Menikmati long weekend tidak harus berpergian jauh, Jakarta memiliki berbagai tempat menarik yang dapat Anda kunjungi. Mulai dari berkunjung ke museum, menikmati wisata alam atau sekadar bersantai di taman kota. Melalui artikel ini, CASA menyajikan rekomendasi tempat menarik di Jakarta untuk Anda.


1. Museum Macan, Kebon Jeruk






Museum Macan / @museummacan

Museum Macan kini menghadirkan pameran seni konseptual dari tiga seniman, yaitu Arahmaiani (Indonesia), Lee Mingwei (Taiwan), dan On Kawara (Jepang) dimulai dari 17 November 2018 hingga 10 Maret 2019. Beragam proyek seni dapat dinikmati pengunjung, serta berpartisipasi dalam The Letter Writing Project oleh Lee Mingwei.


2. MoJa Museum, Pondok Indah



Ruang seni atraktif MoJa / CASA Indonesia

MoJa atau Museum Of Jakarta merupakan sebuah spot instagramable baru di kawasan Pondok Indah. Berjarak 600 meter dari Pondok Indah Mall, MoJa merupakan pilihan tepat bagi Anda yang aktif di media sosial. MoJa Museum buka setiap hari, dengan harga tiket masuk Rp. 90.000 sampai Rp. 125.000.


Baca juga, 11 Hal Penting tentang Spot Instagrammable, MoJa Museum


3. Sejauh Mata Memandang, Senayan City



Petra Sihombing, Dian Sastrowardoyo, Chitra Subyakto, Tulus, dan Davy Linggar / CASA Indonesia


Sejauh Mata Memandang adalah sebuah brand fashion asal Indonesia. Dengan menghadirkan sebuah pameran karya seni yang edukatif, memberikan pengalaman baru bagi pengunjung dalam menikmati budaya Indonesia melalui pameran seni modern. Pameran Seni Timun Mas, hasil kolaborasi yang melibatkan beberapa seniman asal Indonesia, seperti Davy Linggar, Tulus, Petra Sihombing dan Dian Sastrowardoyo. Di dalamnya terdapat animasi Timun Mas dalam sebuah labirin. Pengunjung juga dapat menikmati koleksi terbaru dari Sejauh Mata Memandang yang disebut Musim Rintik 2018.


4. Jakarta Aquarium, Neo Soho



Bekerja sama dengan Taman Safari Indonesia dan Aquaria, Jakarta Aqurium memiliki lebih 600 biota laut, termasuk satwa langka dan asli Indonesia. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan 5D Sea Explorer dan Pearl of The South Sea yang menghadirkan putri duyung. Selain itu, pengunjung dapat menyentuh dan mempelajari satwa melalui Touch Pool. Buka dari pukul 10:00-20:00, harga tiket yang ditawarkan mulai dari Rp 150.000 Jangan lupa juga sensasi menyantap hidangan ala Western di Pinggo Restaurant dengan aktifitas penguin yang menggemaskan di balik kaca.




5. Pameran Mickey Mouse, Grand Indonesia



Spot insta-worthy / @grandindo


Berlangsung dari tanggal 15 hingga 25 November 2018, Pameran Mickey: The True Original di Atrium Utama, East Mall, Grand Indonesia memiliki berbagai spot instagramable. Pengunjung juga dapat Meet & Greet bersama tokoh Mickey dan Minnie Mouse, serta mengikuti berbagai workshop.


Baca juga, Wow, Jakarta Buat Pesta Ulang Tahun Mickey Mouse ke-90


6. Instrumenta, Galeri Nasional



Galeri Nasional

Sebuah festival yang menampilkan karya-karya 34 seniman, game designer, musisi, fotografer, peneliti, dari Indonesia dan mancanegara. Pengunjung dapat menikmati 29 karya seni media yang menggunakan teknologi virtual reality, game digital, arcade game, internet, kecerdasan buatan, hingga permainan tradisional. Festival ini berlangsung dari 11-30 November 2018.


7. Hutan Mangrove, Pantai Indah Kapuk



Suasana hijau di Hutan Mangrove, Pantai Indah Kapuk / Nianastiti.com


Bagi Anda yang ingin terbebas dari hiruk pikuknya suasana kota, mungkin Anda dapat menepi sebentar ke daerah utara Jakarta. Hutan Mangrove yang terletak di Pantai Indah Kapuk, menawarkan pengalaman berbeda bagi pengunjung. Bagaimana tidak, dengan luas hampir 100 hektar, didominasi oleh tumbuhan mangrove, hutan ini membuat pengunjung seakan-akan tidak berada di wilayah Jakarta. Di dalamnya, Anda dapat menelusuri setiap sudut hutan, melihat proses penanaman mangrove, serta mengitari danau dengan perahu. Dengan harga tiket masuk Rp 5.000 – 10.000, Hutan Mangrove cocok menjadi destinasi akhir pekan Anda bersama keluarga.


8. Kalijodo Skate Park , Jakarta Utara



Suasana Kalijodo Skatepark / Kompas.com


Kalijodo Skate Park merupakan sebuah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di kawasan Jakarta Utara. Di sini pengunjung dapat menghabiskan akhir pekan sambil berolahraga, tersedia beragam fasilitas pendukung seperti jogging track, skate park, lapangan voli, futsal dan badminton. Bagi Anda yang membawa anak, terdapat perpustakaan dan beberapa arena permainan anak-anak.



Teks oleh: Edwin Hartanto

Foto teaser: Landscape Jakarta / Dok. Indoindians.com