Berada di sebelah Kota Jakarta, Tangerang menyimpan banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi. Tak hanya dikenal dengan kotanya yang modern, Tangerang memiliki beragam destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata bersejarah hingga wisata kuliner. Berikut adalah tujuh rekomendasi tempat wisata di Tangerang:




1. Situ Cihuni


Pemandangan Situ Cihuni

Pemandangan Situ Cihuni / Dok. Jalanwisata.id


Menawarkan pesona alam yang dimilikinya, Situ Cihuni cocok untuk Anda yang ingin menjauh dari suasana kota. Memiliki area agrowisata, Anda dapat melakukan aktivitas pertanian, seperti menanam padi atau sayur-sayuran. Selain itu, Anda juga berkesempatan memanen sayuran dan buah segar untuk dibawa pulang.


Di area danau, Anda dapat melakukan aktivitas memancing secara gratis atau sekadar menikmati suasana danau. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari area parkir, mushola, restoran dan toilet.


Lokasi Situ Cihuni: https://goo.gl/maps/of2dNUy2Q8K2


2. Telaga Biru Cisoka


Birunya air di Telaga Cisoka

Birunya air di Telaga Cisoka / @helen_s.maria / Medium.com


Terkenal dengan kecantikan alamnya, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan. Telaga Biru Cisoka memiliki air yang berwarna biru jernih. Anda dapat mengitari telaga dengan cara menaiki perahu yang disewakan, tersedia juga beberapa spot foto instagramable.


Lokasi Telaga Cisoka: https://goo.gl/maps/pMZbyMcHuUE2


3. Tebing Koja


Tebing Koja yang menyerupai kandang godzilla

Tebing Koja yang menyerupai kandang godzilla / @felicia.navaroneMedium.com

Memiliki tebing-tebing eksotis menjulang, berpadu dengan hijaunya persawahan, menjadikan Tebing Koja memiliki daya tarik tersendiri. Anda dapat menikmati suasana alam sambil menelusuri setiap area. Selain itu, Anda dapat berinteraksi dengan hewan ternak warga, seperti domba dan kambing yang dibiarkan bebas. Tebing Koja atau sering disebut Kandang Godzilla, terletak di Kampung Koja, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten.


Lokasi Tebing Koja: https://goo.gl/maps/PTce1XgTSZQ2


Baca juga: 7 Destinasi Long Weekend di Bandung Yang Memorable


4. Klenteng Boen Tek Bio


Klenteng Boen Tek Bio, salah satu klenteng tertua di Tangerang

Salah satu klenteng tertua di Tangerang / Penamerdeka.com

Bagi Anda yang menyukai tempat wisata bersejarah, Anda dapat mengunjungi Klenteng Boen Tek Bio. Klenteng yang diperkirakan berdiri sekitar tahun 1684 ini, memiliki desain bangunan yang khas dan berbagai benda antik di dalamnya. Berada di sana, membuat Anda seakan berada di Tiongkok pada zaman dahulu.




Lokasi Klenteng Boen Tek Bio: https://goo.gl/maps/hCoQwjJvxAE2


5. Kuliner Pasar Lama


Salah satu kuliner di Pasar Lama

Salah satu kuliner di Pasar Lama / @johannesjogaFoody.id

Tak jauh dari Klenteng Boen Tek Bio, Anda dapat menepi ke Pasar Lama untuk mencicipi beragam kuliner menarik di dalamnya. Mulai dari Sate Ayam H. Ishak, Nasi Uduk Encim Sukaria, Bubur Ayam Ko Iyo, Es Podeng Varia, Bakmi Ayam Pasar Lama dan masih banyak lagi! Berkunjung ke sana, membuat Anda tidak ingin berhenti untuk terus mencicipi berbagai kuliner yang tersedia.


Lokasi Pasar Lama: https://goo.gl/maps/nc2mZADXDf22


6. Ocean Park Water Adventure


Arena seluncur di Ocean Park Water Adventure

Arena seluncur di Ocean Park Water Adventure / Ocean Park


Bagi Anda penggemar wisata air, Anda dapat mengunjungi Ocean Park Water Adventure yang terletak di BSD City, Tangerang Selatan ini. Ocean Park Water Adventure menawarkan berbagai wahana air yang seru dan menegangkan, seperti arena seluncur, kolam ombak, dan kolam arus sepanjang 500 meter. Untuk dapat masuk, Anda diharuskan mengeluarkan dana Rp 55.000,- untuk weekdays, sedangkan untuk weekend Rp 95.000,-.


Lokasi Ocean Park Water Adventure: https://goo.gl/maps/RaHjJyxn8Yw


Baca juga: 8 Destinasi Akhir Pekan di Jakarta


7. Scientia Square Park


Scientia Square Park

Scientia Square Park / Dok. Tripadvisor.com


Merupakan ruang terbuka hijau di wilayah Tangerang, Scentia Square Park menjadi arena bermain anak dan keluarga. Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan di sini, mulai dari bercocok tanam, menaiki kuda, mempelari kupu-kupu, hingga mengamati koi.


Selain itu, di Scentia Square Park, tersedia skate park dan area wall climbing. Taman wisata berkonsep edukatif ini cocok bagi Anda yang mencari tempat wisata berorientasi keluarga.


Lokasi Scientia Square Park: https://goo.gl/maps/aH9iA3hTyYE2


Teks oleh: Edwin Hartanto
Foto teaser: Sunset di Tebing Koja, Tangerang / Dok. @photolucu / travelingyuk.com