Dikelilingi gedung-gedung tinggi yang berdiri megah, restoran-restoran terbaik, serta berbagai resor mewah, Dubai menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi hampir semua orang. Kesan mewah yang dimilikinya, justru membuat orang-orang penasaran akan sensasi berlibur di kota yang dipenuhi milyader ini.

Meski terkenal dengan kemewahannya, Anda tak perlu khawatir akan menghabiskan dana yang cukup besar. Melalui artikel ini, kami ingin memberikan beberapa tips berlibur hemat di Dubai.





Dikutip dari Dubai Tourism, berikut ini adalah tips menikmati liburan impian di Dubai dengan hemat:


1. Tiket pesawat



Ilustrasi tiket pesawat / Thinkstock

Alokasi budget untuk pesawat memiliki porsi yang cukup besar dibandingkan pengeluaran lainnya, mengingat jarak penerbangan yang memakan waktu 8-9 jam dari Jakarta. Cara menghematnya adalah pesan tiket pesawat jauh dari sebelum hari keberangkatan dan selalu mengikuti informasi promosi. Anda dapat mencoba maskapai Cebu Pacific Airlines, Singapore Airlines, Etihad, Emirates dan Garuda Indonesia.


2. Tempat menginap



Courtyard by Marriott, Dubai / Dubai Tourism

Terdapat beberapa area di Dubai memiliki penginapan dengan harga terjangkau, di antaranya Al Mankhool, Bur Dubai, Deira atau Al Barsha. Selain itu, tinggal di wilayah yang ramai memberikan kesempatan wisatawan merasakan kehidupan lokal, serta arsitektur tradisional dalam sebuah kota. Bebarapa pilihan penginapan di antaranya, Courtyard by Marriott, Centro by Rotana, Ibis by Accor Hotels, dan Starwood’s Aloft, dan juga brand lokal seperti Zaabeel House dari Jumeirah Group dan Rove Hotels milik Emaar Hospitality Group.


Baca juga, Bernuansa Haussman, Inilah Hotel Terbaru Milik Bulgari


3. Memilih tempat makan



2nd of December Street / Time Out Dubai

Tidak hanya makanan kelas dunianya, Dubai menawarkan pengalaman bersantap dengan harga terjangkau. Anda dapat mengunjungi 2nd of December Street, sebelumnya Al Dhiyafa Street, yang menyajikan hidangan dari berbagai negara seperti, India, Iran, Libanon dan negara lainnya.




Baca juga, 10 Rekomendasi Tempat Makan Keluarga Terbaik di Jakarta


4. Tempat yang dikunjungi



Exploring The Old Dubai / Dubai Tourism


Old Dubai merupakan salah satu tempat bersejarah Kota Dubai. Anda dapat melihat seperti apa kehidupan di Dubai pada zaman perdagangan, saat Creek menjadi jalur kehidupan seluruh kota. Pengunjung cukup membayar sebesar Rp 12.000 untuk masuk ke Dubai Museum dan membayar Rp 4.000 untuk menyebrangi Creek menggunakan abra (perahu tradisional). Untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata kelas dunia di Dubai, wisatawan bisa mendapatkan Dubai Pass, kartu prabayar yang memberikan akses bebas ke 33 tempat wisata utama di Dubai.


5. Berbelanja di Dubai



Dubai Flea Market / Dubai Flea Market

Untuk merasakan pengalaman berbelanja yang berbeda, Anda dapat mengunjungi beberapa pasar tradisional dengan kualitas produk yang tak kalah dengan mal-mal besar di Dubai. Safa Park, pusat Dubai Flea Market, merupakan tempat yang cocok untuk mencari barang bekas berharga dan aneka pernak-pernik rumah tangga seperti, tekstil, kerajinan tangan atau barang antik. Pasar barang bekas ini hadir di setiap Sabtu pertama di setiap bulannya di Safa Park, Jumat pertama di Uptown Mirdif, dan Sabtu kedua di Ibn Battuta Mall.


6. Transportasi



Dubai Tram / Dubai Tourism

Untuk menelusuri Kota Dubai secara hemat, Anda dapat menggunakan Dubai Metro dan Dubai Tram. Dengan harga tiket seharga Rp 12.000, Anda dapat berpergian ke tempat-tempat ikonik di Dubai, seperti Dubai Mall, Dubai Marina, The Deira Gold Souk, Palm Jumeirah, Jumeirah Lakes Tower dan lain-lain. Selain itu, Anda juga menggunakan RTA Bus secara gratis setelah perjalanan metro mereka.


Teks oleh: Edwin Hartanto


Foto teaser: Cityscape Dubai / Dok. Independent