeda-beda untuk setiap jenis tanaman. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis tanaman yang sesuai dengan tingkat kelembapan di area taman indoor. 


Jenis tanaman yang cocok untuk taman di dalam rumah


Ada banyak jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di dalam rumah. Beberapa diantaranya, yaitu:


1. Tanaman lidah mertua


(Jubair Bin Iqbal on Pexels)


Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias yang satu ini. Selain berfungsi untuk mempercantik taman di dalam rumah, tanaman lidah mertua juga bisa menyaring udara dan menyerap racun. Ini dapat membuat udara di rumah Anda lebih bersih dan sehat. Dalam merawat tanaman lidah mertua, Anda tidak perlu menyiram tanaman ini terlalu banyak karena dapat membuat akarnya cepat membusuk. 


2. Bamboo palm


Kehadiran bamboo palm bisa menghadirkan kesan tropis dan asri pada rumah Anda. Disarankan Anda memiliki taman indoor yang cukup tinggi dan mendapatkan akses pencahayaan yang baik, agar dapat memaksimalkan pertumbuhan bamboo palm. 


3. Tanaman hias gantung


Beberapa jenis tanaman hias gantung, seperti English ivy, Philodendron heartleaf, Sirih gading (Devil's ivy), dan Spider plant, dapat mempercantik taman di dalam rumah Anda sekaligus menghilangkan polutan di udara.


4. Kaktus


Tergolong tanaman hias yang mudah untuk dirawat, kaktus dapat menjadi pilihan tanaman yang tepat untuk taman indoor. Kaktus dapat tumbuh baik pada media tanah maupun pasir, serta tidak membutuhkan banyak air, cukup disiram sekitar satu sampai dua minggu sekali.


5. Peace lily


(Cottonbro on Pexels)


Peace lily menjadi salah satu tanaman hias yang berada di daftar teratas tanaman yang cocok ditempatkan di dalam ruangan. Tanaman hias ini memiliki ketahanan tinggi, dapat membantu menyaring senyawa berbahaya, meningkatkan kelembapan, membantu Anda bernapas dengan lebih baik, dan membantu tidur lebih nyenyak, serta keindahan tanaman ini juga bisa membawa ketenangan dengan meredakan stres. 


Agar tanaman Peace lily dapat tumbuh dengan baik, letakkan di tempat yang terang dengan cahaya matahari tidak langsung dan jaga tanah tetap lembap.



(Teaser: Photo: Photographix India (@phxindia) / Arsitek: Studio Lagom (@studio_lagom))