Bandung selalu menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Selain terkenal dengan suasana alamnya, di tangan Ridwan Kamil (mantan Walikota Bandung), taman-taman di Bandung disulap menjadi taman yang memiliki daya tarik tinggi. Berikut di antaranya:


1. Alun-Alun Kota Bandung




Alun-Alun Kota Bandung

Alun-Alun Kota Bandung / Raisan Al Farisi / iNews


Salah satu peninggalan mantan walikota Ridwan Kamil ini, cocok bagi Anda yang ingin sekadar bersantai atau berkumpul bersama teman-teman. Keunikan dari Alun-Alun Kota Bandung terdapat pada hamparan rumput sintetisnya, terdapat juga fasilitas olahraga dan tempat bermain anak-anak.


Lokasi: https://goo.gl/maps/m6345W9D9NH2


2. Teras Cikapundung


taman Teras Cikapundung

Air mancur menari / @infobdgcom

Sungai Cikapundung adalah sungai yang membelah Kota Bandung, membentang dari kawasan Bandung Utara hingga Bandung Selatan. Di Teras Cikapundung, pengunjung dapat menelusuri sungai dengan menaiki perahu karet dan menikmati pemandangan sungai sambil ditemani air mancur menari. Teras Cikapundung buka setiap hari kecuali Jumat, dari pukul 07:00-22:00.


Lokasi: https://goo.gl/maps/6DcU6ASkvfu


Baca juga: 7 Destinasi Long Weekend di Bandung Yang Memorable


3. Taman Musik Centrum


Taman Musik Centrum di bandung

Group band The Changcuters di Taman Musik Centrum / Cikal News

Taman Musik Centrum merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin mengembangkan bakatnya. Pengunjung dapat bersantai sambil ditemani dengan iringan musik. Rimbunnya perpohonan, serta taman yang ditata rapih, membuat pengunjung tidak ingin beranjak dari taman tersebut. 


Lokasi: https://goo.gl/maps/ESE7FRUjh7L2


4. Taman Bima


Taman Bima di bandung

Bima Microlibrary / Shau


Merupakan sebuah perpustakaan kecil di Kota Bandung. Perpustakaan ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk membaca buku. Dengan desain yang menawan, diharapkan banyak masyarakat yang datang untuk membaca, terutama anak-anak.


Lokasi: https://goo.gl/maps/YUwGBDdikmS2


5. Taman Film




Taman Film di bandung

Taman Film di Bandung / @jelajahbandung

Bagi Anda penikmat film, Anda dapat berkunjung ke Taman Film yang terletak di Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Bandung. Taman yang dilengkapi dengan videotron berukuran 4x8 meter ini, setiap harinya akan memutar berbagai jenis film, dari film indie, film nasional, drama korea, juga film-film Hollywood.


Lokasi: https://goo.gl/maps/zRNhsr53Myu


Baca juga: 11+ Tempat Nongkrong Instagrammable di Bandung


6. Taman Fotografi


Taman Fotografi di bandung

Pameran karya di Taman Foto / Sky Adventure

Merupakan sebuah wadah untuk berkumpulnya penggemar fotografi. Anda dapat bersantai sambil menikmati karya-karya yang ada di sana. Anda juga berkesempatan menghadiri berbagai kegiatan atau event terkait fotografi.


Lokasi: https://goo.gl/maps/Jm7BXKgtdbp


7.  Taman Cicendo


Taman Cicendo di bandung

Cicendo Park / Shau


Satu lagi taman keren di Bandung, Taman Cicendo. Taman tempat berkumpulnya para pekerja seni, di sana terdapat beberapa bengkel kerja atau kios yang menjual barang-barang seni. Tak hanya itu, Taman Cicendo memiliki desain yang unik. Dengan menggabungkan unsur besi ke setiap sudut, Taman ini selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk sekedar berfoto. Taman Cicendo juga memiliki lapangan basket dan skate park bagi pengunjung yang gemar berolahraga.


Lokasi: https://goo.gl/maps/kuLWHcYMwoF2


8. Taman Balai Kota


Taman Balai Kota di bandung

Taman Labirin / @acepasaf19Together Whatever

Merupakan salah satu taman tertua di Kota Bandung, Taman Balai Kota kini ramai dikunjungi masyarakat. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sana, mulai dari jogging, bersepeda, bermain air aliran sungai Cikapayang dan lain-lain. Mengunjungi Taman Balai Kota, Anda dapat sekaligus mengunjungi taman-taman di sekitarnya, seperti Taman Sejarah, Taman Labirin, dan Taman Vanda.


Lokasi: https://goo.gl/maps/sfrCMWNLYwm



Teks oleh: Edwin Hartanto
Foto teaser: Taman Balai Kota Bandung / Bersapedah