Banyak orang berminat untuk memelihara tanaman, tetapi kebanyakan tanaman yang sedang menyebar di pasaran tidaklah murah. Tidak semua orang sanggup atau bersedia untuk mengeluarkan biaya besar untuk membeli tanaman, tetapi bukan berarti tidak bisa memeliharanya sama sekali. Untuk alternatif yang lebih murah, Anda dapat membeli bibit yang Anda inginkan untuk ditanam sendiri di rumah. 


Mengapa Microgreen?




Bagi Anda yang belum berpengalaman bercocok tanam, mulailah dari tanaman yang mudah dirawat. Ide jenis tanaman bagus yang dapat Anda pelihara di rumah adalah microgreen. Microgreen merupakan tanaman sayuran umum yang dipanen saat masih muda. Karena ukurannya yang kecil dan umurnya yang pendek, jenis tanaman ini memiliki perawatan yang mudah dan tidak memerlukan lahan luas!


Tahukah Anda bahwa microgreen merupakan salah satu jenis sayur yang paling digemari? Cita rasanya yang khas dan eksotis sering ditemukan dalam menu makanan restoran-restoran kelas atas. Teksturnya yang renyah dan warna yang segar memang sangat membangkitkan selera. Menanam microgreen di rumah dapat memberikan Anda persediaan bahan masakan baru yang segar, sehat, dan menggiurkan!


Ingin Menanam Microgreen Simak Cara dan Kebutuhannya CASA Indonesia 1

Brit+co


Setelah mengetahui kelebihan-kelebihan tanaman microgreen, bukankah Anda ingin memeliharanya di rumah? Sebelum membeli bibit sayur untuk dirawat dan dipanen sebagai microgreen, pastikan dulu Anda dapat menyediakan kelengkapan lain yang akan dibutuhkan untuk memelihara microgreen. 


Kebutuhan untuk Menanam Microgreen


1. Benih Microgreen

Anda dapat membeli benih sayur biasa apa saja yang nantinya Anda panen ketika masih di fase microgreen. Terdapat beberapa sumber yang menjual campuran benih microgreen khusus dengan varian tekstur dan rasa berbeda, tetapi jika tidak ingin menggunakan benih campuran, Anda dapat membeli bibit sayuran ketumbar, kangkung, lobak, kemangi, bayam, atau buah bit yang bagus untuk pemula. 


2. Media Tanam

Media tanam yang umum digunakan adalah tanah, tetapi sebenarnya microgreen tidak membutuhkan tanah untuk tumbuh subur. Karena umurnya yang pendek, microgreen tidak memerlukan nutrisi jangka panjang yang tersedia di dalam tanah. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan sabut kelapa atau hydroponic growing mats


3. Wadah

Untuk menanam microgreen, sebaiknya Anda menyiapkan wadah tersendiri. Karena ukuran microgreen yang kecil, wadah yang umum digunakan adalah semacam baki yang biasanya bisa memuat banyak tanaman microgreen sekaligus. Anda tidak memerlukan baki atau wadah yang spesifik, tetapi jangan lupa untuk melubangi bagian bawahnya untuk jalur pengaliran air agar tidak ada yang mengendap.


Ingin Menanam Microgreen Simak Cara dan Kebutuhannya CASA Indonesia 2

Balcony Garden Web


4. Sumber Cahaya

Microgreen tidak membutuhkan cahaya matahari langsung, Anda cukup meletakannya di dekat jendela yang cerah. Microgreen memerlukan pencahayaan sekitar 4 sampai 6 jam setiap harinya. Jika Anda tidak bisa menyediakan cahaya matahari, maka LED grow light dapat menjadi alternatif pencahayaan untuk pertumbuhan microgreen. 


Tanaman ini juga dapat Anda letakkan diluar, tetapi sebaiknya tetap diposisikan di tempat yang cukup teduh agar tidak terkena matahari yang terlalu terik atau panas. Jika diletakkan diluar, pastikan juga microgreen cukup terlindungi karena ukurannya yang kecil dapat membuatnya lebih mudah rusak jika terkena angin atau hujan.


5. Air

Tentunya, seperti tanaman lain, microgreen membutuhkan air untuk tetap hidup. Menyiram microgreen lebih dianjurkan menggunakan botol semprot agar takaran air lebih terjaga dan tidak kebanyakan. Tanaman kecil ini memiliki akar yang kecil juga dan kebutuhan air yang lebih sedikit, jadi hati-hatilah agar tidak menyiramnya secara berlebihan. 


Ingin Menanam Microgreen Simak Cara dan Kebutuhannya CASA Indonesia 3

Balcony Garden Web




Langkah-Langkah Menanam Microgreen


Setelah menyiapkan segala perlengkapam yang dibutuhkan untuk menanam microgreen, kini Anda dapat mulai menanamnya. 


Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menanam microgreen :


1. Siapkan Lapisan Tanah Pada Baki

Pertama, siapkan tempat menanamnya, yaitu baki yang diisi lapisan tanah secukupnya. Tanaman microgreen memiliki akar-akar yang kecil dan halus, sehingga tidak membutuhkan banyak tanah. Tebal tanah yang perlu Anda siapkan di dalam baki cukup sekitar 5 cm. Seperti telah disebutkan tadi, alternatif yang dapat digunakan selain tanah adalah sabut kelapa atau hydroponic growing mats.


2. Sebarkan Benih pada Media Tanam

Sebarkam benih yang sudah Anda siapkan pada keseluruhan permukaan tanah atau media tanam apapun yang digunakan. Jangan khawatir, Anda tidak perlu menyebarkan benih dengan rata atau teratur karenai tidak terlalu berpengaruh. Jangan segan pula untuk menyebar banyak benih sekaligus karena takut sempit, satu baki umumnya dapat memuat banyak microgreen sekaligus, jadi tanamlah dengan berlimpah. 


Ingin Menanam Microgreen Simak Cara dan Kebutuhannya CASA Indonesia 4

Wholefully


3. Taburi Sedikit Tanah di Atas Benih

Ambik sedikit tanah dengan tangan Anda lalu taburi di atas benih yang sudah disebar. Sama seperti sebelumnya, hal ini tidak perlu dilakukan dengan teratur, Anda tidak harus menutupi semua bibit dengan rapi. Setelah itu, ratakan semuanya dengan menekan tanah menggunakan telapak tangan agar benih yang ditanam tersimpan dengan lebih baik pada media tanamnya. 


4. Siram Hingga Benar-Benar Lembap

Selanjutnya, Anda harus menyiram bibit hingga cukup basah. Jangan segan menyiram bibit microgreen Anda di tahap awal ini, tetapi pastikan tidak ada air yang menggenang. Memang menyiram microgreen dianjurkan sedikit saja menggunakan botol semprot, tetapi pada tahap awal menanam bibit, Anda dianjurkan menyiramnya hingga benar-benar lembap.


Ingin Menanam Microgreen Simak Cara dan Kebutuhannya CASA Indonesia 5

Wholefully


5. Pastikan Tanaman Mendapatkan Cahaya yang Cukup

Tahap terakhir adalah tentunya meletakkan baki tanam di tempat yang mendapat cahaya. Anda dapat meletakkan microgreen Anda di dekat jendela yang menyediakan cahaya matahari cerah dari luar atau Anda dapat meletakannya di dekat LED grow lights sebagai alternatif cahaya buatan. 


Memanen Microgreen


Microgreen merupakan tanaman muda yang umurnya terjadi setelah fase kecambah dan sebelum fase baby green. Masa panen microgreen adalah sekitar 7 sampai 14 hari. Beberapa benih mungkin memiliki masa tumbuh yang berbeda, tetapi waktu panen microgreen yang umumnya terbaik dan paling tepat adalah 10 sampai 12 hari. 


Tanaman microgreen biasanya hanya bisa dipanen sekali saja dengan mengguntingnya di bagian batang. Memang bagian microgreen yang dapat dimakan hanya daun dan batangnya, bukan akarnya. Walaupun hanya dapat dipanen sekali, tetapi ukurannya yang kecil memudahkan Anda untuk menanam banyak microgreen sekaligus. Satu baki saja dapat Anda panen untuk persediaan sayur muda selama seminggu! 


Ingin Menanam Microgreen Simak Cara dan Kebutuhannya CASA Indonesia 6

the Splendid Table


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : the Merrythought