Bagi pengguna software SketchUp 2015 tentu tidak merasa asing dengan tokoh pria lanjut usia sebagai scale figure ini.

Menggunakan busana bernuansa hijau, serta terlihat membawa sketchbook; ternyata scale figure ini ada di dunia nyata dan seorang arsitek ternama. 



The Sundial House di Meksiko karya Steve Oles (2007)


Tokoh ini bernama Paul Stevenson Oles, FAIA atau kerap dipanggil Steve. Steve telah berkarier hingga 40 tahun sebagai arsitek, ilustrator, penulis, dan profesor yang disegani.


Sketsa tangan Steve: Washington Cathedral pada tahun 1981. Bangunan karya Philip Hubert Frohman ini selesai didirikan tahun 1993


Pria asal Boston, Amerika Serikat ini telah menghasilkan karya-karya legendaris seperti New England Sunbox yang memenangkan NEES Energy-efficient Housing Competition (1983), Deerfield River Bridge (1993), dan The Sundial House yang mendapat penghargaan AIA/SF Design Citation 2009.


Tahukah Anda, bahwa Anda bisa menggunakan gaya arsiran tangan Steve pada karya Anda di SketchUp? Uniknya lagi, warna kacamata Steve sebagai scale figure bisa diubah-ubah.


Kostum Steve Oles yang sama persis dengan scale figure SketchUp / SketchUp


Simak 9 fakta unik versi CASA Indonesia tentang Steve Oles.


1. Sketchbook merepresentasikan kariernya sebagai arsitek dan ilustrator ternama


Berkolaborasi dengan arsitek-arsitek maestro lainya, banyak bangunan legendaris yang kini berdiri sebagai monumen bersejarah merupakan hasil rancangan dan sketsa tangannya.


Dokumentasi Steve Oles saat membuat sketsa / SketchUp


Pada tahun 1978, arsitek legendaris I. M. Pei meminta Steve secara langsung agar mau bergabung menjadi konsultan desain dan ilustrator untuk East Building di National Gallery of Art, Washington D.C.

East Building di National Gallery of Art di Washington D.C karya I. M. Pei. Atas: Sketsa tangan Steve pada tahun 1976. Bawah: Foto bangunan saat pertama kali berdiri pada tahun 1978


Sketsanya mengandung arsiran yang sangat detail dan mengagumkan. Tahun 1996, ia memenangkan Hugh Ferriss Memorial Prize berkat sketsa tangan Paris office tower; rancangan Henry N. Cobb, FAIA. 


Baca juga, Bersiaplah Menikmati Karl Lagerfeld Hotels & Resorts


2. Mahakarya arsiran Steve ada di SketchUp


Bagi para pengguna software SketchUp, Anda kerap menggunakan fitur Style untuk mengubah model dan tampilan 3D Anda.


Fitur Style di SketchUp yang serupa dengan gaya arsiran Steve Oles


Style dapat diatur menjadi selayaknya arsiran tangan, transparan, atau berwarna.

Sebagai pengguna setia dan guru dari perangkat lunak SketchUp, terdapat Style bernama PSO Vignette (bagian Assorted Style) yang merupakan rancangan khusus dari Steve untuk SketchUp.


3. Memenangkan tiga perhargaan bergengsi

  1. ASAI Hugh Ferriss Memorial Prize-1996
  2. American Institute of Architects Fellowship-1989
  3. AIA Institute Honor-1983


4. Menyandang gelar FAIA yang hanya ada 3% di dunia


Fellow of the American Institute of Architects (FAIA) adalah gelar bergengsi bagi para arsitek Amerika yang telah memiliki karier gemilang lebih dari 10 tahun.

Sketsa tangan Steve (1995): Hines France office tower yang memenangkan Hugh Ferriss Memorial Prize


Hanya 3% dari member AIA yang menyandang gelar FAIA, seperti Frank Gehry dan David Randall Hertz. Steve mendapat gelar ini pada tahun 1989 dan mendapat julukan the dean of architectural illustrators in America.


Baca juga, Pasangan Eames: Potret Cinta Sejati Dalam Balutan Seni


5. Profesor di universitas ternama sejak tahun 1969


Ia mengajar architectural drawing di Harvard Graduate School of Design (GSD), the Rhode Island School of Design (RISD), Yale University, dan the Massachusetts Institute of Technology (MIT). 


Dokumentasi Steve Oles saat membuat model 3D / SketchUp


6. Solo pameran di BSA Space


Boston Society of Architects/AIA (BSA) Space menjadi ruang pamer bagi karya Steve sejak 50 tahun lalu. Pameran yang diadakan akhir tahun 2016 ini ingin menyoroti kekuatan sketsa tangan di tengah-tengah era digital. Pameran berlangsung hingga 1 bulan.


Pembukaan pameran “Truth in Architecture – 50 years of architecture in perspective drawing / Howard Rideout Architect Inc.


7. Pendiri American Society of Architectural Illustrators (ASAI)


Steve adalah salah satu pendiri ASAI pada tahun 1985 yang berbasis di Maine, Amerika Serikat. ASAI merupakan organisasi yang bergerak di bidang grafis dan ilustrasi arsitektur.


Sketsa tangan Steve (1993) dan foto (1998) Moakley Federal Courthouse karya Henry N. Cobb, FAIA


Baca juga, Arsitek Jasin Tedjasukmana Meluncurkan Buku Pertamanya


8. Fasih dengan software SketchUp dan Photoshop


Tak kenal usia, ia pakar menggunakan teknologi terkini seperti SketchUp dan Photoshop. Salah satu model 3D yang pernah ia buat adalah rumah Lookout karya Charles G. Woods. 


Desain 3D Oles/Thompson Residence (2011) di Santa Fe, New Mexico


9. Lulusan Yale

Steve mengambil gelar aristek di Texas Tech University, Yale University periode 1956 – 1962.


Sumber foto: Dok. Steve Oles, SketchUp