Sejak dulu pilihan tanaman hias yang dijadikan koleksi begitu amat beragam. Apalagi sejak WFH ini, banyak pecinta tanaman atau para pemula yang memiliki lebih dari lima jenis tanaman. Jauh sebelum tren tanaman ini, biasanya masyarakat urban lebih memilih kaktus sebagai teman hijaunya di rumah. Alasannya karena perawatannya cenderung mudah dan intensitas penyiramannya tidak sesering jenis lainnya.


Anti Gagal! 5 Cara Menanam Kaktus Mudah di Dalam Rumah



Tanamijoijo


Sebelum membaca lebih jauh, mungkin Anda adalah salah satu pemula yang masih bingung perbedaan kaktus dan sukulen. Sukulen adalah istilah untuk jenis tumbuhan yang mempunyai karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya. Maka kesimpulannya, semua kaktus adalah tanaman sukulen namun tidak semua sukulen adalah kaktus. Kaktus dan sukulen bisa dilihat perbedaan dari bentuknya. Sukulen memiliki kelopak seperti daun, sedangkan kaktus mengganti daun dalam bentuk duri. 


Koleksi tanaman di Larch Studio / Hadi Cahyono / CASA Indonesia


Jenis kaktus ada banyak seperti Kaktus Parodia, Kaktus Haworthia Zebra, Kaktus Beaver-tail, Kaktus Belimbing, Hoya Heart Shape, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih bentuk kaktus yang dirasa cocok dengan karakter Anda dan nuansa interior rumah Anda. Berbagai macam kaktus ini bisa Anda beli di Urban Jungle by CASA Indonesia x Tokopedia.




Baca juga, Diskon Langka untuk Tanaman Hias Hanya Di Urban Jungle!


Anti Gagal! 5 Cara Menanam Kaktus Mudah di Dalam Rumah

Plante Jakarta


Sebelum memilih mau koleksi kaktus yang mana, ketahui dulu cara menanam kaktus di rumah dengan baik agar tidak cepat mati. Mungkin Anda baru saja membeli atau diberi hadiah kaktus dari tatanam.id, lalu ingin menanamnya di rumah, berikut ini tahap menanam kaktus yang telah dirangkum oleh CASA Indonesia. Bagi yang membeli dari tatanam.id, mereka telah menyiapkan satu set media tanam, kerikil, pot, dan spray untuk memudahkan Anda.


Anti Gagal! 5 Cara Menanam Kaktus Mudah di Dalam Rumah

Tatanam.id


Kaktus baru beli atau setek? Jika ternyata Anda sudah punya kaktus atau diberikan sebagai hadiah, lalu Anda ingin menanamnya lagi di pot lain, coba cara ini. Pilih cabang yang bersih, terlihat segar atau sehat, dan montok. Potong cabang tersebut secara hati-hati dari tanaman induk.


1. Siapkan segala peralatan berkebun dan dekorasi lucu, jika dibutuhkan

Pastikan Anda juga siapkan penjepit, sendok teh, media tanam, kerikil, dan sarung tangan untuk peralatan saat memasukan kaktus ke pot. Media tanam sebaiknya yang khusus untuk kaktus yaitu media tanam kering. Kaktus yang ditanam di tanah basah rentan terserang jamur dan bakteri.Jika Anda mau menjadikan sebagai dekorasi interior yang tematik, Anda bisa siapkan action figure, hiasan lainnya, atau mengombinasikan dengan kaktus jenis lain.


Botanicary




2. Wadah pot yang tepat

Sesuaikan ukuran pot dengan kaktus Anda, kira-kira dua kali ukuran kaktus dan pastikan memiliki lubang drainase. Air yang menggenang akan membuat kaktus membusuk. Sebaiknya pot juga jangan terlalu kecil, berikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan kaktus. Untuk kaktus dengan pertumbuhan cepat, Anda bisa pindahkan ke pot lain setiap 6 bulan sekali.


Anti Gagal! 5 Cara Menanam Kaktus Mudah di Dalam Rumah

Tatanam.id


Baca juga, Belanja Pot Tanaman Unik di Urban Jungle x Tokopedia!


3. Penataan kerikil dan media tanam sebagai tahap pertama

Gunakan sendok dan tuangkan kerikil ke dalam pot hingga mencapai 1/3 tinggi pot. Mengapa kerikil tidak perlu terlalu penuh? Karena kebanyakan, akar kaktus cenderung dangkal atau pendek. Lalu lanjutkan dengan menaburkan tanah di atas kerikil.



Tanemtuwuh


Jika Anda tidak mau menggunakan kerikil, Anda bisa lapisi tisu di dasar pot sebelum menaburkan media tanam agar media tanam tidak keluar melalui lubang drainase. 


Tanemtuwuh


4. Masukkan kaktus

Setelah itu, buat lubang menggunakan jari atau sendok untuk “dudukan” kaktus. Letakkan kaktus di tengah pot, pegang, lalu isi ruang kosong dengan media tanam yang tersisa. Untuk sistem setek, tancapkan setek dengan kedalaman yang cukup agar tanaman bisa berdiri tegak tanpa penopang.


Anti Gagal! 5 Cara Menanam Kaktus Mudah di Dalam Rumah

Tatanam.id


Berikan ruang untuk kaktus bernafas. Jangan tekan media tanam terlalu padat, cukup ketuk-ketukan pot Anda menggunakan jari agar media tanam mengisi ruang kosong di dalam pot.


Baca juga, Manfaat Tanaman Kaktus Hias dan Cara Merawatnya


5. Siap dipajang!

Kaktus adalah jenis tanaman yang suka dengan intensitas cahaya matahari yang banyak, namun bukan berarti Anda bisa meletakkannya di tempat yang terik. Sebaiknya letakkan kaktus di area yang terang namun tidak terpapar matahari secara langsung. Rotasi penempatan kaktus sekitar 1 hingga 2 bulan kemudian, baik itu dalam rumah atau teras.


Anti Gagal! 5 Cara Menanam Kaktus Mudah di Dalam Rumah

Tanamijoijo


Foto teaser: Tanemtuwuh