Anda pernah diundang hadir dalam jamuan duduk di meja untuk makan siang atau makan malam? Salah mengambil piring roti dan mentega dari tamu yang duduk di sabelah di kanan Anda? Salah mengambil gelas yang seharusnya milik tamu sebelah kiri Anda?


Kesalahan klasik yang seharusnya tidak perlu terjadi bila Anda memahami aturan tata meja internasional. Tapi tenang, karena hal itu dapat mudah dipelajari. 





Ada beberapa penataan dasar yang wajib Anda pahami. 

Untuk tata meja yang paling sederhana, gelas air minum Anda biasanya akan terletak di sisi kanan piring makan. Standarnya, jumlah gelas terdiri atas gelas air putih dan gelas untuk minum anggur/wine.  


Untuk penataan yang lebih formal biasanya tersedia piring kecil untuk mentega. Piring kecil dan pisau mentega akan terletak di sisi kiri piring makan Anda.


Jadi jangan salah ambil "milik tetangga" Anda, karena berakibat juga kesalahan ke sisi-sisi tamu lainnya. 


Jumlah gelas juga biasanya bisa lebih dari dua, yaitu gelas untuk minum air, anggur merah dan putih. 


Baik untuk penataan non-formal dan formal, gunakan urutan pakai alat-alat makan dari arah luar ke dalam.  Jadi biasanya urutan makan akan disesuaikan dari makanan pembuka, utama hingga penutup.


Kadangkala,  di antara hidangan pembuka disediakan soup and salad, yang menggunakan alat makan berbeda. 


Untuk soup, tersedia sendok yang bentuknya lebih bulat daripada sendok biasa yang lebih berbentuk lonjong. Untuk salad, tersedia garpu dan pisau untuk menusuk dan memotong sayuran agar mudah dimakan. 


Untuk hidangan utama, tergantung jenis masakannya. Bila Anda memesan steak, akan disiapkan pisau dan garpu yang khusus. Demikian pula bila Anda memesan daging ayam atau ikan, akan disiapkan pisau dan garpu yang sesuai. 


Pada situasi tertentu, penggunaan sendok juga disesuaikan kreativitas chef yang mengkreasikan masakannya. Terkadang ada soup yang dihidangkan di dalam cangkir espresso, sehingga cukup diiminum tanpa menggunakan sendok lagi. 




Pilihan piring dan mangkuk juga sangat bervariasi.  Saat ini, paduan jenis masakan dan karakter menu yang disajikan sebuah restoran akan mengikuti konsep yang menjadi ciri khas. Tapi dengan memahami dasar penataan meja, Anda juga dapat menerapkannya di rumah. 




Anda dapat berkreasi secara bebas dan kreatif.  Apalagi bila Anda suka memasak dan mengundang keluarga maupun sahabat untuk makan di rumah. Eksplorasi menu dan tata meja makan akan menjadi hal menarik yang tidak pernah bosan untuk dikreasikan. 


Anda dapat menata meja di teras saat sore hari dengan warna-warna natural yang casual dan ringan. 


Dengan paduan beberapa motif piring makan yang eklektik/bercampur gaya, bisa diterapkan untuk sebuah tata meja makan untuk makan siang. 


Pilihan tata meja makan yang lebih anggun untuk makan malam, tetap berkesan ringan dan modern dengan pilihan piring mangkuk putih. 


Gaya minimalis yang modern untuk tata meja makan. 



Terakhir, pastikan Anda menyisipkan detail-detail menarik untuk sentuhan karakter Anda. Pilih yang sesuai dengan tema acara Anda, dan biarkan para tamu menikmatinya sebagai hal yang berkesan mendalam. 



Detail untuk makan malam akhir tahun dapat mencoba sentuhan warna emas yang memberi kesan mewah. 


Jangan lupa, buka dan siapkan napkin yang telah tersedia pada pangkuan paha Anda sebelum memulai acara makan. Enjoy the conversation. Enjoy the food. Bon appetit!


Selamat mencoba! 


Foto: Pinterest; Dok. CASA Indonesia.