Ruang makan saat ini tidak lagi ditempatkan di bagian belakang dalam sebuah rumah. Bahkan, menjamu kerabat dan tamu kini sering dilakukan di ruang makan.

Oleh sebab itu, ruang makan pada desain rumah masa kini sering kali dijadikan jantung hunian. Ruang makan justru ditempatkan di tengah-tengah rumah. Dengan demikian, desain ruang makan modern sering dikelilingi oleh fungsi ruang lainnya.

Sesuai dengan karakter desain modern yang menganut efisiensi ruang, keterbukaan menjadi ciri khas ruang makan masa kini. Keberadaannya tidak lagi tersembunyi, melainkan berdampingan langsung dengan ruang keluarga, dapur, bahkan teras dan halaman.



Desain ruang makan terbuka yang juga sering menjadi satu kesatuan dengan pantry atau dapur bersih ini juga dinilai lebih praktis. Dalam keseharian, penghuni dapat mengkases dapur maupun mengolah makanan dengan cepat dan langsung menikmatinya di ruang makan sambil tetap berinteraksi dengan anggota keluarga lain di ruang keluarga misalnya.

Adapula di momen-momen tertentu, penghuni bisa menjamu dan melaksanakan pesta kecil bersama keluarga dan kerabat dekat di ruang makan tersebut. Intinya, ruang makan dengan desain terbuka memberi kesan keakraban dan keluwesan yang berseberangan dengan stigma ruang makan formal selama ini.

Selain dari tata letaknya, desain furniturnya pun memberi kesan terbuka. Hal ini terlihat dari bentuk geometris pada meja makan misalnya, deretan kursi makan dengan desain yang simple, pencahayaan alami, hingga warna cat dan materialnya yang tampak serasi dan harmonis dengan furnitur ruangan di sisi-sisinya.

Berikut ini adalah sepuluh desain ruang makan dengan konsep terbuka inspiratif pilihan CASA Indonesia.

1. 

2. 

3. 

4. 



5. 

6. 

7. 

8. 

9. 

10. 


(Foto: Dok. CASA Indonesia)