Ruang-ruang kosong di bawah tangga biasanya seringkali terabaikan dan menjadi pojok ruangan yang kurang dimanfaatkan secara maksimal. Tapi tahukah Anda, ternyata area bawah tangga dapat dimanfaatkan agar menjadi ruangan yang lebih fungsional, seperti ruang penyimpanan, ruangan bersantai, dan bahkan sebagai ruang perpustakaan. Nah, berikut ini Casa Indonesia telah merangkum beberapa inspirasi desain menarik dan fungsional untuk ruang bawah tangga rumah Anda. 


Ruang Penyimpanan

Ide desain area bawah tangga

                                                                (Foto: Dok. Barnes Design / Pinterest)




Salah satu cara memanfaatkan area bawah tangga secara optimal adalah dengan mengubahnya menjadi ruang penyimpanan. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan banyak barang agar rumah terlihat lebih rapi. Anda dapat menggunakan rak penyimpanan atau built in pada tangga. 


Ruang Perpustakaan Mini Sekaligus Ruang Baca 

Ide desain area bawah tangga

                                                                    (Foto: Dok. Ariyona Interior / Pinterest)


Apakah Anda memiliki banyak koleksi buku atau hobi membaca buku? Jika iya, Anda dapat mengubah area bawah tangga menjadi sebuah ruangan perpustakaan mini. Anda bisa memilih rak buku dengan desain unik agar tidak monoton. Lengkapi dengan pencahayaan yang baik dan alas duduk yang nyaman. Dengan begitu, area bawah tangga bisa menjadi ruangan favorit penghuni rumah. Satu lagi, karena rak buku biasanya tidak memiliki penutup, usahakan untuk selalu menjaga koleksi buku agar tetap rapi dan bebas debu. 


Ruang Kerja

Ide desain area bawah tangga

                                                                (Foto: Dok. Home Stratosphere/ Pinterest)


Pemanfaatan area bawah tangga berikutnya yaitu menjadikannya ruang kerja. Ruang kerja menjadi ruangan yang sangat penting, terutama jika Anda bekerja dari rumah. Ruang kerja yang nyaman tentu akan membuat kerja menjadi semakin maksimal. Namun, perlu diingat jangan menyimpan terlalu banyak barang yang tidak diperlukan, mengingat area bawah tangga yang biasanya tidak terlalu luas. 


Toilet 

Ide desain area bawah tangga

                                                                     (Foto: Dok. Victoriaplum.com / Pinterest)




Area bawah tangga dapat Anda manfaatkan sebagai toilet. Sesuai dengan fungsinya, Anda tidak perlu membutuhkan ruang yang terlalu besar untuk toilet. Agar lebih lengkap, Anda dapat menambahkan cermin dan wastafel di dalam toilet bawah tangga. Adanya toilet di bawah tangga tentu dapat membuat rumah menjadi tampak lebih unik.


Dapur 

Ide desain area bawah tangga

                                                                                 (Foto: Dok. Hello Blogzine/ Pinterest)


Siapa bilang area bawah tangga tidak bisa dimanfaatkan sebagai dapur? Tentu saja bisa! Jika Anda memiliki hunian dengan lahan yang terbatas serta ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda, menempatkan dapur di bawah tangga bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat. Anda dapat memilih peralatan dapur yang multifungsi dan hindari penggunaan terlalu banyak peralatan dapur. 


Ruang Makan

Ide desain area bawah tangga

                            (Foto: Dok. Dave Kulesza ( @davekulesza ) Arsitek: three c architects ( @threecarchitects ) )


Tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai dapur, area bawah tangga juga dapat Anda sulap menjadi ruang makan keluarga. Gunakan cantilever stairs, atau biasa disebut floating stairs, untuk menyediakan sisa ruang yang luas di bawah tangga rumah. Padukan dengan meja dan kursi makan berbahan kayu yang serasi dengan tangga dan dekorasi ringan, sehingga ruangan terlihat lebih harmonis. 



(Teaser: Foto: Dok. Vibhor Yadav Arsitek: Architects Collaborative ( @studioarchitectscollaborative )