Pada tanggal 9-10 Oktober 2021 lalu, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta mengadakan webinar bertajuk "Heritage & Sketch #3: Back for The Future, Indonesia". Acara ini diadakan bermula dari permasalahan bahwa kurangnya pemahaman dan perhatian masyarakat terhadap kawasan dan bangunan cagar budaya. Semakin banyak bangunan cagar budaya yang terancam rusak dan punah yang diakibatkan salah satunya karena minimnya pemahaman tersebut.


Di sisi yang sama, Teknik menggambar sketsa tangan juga mengalami degradasi dengan semakin berkembangnya teknologi komputer dan IT. Padahal sketsa memiliki peran yang sangat penting, khususnya dalam memotret sejarah perkembangan Indonesia.







Maka dari itu, di hari pertama "Heritage & Sketch #3: Back for The Future, Indonesia" mengadakan workshop sketsa yang diisi oleh narasumber LK Bing dan Denny Samawa. Pada sesi tersebut, dijelaskan bagaimana teknik sketsa yang baik, proses mensketsa dan juga pemilihan warna. LK Bing juga menyatakan dirinya biasa menghabiskan waktu untuk membuat satu sketsa berbeda-beda karena bergantung pada mood serta kondisi hari itu, Tak kalah menarik di sesi terakhir, terdapat demo yang sketsa yang dilakukan oleh Denny Samawa yang diikuti oleh para peserta. Dalam sesi tersebut peserta dapat meminta penilaian langsung dari narasumber.






Pada hari kedua, kegiatan yang dilakukan adalah cerita sejarah dan virtual sketchwalk yang dihadiri oleh delapan narasumber. Bambang Eryudhawan mengatakan bahwa "Sketsa dan sejarah merupakan elemen penting dalam merekam masa lalu. Merekam peristiwa, baik orang-orangnya maupun lokasinya. Hal ini sangat berguna untuk arsip di masa yang akan datang"




Beliau memaparkan betapa pentingnya peranan sketsa dalam pekembangan sejarah dan juga dalam mengetahui berbagai identitas bangunan cagar budaya. Dihadiri kurang lebih 130 peserta, IAI Jakarta berharap acara ini dapat menjadi upaya dalam melestarikan bangunan cagar budaya serta dapat meningkatkan kemampuan arsitek dalam menggambar sketsa tangan.


Teks oleh: Najwa Chika Salsabila
Foto Teaser: OKE Travel