Sejarah panjang mewarnai perjalanan brand ternama yang telah mengisi jutaan kamar mandi di berbagai rumah, vila, hotel, restoran, perkantoran dan hotel mewah di dunia.




Kohler (dibaca: kouw-ler) merupakan nama yang diambil dari nama keluarga pendirinya John Michael Kohler di Wisconsin, Amerika pada tahun 1873.  Semula banyak yang menyangka produk ini berasal dari Eropa.




Ternyata produk ini merupakan produk kebanggaan Amerika yang berawal dari sebuah kota Kohler Village.




Berawal dari usaha memproduksi peralatan berkuda, satu dekade kemudian horse trough/hog scalder atau tempat air minum dan memandikan kuda dari besi tempa yang pertama diciptakan untuk peralatan kamar mandi rumahan. 




Putranya, Robert J. Kohler meneruskan memimpin perusahaan ini dan sempat mengalami kebakaran besar  pada tahun 1880 yang memusnahkan bangunan pabriknya dan pindah ke Sheboygan.




Malang tak dapat ditolak, kebakaran kembali terjadi pada tahun 1900 dan memaksa dibangunnya kembali fasilitas baru di Riverside. Tahun 1905, President Kohler yang baru terpilih yaitu Robert Kohler yang memimpin hingga 35 tahun setelahnya.




Tahun 1911, Kohler & Co., yang saat itu dikenal sebagai perusahaan plumbing fixtures memperkenalkan pertama kali produk bath tub. Setahun kemudian, Kohler & Co., Riverside berganti nama menjadi Kohler Village yang dikenal hingga sekarang di Wisconsin.     




Kohler Co. membuka lapangan golf pertamanya, Blackwolf Run yang dinobatkan sebagai lapangan terbaik oleh majalah Golf Digest.




Sekarang, sebagai salah satu perusahaan terbesar dan tertua di Amerika, Kohler menjadi pemimpin tingkat global untuk produsen produk dapur dan kamar mandi, mesin dan sistem power, furnitur kelas premium, produk lemari/cabinetery dan lantai tile.




Memiliki lebih dari 50 pabrik di seluruh dunia, Kohler secara konsisten menciptakan standar-standar baru dalam desain, hasil karya, dan inovasi. Kohler juga sekaligus menjadi pemilik dan pengelola dua properti yang menerima penghargaan terhormat untuk bidang perhotelan dan golf resort bintang lima di Wistling Straits, Kohler, Amerika dan St. Andrews, Skotlandia.


Teks oleh Miranti M. Lemy
Foto: Courtesy of Kohler