Tableware atau peralatan makan dirancang dengan mempertimbangkan segala fungsinya. Namun, bagaimana bila peralatan makan dirancang tidak hanya mempertimbangkan fungsinya, tetapi juga memiliki nilai estetika?




Salah satunya peralatan makan yang dirancang oleh Joe Doucet, perancang asal Amerika, memiliki desain peralatan makan yang unik dan futuristik. Joe Doucet ditugaskan, Smithsonian Cooper-Hewitt National Design Museum untuk ikut ambil bagian dalam pameran “Tablescapes: Designs for Dining” yang menghadirkan pengalaman bersantap berbeda.




Dalam perancangannya, Doucet terinspirasi dari semakin terbatasnya ruang untuk manusia, dikarenakan sekitar satu milyar manusia bertambah ke dalam populasi setiap tahunnya. Desain tableware ini mengutamakan efisiensi dalam desainnya.


Baca juga, Super Unik! 5 Perlengkapan Dapur Menjadi Karya Seni




Setiap rancangan Tablescapes dibuat melalui metode cetak tiga dimensi, dan dapat dikustomisasi sesuai budaya makan masing-masing orang, di mana 10% dari populasi menggunakan tangan kiri.




Mangkuk dirancang multifungsi, selain berfungsi sebagai wadah makanan, mangkuk dapat digunakan sebagai wadah memasak. Pola-pola dirancang sedemikian rupa agar dapat menghantarkan panas secara merata. Selain itu, tutup dapat berfungsi sebagai piring atau alas untuk menyajikan makanan.


Baca juga, 6 Perlengkapan Kamar Mandi Ajaib yang Tak Terbayangkan!




Pameran Tablescapes berlangsung di Smithsonian Cooper-Hewitt National Design Museum, New York, Amerika Serikat dari tanggal 5 Oktober hingga 14 April 2019.


Sumber foto: Donatello Arm