Vitra Design Museum yang berada di wilayah Weil am Rhein di selatan Jerman diklaim sebagai salah satu kiblat bagi para arsitek maupun desainer. Museum desain yang dirancang oleh arsitek Frank Gehry pada tahun 1989 tersebut telah menjadi wahana ekshibisi bagi para arsitek dan desainer ternama untuk menyajikan ragam inspirasi di bidang desain. 

suasana di antara instalasi pameran "victor papanek: the politics of design"/ dok. vitra design museum/ norbert miguletz

beragam gambar kerja dan objek desain karya victor papanek/ dok. dok. vitra design museum/ norbert miguletz

pada akhir september lalu, vitra desain museum membuka pameran dari perjalanan desainer victor papanek dengan tajuk "victor papanek: the politics of design" yang akan berlangsung hingga 10 maret 2019. ekshibisi tersebut akan menampilkan beragam karya seperti gambar kerja, objek desain, hingga film dokumenter yang menunjukkan napak tilas victor papanek. sebagai seorang desainer, papanek adalah sosok yang karyanya selalu mengacu pada isu sosial dan lingkungan, di mana pendekatan tersebut kini tengah menjadi pembaruan bagi industri desain. 

lahir di kota vienna, austria, victor papanek pernah meluncurkan buku berjudul design for the real world di tahun 1971. dari buku tersebut dapat disimak bila papanek begitu konsisten menggunakan bahasa desain sebagai media untuk memenuhi hajat hidup manusia, termasuk di dalamnya adalah segi fungsi dan estetika. pola pikir dan acuan desain victor papanek tersebut sejalan dengan prinsip desain geberit yang menjadi sponsor pameran "victor papanek: the politics of design".

sampul buku design for the real world karya victor papanek terbitan tahun 1971/ dok. victor j. papanek foundation

sebagai produsen sanitasi yang telah berpengalaman lebih dari 150 tahun, geberit memahami dengan sangat mendalam bagaimana desain dan konteks sosial serta lingkungan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. jargon "design meets function" yang disuarakan oleh geberit sejalan dengan etos desain victor papanek yang tersaji dalam ekshibisi the politics of design. seperti pada salah satu karya victor papanek yang mengundang perhatian yaitu work cube (1973), rangkaian furnitur yang susunannya dapat diubah sesuai fungsi dan kebutuhan. 

gambar kerja work cube (1973)/ dok. victor j. papanek foundation

benang merah pada gubahan desain yang ada pada diri victor papanek amat sejalan dengan prinsip desain yang diusung oleh geberit. sebagai produsen sanitasi, geberit tidak hanya mengedepankan elegansi desain pada produk-produknya, seperti toilet misalnya, namun juga berpegang pada fungsi sebuah sanitasi di mana nilai kesehatan, higienitas, hingga durabilitas merupakan faktor utama yang diperlukan pada sebuah produk sanitasi.



Produk urinal system Geberit telah teraplikasi di Vitra Design Museum sejak tahun 2017/ dok. Geberit

Sejak tahun 2017 silam, produk urinoar Geberit telah teraplikasi untuk toilet Vitra Design Museum. Dengan tampilan yang modern, urinoar Geberit menyajikan perangkat toilet berbahan keramik dengan durabilitas yang tinggi sekaligus efisiensi pemakaian air dan listrik yang optimal.