Hunian yang sehat merupakan dambaan semua orang. Untuk mencapainya, kegiatan bersih-bersih musti dilakukan secara rutin.


Salah satu contohnya adalah pada area bak cuci piring di dapur. Area ini dilansir memiliki tingkat konsentrasi serta mikroorganisme tertinggi kedua untuk di dalam rumah. Sehingga sangat dianjurkan untuk membersihkannya setiap hari usai pemakaian dengan cairan disinfektan serta lap basah.




Integrity Q - Desert Silver

Integrity Q - Desert Silver


Dengan metode perawatan yang tepat, tentu patut ditemani dengan material yang berkualitas.


Baca juga, Ini Dia Material Solutif untuk Dapur dan Kamar Mandi!


Di antaranya adalah engineered surface milik Cosentino yang cocok untuk diterapkan di dapur serta kamar mandi. Mengandung kuarsa sebesar 90%, Cosentino memiliki dua lini andalan, yaitu Silestone dan Dekton. Berdiri sejak tahun 1979, perusahaan ini menyediakan beragam permukaan inovatif sebagai solusi desain di rumah.


Silestone Eternal Noir

Silestone Eternal Noir


Namun sekadar menyeka permukaan dengan lap tidaklah cukup. Terdapat beberapa kiat yang patut Anda ketahui sehingga dapur dan kamar mandi tetap bersih dan berkilau.


Dekton kitchen - Taga

Dekton kitchen - Taga 


Jadi, kiat-kiat  apa sajakah itu? Mari simak rangkaian tips serta precaution di bawah ini.


Tips Perawatan

Faktor higienis berkaitan erat dengan area dapur dan kamar mandi karena terdapat kegiatan makan serta membersihkan diri di dalamnya. Maka dari itu, beberapa langkah pembersihan patut dicermati guna memberikan proteksi optimal di kedua area tersebut.


1. Bersihkan permukaan dengan kain lembab

Countertop di dapur yang menggunakan engineered surface seperti produk buatan Dekton, cenderung minim akan pori-pori berkat Sintered Particle Technology yang diterapkan. Sehingga Anda cukup menggunakan kain lembab saat menyeka permukaan dikarenakan material seperti ini tidak menyerap cairan yang tertumpah di atasnya.


Dekton Bergen

Dekton Bergen


2. Atasi noda pada countertop dengan cairan pembersih noda 

Saat menghadapi noda bekas makanan, wine, maupun minyak, cukup semprotkan cairan pembersih noda permukaan meja dapur. Diamkan cairan tersebut selama 2 menit dan lap bersih dengan sponge berserat lembut. Usai itu seka sisa cairan pembersih dengan kain lembab dan biarkan permukaan kering dengan sendirinya.


Dekton Kitchen - Vera v2



Dekton Kitchen - Vera v2


3. Maksimalkan pembersihan dengan cairan pembersih kerak

Metode pada subbab kedua dapat Anda terapkan kembali saat membersihkan kerak putih yang kerap muncul di kamar mandi. Namun, ganti cairan pembersih noda dengan cairan pembersih kerak.


Silestone Bathroom Cladding - Charcoal Soapstone

Silestone Bathroom Cladding - Charcoal Soapstone 


4. Gunakan sabun dengan pH netral dan air jika tidak memiliki cairan pembersih khusus

Untuk menjaga kilau dari finishing pada engineered surface, gunakan sabun dengan pH netral. Dikarenakan produk dengan tingkat asam yang tinggi tidak disarankan untuk berkontak langsung dengan permukaan ini. Dengan cara ini, Anda mampu meminimalisir effort saat membersihkan dapur dan kamar mandi.


Detail Dekton Fiord

Detail Dekton Fiord 


Baca juga, Buat Dapur Jadi Lebih Cantik dengan 8 Tips Desain Ini


3 Hal penting yang harus dihindari

Usai menguasai tips yang telah dijabarkan sebelumnya, ketahui pula beberapa hal berikut ini yang berkaitan dengan maintenance sehingga menjamin penggunaan produk dalam jangka panjang.


1. Hindari kontak langsung antara countertop dan api di dapur

Alat masak seperti panci dapat diletakkan di atas engineered surface usai digunakan. Namun, berhati-hati agar tidak terpapar secara langsung dengan radiasi bersuhu tinggi, seperti pada alat barbeque.


Silestone Kitchen - Silken Pearl

Silestone Kitchen - Silken Pearl


2. Berhati-hati dalam penggunaan alat di countertop

Tidak disarankan untuk memotong bahan makan secara langsung di atas permukaan dengan pisau keramik. Dikarenakan produk ini memiliki tingkat hardness yang serupa.


Dekton Laos Table

Dekton Laos Table


Baca juga, Cosentino: Pilihan Pelapis Meja Dapur yang Wajib Punya


3. Jauhi alat berpermukaan kasar saat mengelap countertop

Sponge terbuat dari metal sebaiknya tidak digunakan saat mengelap permukaan dapur. Dikarenakan polymer resins serta pigments, seperti yang dimiliki produk Silestone, permukaan memiliki kilau secara alami. Sehingga, alat pembersih terbuat metal dikhawatirkan justru akan merusak finishing alami yang sudah tercipta.


Silestone Master - Statuario

Silestone Master - Statuario


Foto: Cosentino