Sebuah studio arsitektur asal Swiss telah berhasil membangun gedung art institute dengan bentuk yang unik di Seoul, Korea Selatan.

Herzog & de Meuron merupakan sebuah studio arsitektur yang sudah berpengalaman dalam menciptakan exhibition spaces.





ST SongEun Building Seoul Casa Indonesia


Gedung dengan struktur yang lancip ini diberi nama ST SongEun Building. Berlokasi di Chung Dam District, proyek ini merupakan proyek pertama Herzog & de Meuron di Korea Selatan.

Gedung ini berisi beberapa art studio dan exhibition space untuk SongEun Art and Cultural Foundation yang merupakan sebuah organisasi non-profit yang mendukung seniman lokal.


ST SongEun Building Seoul Casa Indonesia


Bentuk dan material yang cukup unik dari gedung merupakan faktor yang membuatnya berbeda dari gedung-gedung lain yang ada. Bentuk yang mengerucut dan lancip serta material concrete yang menyelimuti eksterior gedung menjadi cirinya yang khas.


ST SongEun Building Seoul Casa Indonesia


Baca juga, Terbesar di Seoul, Mall Ini Punya Fitur Futuristik


Interior dari gedung ini juga tidak kalah menarik. Terdiri dari 11 lantai di atas permukaan tanah dan 5 lantai di bawah, gedung ini memiliki total luas 8000 m2.


ST SongEun Building Seoul Casa Indonesia


Sebagian lantai bawah gedung ini dimanfaatkan sebagai exhibition spaces dan art studios, sedangkan lantai atas dimanfaatkan untuk sebuah kantor.




ST SongEun Building Seoul Casa Indonesia


Terletak di tengah kota dan terlihat seperti balok concrete yang besar, gedung ini diharapkan dapat menjadi cultural landmark bagi kota Seoul.


Baca juga, Ilusi Ombak Laut Terbesar di Dunia? Ada di Kota Seoul!


Tidak hanya itu, gedung ini juga diharapkan dapat membantu para seniman kontemporer lokal asal Korea Selatan untuk lebih dikenal di lingkup internasional.


Teks oleh: Shabrina Nisakara
Sumber foto dan teaser: Jihyun Jung & SongEun Art and Cultural Foundation