Melalui kerjasama dengan Kemenparekraf, festival kreatif IdeaFest kembali diselenggarakan di tahun 2020 ini pada tanggal 5 sampai 15 November lalu. Merespon kondisi pandemi, penyelenggaraan festival dilakukan secara virtual untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Dengan misi mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri kreatif, festival ini merupakan acara tahunan yang banyak ditunggu-tunggu.


Tahun ini, IdeaFest mengangkat tema Restart yang bertujuan mendorong generasi muda untuk membangun kembali ekonomi yang sedang memburuk sejak terjadinya pandemi. Festival tetap diselenggarakan pada masa-masa sulit ini dengan harapan mendorong banyak orang untuk bertahan dalam keadaan pandemi ini dan justru mencari kesempatan dalam situasi yang ada. 




IdeaFest merupakan festival yang bertujuan mendukung industri kreatif dengan lebih melibatkan kalangan muda. Dengan banyaknya industri kreatif modern yang diciptakan oleh generasi muda atau sangat melibatkan generasi muda, acara ini diselenggarakan sebagai wadah bagi kalangan anak muda untuk mencari informasi, mengembangkan keterampilan, dan berkolaborasi.


Conference

Konferensi yang ada dalam festival ini merupakan ajang bagi para narasumber cemerlang untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya. Di antara narasumber yang hadir tahun ini adalah Presiden Joko Widodo yang membahas mengenai pembangunan kembali industri kreatif dan negara, Deddy Cobuzier dan Puan Maharani yang menjelaskan tentang peran generasi muda dalam politik, serta Raisa yang membahas masa depan karirnya setelah 10 tahun berkarya. 


Penasaran IdeaFest 2020 Yuk Baca Rekap Serunya CASA Indonesia 1

Penasaran IdeaFest 2020 Yuk Baca Rekap Serunya CASA Indonesia 2


IdeaTalks

Acara menarik selanjutnya adalah IdeaTalks yang merupakan tempat bagi para pembicara untuk bertukar pikiran dan ide kritis yang akan mengasah daya pikir. Beberapa topik yang diangkat tahun ini adalah penemuan kembali jati diri, peran media dalam ketidakpastian ekonomi dan politik, gambaran suara pemuda Indonesia, dampak media independen yang memperluas pandangan generasi muda, dan banyak lagi topik menarik lainnya. 


Penasaran IdeaFest 2020 Yuk Baca Rekap Serunya CASA Indonesia 3

Penasaran IdeaFest 2020 Yuk Baca Rekap Serunya CASA Indonesia 4




IdeaSpark Forum

Berlangsung pada tanggal 5 hingga 8 November lalu, Forum IdeaSpark merupakan bagian dari festival yang menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyadari dan mewujudkan aspirasi visionernya. Beberapa topik yang diangkat dalam forum termasuk dorongan bagi perempuan untuk melampaui standar dan batas yang ada, kepentingan kesehatan mental, dorongan tindakan untuk climate change, dan banyak lagi.


Penasaran IdeaFest 2020 Yuk Baca Rekap Serunya CASA Indonesia 5


IdeaFest juga mencakup acara seru lain yang menarik banyak perhatian. Salah satunya Experiential Expo yang merupakan pertunjukkan virtual interaktif dari beberapa brand terkenal. Festival ini juga memiliki pertunjukkan live music virtual dari beberapa musisi ternama Indonesia seperti BAILA, SIVIA, Sal Priadi, dan lainnya. Sebagai pelengkap acara, IdeaFest menyediakan Food and Beverages menggiurkan dari beberapa tenants terpercaya. 


Penasaran IdeaFest 2020 Yuk Baca Rekap Serunya CASA Indonesia 6

Penasaran IdeaFest 2020 Yuk Baca Rekap Serunya CASA Indonesia 7


Hadirnya tantangan-tantangan baru di tahun 2020 ini telah mengangkat banyak isu dan topik pembicaraan penting yang turut dibahas dalam IdeaFest. Sukses berjalan kembali dengan banyak pembicara hebat dan topik menarik, IdeaFest tahun ini resmi berakhir setelah tanggal 15 November lalu.


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Sumber foto : doc. IdeaFest