Menciptakan nuansa tertentu seperti desain tematik dapat menjadi langkah awal ketika mendesain kamar yang nyaman bagi anak. Ketahui dulu minat dan selera anak sehingga kamarnya dapat menjadi zona nyaman saat ia beristirahat maupun belajar dan bermain.

Berikut 10 inspirasi desain kamar anak, yang mencakup area tidur, area belajar sekaligus area bermain. Get this look!





Permainan Warna Cat Dinding dengan Furnitur yang Simpel


Kamar tidur anak remaja perempuan karya desainer interior Jooke Roos.


Untuk menyiasati ruang kamar yang kecil, dinding kaca dapat ditempatkan pada salah satu sisi kamar. Sebagai aksen yang menghidupkan nuansa kamar, pemakaian wallpaper bermotif sederharna bisa menjadi pilihan, lalu padu padankan dengan furnitur yang juga berdesain simpel dalam warna yang cerah.



Kamar tidur kakak beradik laki-laki karya Rima Melati-Adams


Selain menjadi dekorasi yang menarik, inisial nama pada dinding dapat memberikan efek psikologis bagi sang anak bahwa tempat tidur tersebut merupakan hak teritorinya. Hal ini juga dapat berguna agar masing-masing anak bertanggung jawab atas daerah teritorinya termasuk dalam menjaga kebersihan dan kerapihan tempat tidur.


Desain Tempat Tidur yang Menarik



Desain kamar tidur bergaya skandinavia karya Ira Tenripada


Bentuk tempat tidur dapat dibuat menarik dengan susunan balok kayu yang menyerupai bentuk rumah sehingga dapat menjadi design statement unik. Baca juga tips and tricks mendesain kamar tidur anak ala skandinavia.


Multifungsi dalam Luasan Kamar yang Terbatas


Loft bed Deluxe Kenmare


Solusinya ialah dengan metode overlap yang mengakomodasi kedua fungsi seperti tempat tidur dan lemari anak. Contohnya dengan mendesain lemari pakaian di bagian bawah dan tempat tidur di bagian atas. Agar terkesan lebih ringan gunakan dinding lemari yang bersifat transparan (backlit) atau dengan tirai.


Poppi Ponte oleh Clei


Memberi nilai dinamis dengan menggunakan perabotan serbaguna. Misalnya, penggabungan fungsi antara meja belajar dan tempat tidur dalam ruangan yang memanjang dan sempit. Caranya ialah dengan membuat 'dinding yang terintegrasi' dan sistem modular.


Baca juga: Gemas! 27 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan




Desain Ruang Belajar yang Tematik Menyesuaikan dengan Minat dan Bakat Anak



Chemist On Duty karya desainer interior Maggie Eddy


Ruang belajar dengan tema chemistry dapat dilengkapi dengan playkit alat-alat laboratorium lengkap dengan tabel periodik unsur kimia. Lokasikan meja belajar dekat dengan jendela sehingga cahaya alami leluasa menerangi ruangan yang menimbulkan aura positif bagi anak untuk berkonsentrasi belajar.



Be an Astronomer karya dekorator Amesh Budiristio


Nuansa ruang luar angkasa makin terasa dengan penambahan dekor seperti poster besar bergambar bulan,papan tulis hitam yang dapat digunakan untuk menggambar gugusan bintang serta buku-buku pengetahuan ilmu astronomi.



Botanical Practice karya fotografer Andre Wiredja


Dandani ruang belajar dengan deretan tanaman dalam pot-pot mungil yang tidak memakan banyak tempat. Ini akan memudahkan tanaman untuk 'dibedah' saat anak melakukan suatu percobaan ilmiah. Lengkapi dengan alat-alat bercocok tanam versi mini yang memudahkan mencari jawaban rasa penasaran terhadap organisme multiselular berfotosintesis ini.


Area Bermain yang Terpisah dari Area Tidur



Desain area bermain dengan nuansa festive oleh pemilik rumah.


Jika usia anak Anda masih dalam usia aktif bermain, sebaiknya area bermain dipisahkan dari area tidur sehingga anak lebih eksploratif dan total dalam kegiatan bermain dan belajar.


Pilihlah Furnitur Anak yang Penuh Imajinasi



Pemilihan furnitur anak yang imajinatif juga dapat menghidupkan suasana kamar anak.


Baca juga: 15 Kombinasi Warna Cat Kamar Tidur


Foto: Dok. CASA Indonesia, Clei, kidsandteensworld.